Technology

7 Cara Mengamankan WordPress Anda dari Serangan Hacker

 
  • 1
    Share

   

WordPress adalah engine blog terlaris yang telah digunakan oleh sekitar 25% website baru di seluruh dunia. Dengan meningkatnya penggunaan WordPress, keamanan dan kehandalan wordpress telah menjadi salah satu isu yang paling penting. Pada tahun 2011, sekitar 144.000 WordPress di-hack, dan jumlah ini terus meningkat menjadi 170.000 pada tahun 2012, dan tentu saja jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Menurut statistik, hampir 40% wordpress terhack karena hostingnya, sekitar 30% dikarenakan themes nya, 8% terhack karena password yang lemah dan 22% terhack karena plugin.

Sebenarnya pemilik WordPress dan pengembang WordPress adalah yang bertanggung jawab atas keamanan engine WordPress. Tentu saja pengembang WordPress telah melakukan banyak hal untuk memberikan keamanan bagi wordpress Anda, namun pemilik wordpress juga harus mengupayakan menjaga wordpressnya agar tetap aman dari serangan hacker. Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat lakukan pemilik wordpress agar terhindar dari serangan hacker, seperti memperbarui WordPress ke versi terbaru, back up data secara teratur, melaporkan bug WordPress, dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas 7 Cara Mengamankan WordPress Anda dari Serangan Hacker satu per satu:

1. Hapus username “admin”

Username default ketika membuat WordPress adalah “admin”. Kebanyakan orang tetap menggunakan username ini. Hal ini mempermudah hacker menebak username Anda.

2. Hapus plugin yang tidak digunakan

Teori bahwa plugin yang tidak terpakai merupakan ancaman bagi keamanan WordPress adalah sangat benar. Seorang hacker dapat menargetkan plugin yang digunakan secara massal karena plugin tersebut populer. Plugin yang demikian menjadi sasaran empuk bagi hacker. Untuk itu bilaAnda tidak lagi menggunaka plugin tertentu, lebih baik hapuslah atau lakukan update agar keamanan wordpress Anda terjaga.

3. Perkuat password dan ubah setiap 72 hari

Password yang Anda pilih haruslah lebih dari 8 karakter. Gunakan kombinasi angka,huruf dan karakter unik. Jika Anda tidak dapat mengingat password Anda, gunakan aplikasi password saver. Password lebih baik diubah secara berkala minimal setiap 72 hari karena hacker akan lebih susah menebaknya.

4. Gunakan plugin yang terpercaya

Tahukah Anda bahwa plugin menjadi salah satu hole yang bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk menyusup wordpress Anda. Oleh karena itu lebih selektiflah memilih plugin. Check kredibilitas pengembangnya, check pula review dan rating plugin tersebut. Gunakan plugin terkait security yang membantu mengamankan WordPress Anda. WP Security adalah salah satu plugin yang mampu mengamankan WordPress Anda. Tips untuk mencari tahu plugin yang terbaik dapat anda baca di artikel Tips Memilih Plugin WordPress yang Baik untuk Website Anda

5. Gunakan template yang Aman

Sebuah template WordPress yang baik tidak hanya bisa mempercantik website Anda, tetapi juga memberikan keamanan yang lebih baik untuk wordpress Anda. Tahukah Anda bahwa hampir 30% WordPress terhack karena penggunaan template yang sembarangan? Kini Anda perlu mengambil langkah selekstif sebelum menggunakan template tertentu. Umumnya, template yang baik akan menggunakan API yang tepat dimana ditawarkan oleh WordPress.org. Hal ini untuk menghindari manipulasi database dan tindakan lainnya. Bingung mencari template yang aman untuk WordPress Anda? Baca tips nya di artikel 10 Tips Memilih Template WordPress Terbaik.

6. Back up website Anda

Pertahanan terbaik Anda adalah untuk backup wordpress Anda jadi ketika wordpress Anda di hack bahkan sampai data Anda terhapus sekalipun, Anda memiliki backup data wordpress Anda. Pastikan Anda membackup wordpress Anda secara berkala dan mendownloadnya di PC lokal Anda. Jika hosting terbaik Anda menawarkan jasa backup data maka akan lebih baik karena Anda memiliki 2 cadangan backup saat ini.

7. Gunakan hosting yang aman

Ini hal yang paling mendasar yang harus Anda perhatikan, gunakan hosting yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan memiliki tim support handal yang selalu siap membantu Anda. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak penyedia hosting di luar sana yang menawarkan hosting murah, namun apakah mereka dapat menjamin keamanan server mereka? Kini Anda sudah mengetahui bahwasannya pemilihan provider hosting adalah prioritas utama untuk menjaga wordpress Anda tetap aman. Ingin tahu bagaimana cara mencari hosting yang terbaik? Baca artikel kami 7 Tips Memilih Web Hosting Indonesia.

CTA-wordpress-hosting-beon

Kini Anda sudah mengetahui bagaimana cara mengamankan WordPress dari serangan hacker, bahkan Anda kini telah menyadari bahwa hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membuat wordpress adalah menentukan hosting terbaik yang akan menjadi rumah bagi wordpress Anda. Mencari hosting untuk wordpress dengan tingkat keamanan yang tinggi serta support yang handal tak lagi sulit Anda dapatkan di Indonesia karena kini Beon.co.id, penyedia hosting yang telah berkiprah sejak 2006 telah meluncurkan layanan baru khusus wordpress yaitu WordPress Hosting. Ingin tahu lebih detail keunggulan WordPress hostingkunjungi halaman WordPress Hosting Indonesia sekarang juga!

source:

                              
Loading...

  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *