Produktivitas Web & Teknologi

7 Layanan Belajar Online Gratis Selama COVID 19

 

Loading...

Belajar Online Gratis Selama COVID – Sejak diberlakukannya kebijakan physical distancing untuk mengatasi pandemi virus Corona atau COVID-19, kini hampir semua kegiatan termasuk sekolah dilakukan dari rumah. Agar proses belajar selama physical distancing tetap optimal, Anda bisa memanfaatkan berbagai situs dan apps belajar online gratis berikut ini.

Perlu belajar online gratis selama COVID 19? Tenang, ada banyak pilihan platform yang bisa diakses!

Anda memiliki anak, adik, atau kerabat yang masih bersekolah dan perlu akses belajar online? Tak usah risau, banyak platfrom yang memberikan akses gratis untuk menunjang proses belajar. Berikut di antaranya.

1. Rumah Belajar Kemdikbud

Portal Rumah Belajar yang dikelola langsung oleh Kemdikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) ini menyediakan pembelajaran untuk berbagai jenjang pendidikan. Mulai dari jenjang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hingga SMA/SMK (Sekolah Menengah Atas/Kejuruan), bisa mendapatkan akses materi di Rumah Belajar. Tak hanya siswa, portal ini juga ditujukan untuk guru.

Ada berbagai fitur yang tersedia di Rumah Belajar. Anda bisa mengakses materi ajar lewat fitur ‘Sumber Belajar’ serta kumpulan soal lewat fitur ‘Bank Soal’.

Ada salah satu fitur menarik di Rumah Belajar, yakni ‘Laboratorium Maya’. Fitur ini merupakan simulasi praktikum yang biasa dilakukan di laboratorium. Seru sekali, bukan?

Anda bisa mengakses Rumah Belajar di: https://belajar.kemdikbud.go.id/

2. Ruangguru

Menghadapi pandemi COVID-19, aplikasi belajar online yang satu ini meluncurkan program belajar gratis lewat Sekolah Online Ruangguru. Program yang diluncurkan sejak 16 Maret 2020 ini bisa diakses setiap Senin hingga Jumat, selama pukul 08.00-12.00.

Untuk dapat mengakses Sekolah Online Ruangguru, Anda perlu mengunduh aplikasi Ruangguru terlebih dahulu serta mendaftar. Aplikasi Ruangguru telah tersedia di Play Store atau App Store. Setelah mendaftar, Anda pun bisa mengakses mata pelajaran inti sesuai kurikulum nasional untuk semua jenjang.

Info selengkapnya mengenai Sekolah Online Ruangguru bisa didapatkan di: https://blog.ruangguru.com/sekolah-online-ruangguru

3. Zenius

Zenius merupakan salah satu aplikasi belajar online yang telah menggratiskan akses video materinya, bahkan sejak Desember 2019. Ada 80.000 video materi pembelajaran untuk jenjang SD hingga SMA yang bisa diakses.

Hal yang menarik dari Zenius adalah kebanyakan video pembelajarannya memiliki format whiteboard. Format tersebut tidak terlalu memakan banyak kuota, lho. Anda pun bisa lebih hemat kuota saat menggunakan Zenius.

Selain video pembelajaran, Zenius juga menyediakan berbagai fitur menarik untuk menunjang proses belajar online. Fitur tersebut di antaranya latihan soal, live class, dan Rencana Belajar Harian.

Anda bisa mendapatkan akses mengenai program Zenius di: https://www.zenius.net/

4. Quipper

Quipper menyediakan layanan sekolah digital tanpa biaya. Layanan tersebut dinamai Quipper School. Siswa bisa mendapatkan bantuan untuk mengerjakan tugas dan ujian secara online.

Selain siswa, guru pun bisa menggunakan layanan Quipper. Para guru dapat mengirimkan serta mengelola materi pembelajaran. Tak hanya itu, guru pun dapat mengelola ujian serta nilai siswa.

Anda bisa mengakses Quipper School di: https://www.quipper.com/id/school/

5. Kelas Pintar

Kelas Pintar adalah salah satu platform belajar online yang menyediakan pembelajaran untuk jenjang SD hingga SMA. Materi pembelajaran di kelas pintar sendiri telah terintegrasi kurikulum terbaru.

Kelas Pintar memberikan akses gratis untuk programnya, yakni Kelas Pintar Regular selama tahun ajaran 2019/2020. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Kelas Pintar lewat Play Store atau App Store. Untuk mendapatkan akses gratis, lakukan pembelian Kelas Pintar Paket Regular lalu masukkan kode kupon: KELASPINTAR. Akses ini berlaku hingga 16 April 2020.

Anda bisa mengakses informasi mengenai Kelas Pintar di: https://www.kelaspintar.id/kelaspintar

6. Sekolah.mu

Sekolah.mu juga memiliki andil dalam menyediakan layanan belajar online gratis. Sekolahmu sendiri melakukan kolaborasi dengan operator telekomunikasi Telkomsel dan IM3 Ooredoo. Anda bisa memanfaatkan kuota gratis hingga 30 GB dari kedua operator tersebut untuk mengakses Sekolah.mu.

Selain itu, Sekolah.mu juga mengadakan layanan Kelas.mu Belajar Live! Program ini merupakan program pengajaran secara live yang bisa diakses secara gratis. Pengajaran ini dilakukan dari Senin hingga Jumat, mulai dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

Untuk mengakses Belajar Live! Anda bisa membuka tautan: www.sekolah.mu/tanpabatas

Simak juga berbagai artikel menarik lainnya seputar bisnis hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat menambah wawasan, salam sukses!

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *