Leadership

6 Karakter Utama yang Harus Dimiliki Bisnis Anda

 

   

Seperti yang kita ketahui, pembentukan karakter sangatlah penting dipupuk pada manusia sejak dini. Mengapa demikian, karena karakter inilah yang akan menjadi landasan kita dalam melakukan setiap tindakan. Karakter akan mencerminkan pula bagaimana kita menyikapi sesuatu hal.

Karakter sendiri tidak hanya diterapkan pada personalisasi manusia saja, namun karakter penting pula diterapkan pada bisnis. 

Bisnis yang berkarakter akan mencerminkan bagaimana bisnis tersebut akan dijalankan dan nilai-nilai apa yang akan dijungjung tinggi oleh bisnis tersebut.

Dalam buku Service with Character, dituliskan 6 pilar karakter yang dikembangkan oleh Josephson Institute of Ethics. Adapun 6 karakter utama yang harus dimiliki bisnis Anda adalah sebagai berikut:

Trustworthiness

Trustworthiness yang dimaksud adalak kejujuran dan integritas. Bisa dibayangkan bila bisnis diwarnai dengan ketidakjujuran dan kecurangan, pasti umurnya takkan berjalan lama. Kejujuran dan integritas adalah elemen dasar bisnis yang wajib anda miliki.

Respect

Dalam menjalankan bisnis, nilai yang harus dimiliki pula adalah rasa menghormati sesama, menghargai sesama, toleransi atas perbedaan dan mengatasi ketidaksepahaman dengan baik.

Responsibility

Responsibility yaitu tanggung jawab menjalankan apa yang telah diamanatkan. Kita pun juga harus menjalankannya dengan penuh kesungguhan.

Fairness

Fairness yang berarti keadilan juga wajib bisnis Anda miliki. Fairness diwujudkan dengan berbisnis sesuai peraturan, menggunakan kesempatan untuk berbagi, memiliki pikiran terbuka, mendengarkan pendapat orang lain dan tidak mudah menyalahkan orang.

Caring

Karakter caring meliputi rendah hati, peduli terhadap sesama, selalu berterima kasih, berbesar hati, mau memaafkan orang lain dan ringan tangan. Kami yakin anda pun setuju bila semakin banyak kita berbagi maka semakin banyak pula manfaat yang kita dapatkan.

Citizenship

Citizenship artinya kita menjadi warga negara yang baik. Sebagai warga negara yang baik, alangkah baiknya jika bisnis Anda pun bermaanfaat bagi negara Anda. Contohnya saja dapat menambah lapangan kerja bagi masyarakat.

Keenam karakter diatas mungkin Anda merasa telah memilikinya, namun bagaimana dengan tim Anda yang lainnya? Untuk itu karakter-karakter ini perlu Anda tulisan dan terapkan secara keseluruhan pada bisnis Anda karena ini adalah nilai dasar yang harus dijunjung tinggi. Karakter karakter ini adalah modal awal Anda dalam mengembangkan bisnis.

 

 

 


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *