Running A Business

7 Alasan Kenapa Website Kamu Tidak Menciptakan Konversi

 
  • 8
    Shares

   

Kamu salah satu pelaku bisnis online? Apa sekarang kamu sedang menjalankan toko online dengan media website? Bagaimana website kamu? Apakah memberikan hasil dan konversi yang tinggi untuk penjualan produk kamu?

Banyak yang berkata jika website sepi salah satu penyebabnya karena desain yang jelek, konten yang tidak bermutu dan akses yang lemot. Bagi mereka yang menyadari akan kesalahan kecil ini mungkin langsung segera memperbaikinya, namun bagi mereka yang tidak mengerti urusan teknis akan menganggapkan karena koneksi internet yang lemot.

Bagi pemilik toko online yang memanfaatkan website untuk media berjualan mereka, lalu lintas website yang baik akan memberikan konversi yang tinggi untuk penjualan toko online kita. Selain foto produk yang menarik, konten yang sesuai dengan bisnis kita, ada banyak yang harus diperhatikan supaya website kita menghasilkan konversi tinggi untuk penjualan online kita.

Lalu apa saja itu? Berikut ini ulasannya:

1. Kenali kenapa lalu lintas website sangatlah sepi

Website yang sepi menjadi persoalan besar bagi pemilik website toko online. Bagaimana tidak, penjualan bisa sangat menurun saat mereka yang datang jumlahnya sangat sedikit dan tidak menciptakan konversi.

Salah satu yang membantu meningkatkan lalu lintas website adalah SEO. Search Engine Optimization adalah salah satu strategi yang dilakukan untuk mengoptimasi performa website agar bisa mendapatkan pengunjung yang lebih banyak. Dari mana kita tahu jika website kita sudah memiliki SEO?

Hampir sebagian besar website toko online yang saat ini digunakan sudah dilengkapi dengan fitur optimasi SEO. Seperti website yang disediakan oleh salah satu jasa penyedia layanan website toko online Jagoanstore.com, yang menyediakan website dengan desain yang beragam dan sudah dilengkapi dengan fitur optimasi SEO.

SEO digunakan untuk mengoptimalkan website agar bisa mudah ditemukan di Google. Dengan memanfaatkan Google Webmaster Tools untuk melihat apakah ada kesalahan pada optimasi SEO kita. Sehingga kita bisa dengan mudah untuk menemukan bagian mana di situs kita yang membuat lalu lintas di Google sangatlah buruk.

2. Tentukan strategi promosi yang menarik dari website kita

Website memang digunakan untuk media berjualan online, tapi untuk mendukung peningkatan jumlah konversi penjualan perlu kita menggunakan strategi promosi yang lain.

Kita perlu mencari target pengunjung untuk website kita. Karena pengunjung yang tidak relevan atau tidak sesuai dengan website kita sulit menciptakan konversi bagi bisnis online kita. Penting untuk kita menarik perhatian pengunjung yang memang memiliki demografis yang sesuai dengan website kita.

Untuk menentukan siapa pengunjung website kita, bisa kita gunakan Google Analytics untuk membantu melihat tingkat bounce rate, hingga melihat darimana saja sumber kunjungan website kita.

Saat kita melihat bahwa tingkat bounce yang sangat tinggi, bisa jadi pengunjung kita tidak sesuai dan perlu kita gunakan strategi promosi yang lain. Solusinya adalah dengan mengetahui dimana dan bagaimana kita mempromosikan website kita. Mulai dari isi hingga media yang digunakan.

Ada banyak media promosi yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan promosi website kita, mulai dari sosial media, iklan gratis dan juga iklan berbayar.

3. Desain responsif untuk website sangatlah menentukan jumlah kunjungan

Kini website dengan desain yang menarik tidak akan membuat orang mau berlama-lama berkunjung, saat desain itu sudah tidak responsif lagi. Berbagai jenis media kini digunakan untuk mengakses website kita, mulai dari laptop, PC, smartphone dan lain sebagainya. Dengan ukuran dan resolusi yang berbeda membuat website kita harus memilikid esain yang reponsif, agar bisa diakses dengan baik di platform manapun.

Jika kamu ingat, bahwa pada bulan April lalu Google telah merilis algoritma baru yang difokuskan untuk meningkatkan peringkat website yang diakses dari perangkat mobile. Sebenarnya tanpa update algoritma dari Google ini, website dengan desain responsif dinilai mampu menurunkan tingkat bounce rate mereka, dibanding yang tidak menggunakannya.

Lagi-lagi cobalah untuk menggunakan Google Analytics untuk melihat darimana saja website kamu diakses. Platform dengan kunjungan paling banyak bisa kita tingkatkan upaya optimasinya. Desain yang responsif bisa membantu pengunjung menemukan produk yang mereka inginkan, dan ini tentu saja membantu meningkatkan konversi website dan penjualan online kamu.

4. Website toko online harus memiliki navigasi yang jelas

Selain SEO, konten, dan desain website yang harus menarik, website toko online harus memiliki navigasi yang jelas. Navigasi ini akan jelas membantu pengunjung toko online untuk menemukan barang atau melakukan transaksi dengan mudah.

Dengan menggunakan Plugin Google Page Analytics, kita bisa melihat dimana saja pengunjung website kita paling banyak masuk. Kita bisa melihat berapa banyak orang yang mengklik di navigasi atau konten di website kita.

5. Blog harus memposting konten yang sesuai dengan pembaca

Website saja dirasa tidak cukup untuk mempromosikan bisnis online kita. Seperti sosial media yang wajib juga kita punyai, blog juga tidak boleh ketinggalan. Dan jika kamu menganggap konten adalah raja untuk meningkatkan kunjungan website dan blog, maka memposting konten yang sesuai dengan bisnis online kita tentu menjadi hal yang wajib.

Jadi untuk kamu yang memang malas menulis, kini saatnya kamu mencoba untuk konsisten menulis dan mengisi blog bisnis kamu. Tidak perlu menulis serutin penulis profesional, hanya saja konten yang kamu posting harus sesuai dengan bidang bisnis yang kamu jalani. Ini akan memberikan pengetahuan, informasi dan ilmu bagi pembaca dan juga mampu menarik mereka untuk mengunjungi website toko online kamu.

6. Konten harus bisa menghubungkan dengan penawaran sales nantinya

Keberhasilan sebuah website dinilai dari kemampuannya mengkonversi pengunjung menjadi leads. Itu sebabnya beberapa konten memang diciptakan untuk mengarahkan pengunjung menjadi pelanggan. Softsales diterapkan melalui konten yang ada. Ini sekaligus mempromosikan konten dan mengarahkan penawaran kita kepada pengunjung.

Jelas melalui konten yang relevan, pengunjung tidak akan merasa terganggu dengan strategi sales kita. CTA juga harus sesuai dengan konten yang dipublikasikan, sehingga pengunjung bisa menerima softsales yang kita selipkan.

7. Performa website menjadi syarat utama website ramai dan memiliki tingkat konversi yang tinggi

Dan yang terakhir untuk memastikan bahwa pengunjung yang masuk tidak sekedar berkunjung tapi juga membeli adalah dari performa website kita. Performa website yang baik seperti akses cepat dan no error, akan membuat pengunjung nyaman dan mau untuk terus berkunjung ke website kita.

Biasanya website toko online dengan pengunjung dan produk yang sangatlah banyak, akan mempertimbangkan penggunakan hosting dengan spesifikasi yang jauh lebih besar lagi. Seperti Toko online unlimited untuk website toko online di Jagoanstore. Ini jelas membantu pemilik website toko online untuk mengembangkan website mereka, dan membantu pengunjung website untuk mengakses dengan nyaman dan mudah.

Selain itu dari segi pelayanan terhadap pelanggan juga bisa membantu meningkatkan kunjungan dan konversi di toko online kita. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya jika sebuah sapaan terhadap pengunjung website akan mempengaruhi kunjungan dan tingkat konversi website kita.

Hmm… Dari sini sudahkah mulai terpikir bagaimana website toko online kamu? Untuk toko online kamu yang masih sangat jarang dikunjungi, bisa mulai mengoptimasinya dengan langkah-langkah di atas. Dan buat kamu yang belum menemukan tambatan hati untuk toko online kamu, bisa kamu gunakan website toko online dari Jagoanstore.com. Website dengan fitur yang lengkap dan harga yang tidak membebani pemilik bisnis online kecil, akan membantu mengembangkan toko online dan membantu konsumen menemukan produk dengan lebih mudah.

Bagaimana menurut Anda? :)


  • 8
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *