Technology

6 Website Pilihan untuk Belajar HTML5

 
  • 1
    Share

Loading...

Ketika berkomitmen di dunia programming, maka salah satu hal yang wajib anda lakukan tentunya adalah mengikuti update teknologi terbaru. Sebab setiap tahunnya banyak sekali fitur-fitur terbaru yang bermunculan. HTML5 adalah salah satunya. Jika melihat tren yang berlangsung sejak 2010 hingga sekarang, tidak perlu diragukan lagi jika HTML5 akan terus meroket di tahun-tahun mendatang. Makanya, anda tidak boleh ketinggalan. Berikut adalah beberapa situs favorit team developer JagoanWeb.com kami untuk mengikuti perkembangan-perkembangan terbaru seputar dunia pemrograman, terutama HTML5. Semoga bermanfaat.

W3.org

Situs ini bisa dikatakan sebagai wadah dari semua website yang membahas mengenai W3C atau World Wide Web Consortium. Mulai tahun 1994, situs temuan Tim Berners-Lee ini telah menjadi tolak ukur dalam menentukan standard web di seluruh dunia. Namun bahasa yang digunakan dalam situs ini, sangat sarat akan teknis. Maka setidaknya anda harus tahu dulu basic dari pemrograman web untuk memahami beberapa pelajaran yang ada disini. Selain pembelajaran, W3C juga menyediakan situs validasi kode HTML5 (http://validator.w3.org/). Di sini, anda bisa tahu apakah kode yang anda tulis sudah sesuai dengan standard yang telah ditentukan atau belum. Di sini juga terdapat “perpustakaan” bagi developer (http://dev.w3.org/cvsweb/html5/) untuk mengunduh fungsi-fungsi HTML5 yang siap pakai.

W3Schools.com

Karena situs induk (W3.org) yang terlalu fokus pada teori, maka tim W3C berusaha membuat sebuah situs yang memudahkan teori-teori tersebut dipelajari oleh seluruh kalangan, baik yang sudah lama maupun yang masih baru dunia programming. Jadilah W3Schools.com. Kemudahan yang ditawarkan adalah anda bisa praktek secara langsung pada materi yang sedang anda pelajari. Navigasinya pun cukup mudah, anda tinggal memilih materi mana yang ingin dipelajari.

HTML5Rocks.com

Situs besutan Google ini, merupakan salah satu tempat belajar HTML5 yang cukup menarik. Desainnya yang menawan akan membuat anda betah untuk belajar HTML5 disana. Apalagi ada beberapa contoh nyata dari fungsi HTML5 yang ditampilkan di sana seperti Web Storage, Offline Cache, hingga Web GL. Deskripsi yang diberikan pun cukup jelas, mulai pengertian hingga bagaimana menerapkannya pada website anda.

HTML5Doctor.com

Fokus dari situs ini adalah bagaimana semua orang bisa tahu apa itu HTML5 serta bagaimana mengimplementasikannya. Maka situs ini lebih menonjolkan index-index tiap tag yang ada pada HTML dan dijelaskan sampai mendetail. Sehingga anda bisa mempelajari apa saja tag yang ada pada HTML5 dengan mudah. Dari sini, troubleshooting HTML5 pun bisa jadi lebih mudah. Mungkin inilah alasan kenapa situs ini diberi nama HTML5doctor. Meskipun bagi orang awam, namanya kadang sering menimbulkan salah persepsi sampai-sampai administrator website HTML5Doctor pernah memasang catatan: “We are not real doctors and do not have any medical trainingIf you ask a medical related question, you WILL NOT receive an answer and your email address will be blocked”. Ada-ada saja ya.

WebPlatform.org

Satu lagi yaitu WebPlatform.org. Situs ini menawarkan model tingkatan dalam mempelajari HTML5. Mulai dari tingkat pemula hingga berpengalaman tinggi. Dengan demikian, anda bisa menyesuaikan pembelajaran dengan kemampuan anda. Selain itu mereka juga menawarkan topik apa yang paling sering dipelajari oleh para user yang membuka situs tersebut. Sehingga anda bisa tahu topik mana yang paling diminati oleh para user.

IlmuKomputer.org

Situs pilihan kami yang terakhir adalah IlmuKomputer.org. Sesuai namanya, situs besutan Romi Satrio Wahono ini mengajarkan ilmu komputer yang sifatnya luas. Mulai dari administrasi jaringan, hingga pemrograman. Keunggulan yang mungkin jadi favorit anda adalah situs ini berbahasa ibu pertiwi, Bahasa Indonesia. Sayangnya situs ini berbasis authorship. Jadi, jika anda beruntung, anda akan menemukan tutorial yang lengkap dan menarik. Namun jangan khawatir, situs ini tidak akan pernah mengecewakan anda.

Nah, sekian dulu beberapa playground yang selama ini menjadi sumber pembelajaran tentang HTML5 kami. Anda punya rekomendasi lain? Mari bagikan pengalaman anda melalui komentar ;-)

Loading...

  • 1
    Share

4 komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *