Running A Business

7 Cara Agar Kembali Produktif Bekerja

 
  • 90
    Shares

Loading...

Seorang pekerja yang menghadapi rutinitas sama setiap harinya tentu mengalami kejenuhan. Apalagi bagi karyawan yang sudah lama bekerja pastinya seringkali merasakan kejenuhan terhadap aktifitasnya sehari-hari. Banyak pertimbangan yang membuat mereka memaksakan diri untuk tetap bertahan meskipun rasa bosan seringkali mengendorkan kinerja seorang karyawan.

Padahal tuntutan bagi karyawan adalah mampu memberikan kinerja optimal dan prestasi yang baik bagi perusahaan. Sebelum mendapatkan teguran adari atasan karena kinerja yang terus menurun, maka berikut adalah tips meningkatkan kinerja disaat kejenuhan melanda.

1. Buat checklist agenda rutin

What? Bukankah yang namanya rutin itu bisa jadi lebih membosankan? Maksudnya disini adalah kadang kita tidak tahu apa yang harus diprioritaskan ketika kita sudah masuk kantor mengingat setumpuk pekerjaan yang sudah menanti. Bukannya pekerjaan cepat selesai tetapi malah berantakan dan tidak selesai karena sebelum kita berjibaku dengan pekerjaan kita sudah merasa malas. Jadi yang harus kita lakukan adalah membuat agenda tahapan pekerjaan. Sehingga pada hari itu kita sudah siap bekerja dan lebih rapi dalam bekerja. Setiap pekerjaan yang sudah teratur dikerjakan biasanya hasilnya lebih cepat diselesaikan.

2. Mencari tahu kegiatan yang belum pernah dilakukan untuk meningkatkan prestasi

Jika pekerjaan rutin kita sudah terorganisir dengan baik, selanjutnya adalah mencari pekerjaan yang tidak rutin dikerjakan yang dapat meningkatkan prestasi kerja.

3. Menyempatkan diri bersosialisasi dengan teman disaat senggang

Selain pekerjaan yang harus selesai, tidak berarti kita menghabiskan waktu sepanjang hari untuk berada didepan komputer. Bersosialisasi salah satu sarana untuk meredakan ketegangan otak dan otot. Karena dengan bersosialisasi kita lebih banyak mendengar, melihat dan mengetahui hal baru dan merupakan bentuk relaksasi yang simpel.

4. Meninggalkan meja kerja sesaat

Artinya kita bisa meninggalkan meja kerja sesaat untuk sekedar berjalan keluar menghirup udara atau bagi yang muslim melaksanakan sholat yang didalamnya terdapat gerakan-gerakan ibadah yang membantu meredakan ketegangan. Sehingga kita merasa lebih fresh.

5. Berkonsultasi dengan atasan

Setiap masalah yang ada dalam pekerjaan hendaknya kita koordinasikan dan konsultasikan dengan atasan, hal ini akan membantu kita untuk mencari jalan keluar yang lebih efektif daripada kita memendam sendiri masalah tersebut. Namun yang harus diperhatikan adalah kita tahu proporsi masalah yang perlu kita konsultasikan pada atasan.

6. Membangun diri untuk selalu bahagia, antusias, berpikir positif dan bersyukur

Bekerja itu harus professional, menjadi sosok yang professional, produktif dan kompetitif bukan berarti kita harus serius terus setiap saat. Bangun dalam diri kita dan putuskan untuk selalu happy all the time dan berlatih untuk berespon positif menghadai segala hal walaupun sedang pusing tujuh keliling. Ada baiknya hindari percakapan negatif yang akan meruntuhkan semangat diri kita. Bangun dalam diri kita untuk senantiasa bersyukur agar kita bisa berpikir positif.

7. Banyak belajar

Setelah semua pekerjaan selesai tidak berarti tugas kita selesai. Pimpinan perusahaan tentu lebih menyukai karyawan yang mempunyai wawasan luas dan bisa membangun perusahaan lebih baik, apalagi jika kamu berada di posisi sebagai middle manajemen atau high manajemen. Jadi banyak banyaklah belajar, baik dari lingkungan teman terdekat, lingkungan departemen/ perusahaan sampai lingkungan luar perusahaan untuk memperdalam pengetahuan kita.

Bagaimana sudah menemukan cara yang mudah untuk membuat kamu lebih bersemangat lagi dalam bekerja? Semoga dengan tips diatas kita bisa menjadi karyawan yang semakin produktif dan semakin berprestasi. :D

Loading...

  • 90
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *