Running A Business

6 Cara Meningkatkan Feedback Pelanggan bagi Perusahaan

 

Loading...

Begitu pentingnya pelanggan bagi sebuah bisnis membuat hampir setiap rana bisnis ingin mengembangkan dan meningkatkan produktifitas bisnis dan perusahaan mereka. Salah satu yang banyak dan sering dilakukan adalah meminta feedback kepada pelanggan. Tujuannya jelas untuk mengoreksi apa yang sudah dimiliki saat ini, membenahi yang salah dan melengkapi yang sudah ada. Tidak buruk ketika Anda meminta kritik dan saran dari pelanggan, toh nantinya itu akan Anda gunakan untuk lebih memberikan produk dan layanan yang lebih baik. Lalu bagaimana meminta feedback yang baik kepada pelanggan? Berikut enam cara untuk meningkatkan feedback pelanggan bagi perusahaan Anda:

1. Contact forms

Gunakan contact forms pada website Anda untuk memberikan fasilitas kepada pelanggan untuk melakukan tukar pikiran dengan perusahaan Anda. GUnakan tiket management system pada back-end website Anda agar contak pelanggan bisa tersimpan dengan baik dan dapat ditelusuri.

2. Forum

Menggunakan forum adalah cara terbaik untuk mengetahui apa yang pelanggan pikirkan tetang produk atau layanan Anda. Forum ini dapat dikelola oleh Anda sendiri atau oleh pihak lain. Pantau forum Anda secara teratur dan terus menerus.

3. Media sosial

Bergantung dari apa yang Anda jual, dengan menggunakan social media adalah cara paling mudah untuk mendapatkan feedback dari pelanggan. Melakukan update status di facebook atau tweet adalah cara mereka untuk memberi tahu Anda dan yang lainnya mengenai kualitas produk atau layanan Anda.

4. Live chat

Live Chat adalah alat terpenting untuk mendapatkan feedback dari pelanggan tanpa harus berbicara dengan pelanggan melalui telepon atau tatap muka langsung. Dan saat ini untuk menambahkan Live Chat pada website Anda sangatlah mudah.

5. Survei

Survei juga banyak digunakan untuk mendapatkan feedback dari pelanggan. Jika dilakukan dengan baik, maka Anda akan banyak mendapatkan informasi yang mungkin selama ini Anda remehkan. Desain survei Anda dengan pertanyaan quisioner yang singkat dan mudah dipahami.

6. Titik sentuh pelanggan

Meminta feedback pada saat pelanggan selesai melakukan telepon juga dapat memberikan Anda feedback yang berkualitas. selain itu waktu yang tepat untuk meminta feedback kepada pelanggan adalah disaat pelanggan baru saja membeli atau melakukan penukaran barang. Feedback yang diberikan mungkin memang sedikit, akan tetapi jika Anda rutin melakukannya maka Anda akan mendapatkan banyak informasi penting yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan.

Baca juga:

Bagaimana Membuat Kritik yang Membangun [Part 1]

Mengetahui Fungsi Survei Kepuasaan Pelanggan

Cara Mudah untuk Membangun Antusiasme Pelanggan

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *