Start A Business Tips Bisnis

7 Peluang Bisnis Pariwisata yang Menguntungkan

 

Loading...

Bisnis PariwisataSektor pariwisata adalah salah satu sumber pemasuk yang cukup menjanjikan. Ingin mencoba? Kalau begitu, simak berbagai peluang bisnis di bidang pariwisata berikut!

Banyak peluang bisnis pariwisata yang bisa dipilih!

Sektor pariwisata menyediakan banyak peluang yang bisa dimanfaatkan. Masing-masing peluang tersebut bisa dikembangkan menjadi bisnis unik dan menguntungkan.

Ada yang membutuhkan modal yang lumayan, ada juga yang tidak menyedot banyak modal. Ada yang butuh biaya perawatan, ada yang menyedot banyak biaya operasional. Pokoknya, pilih bisnis yang cocok dengan diri.

Masih bingung ingin berbisnis apa? Berikut adalah rekomendasi peluang usaha di bidang pariwisata yang bisa Anda coba. Cermati baik-baik, siapa tahu ada yang pas!

1. Persewaan penginapan

Penginapan adalah salah satu hal paling krusial ketika berlibur. Kini, Anda bisa bermitra dengan aplikasi penyedia jasa pencarian tempat penginapan seperti Airbnb, RedDoorz, OYO, dan lain-lain.

Umumnya, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi penginapan untuk bisa menjadi mitra. Salah satunya adalah menyediakan fasilitas sesuai dengan standar masing-masing platform. Jangan sampai ada yang luput, ya.

2. Jasa penerjemah dan tour guide

Anda jago bahasa asing dan senang berinteraksi dengan orang? Kalau begitu, bisnis ini mungkin cocok bagi Anda

Selain itu, bisnis ini termasuk jenis bisnis yang tidak memerlukan banyak modal. Hal yang terpenting adalah kemampuan untuk membantu wisatawan agar tak sulit berkomunikasi. Menarik sekali, bukan?

3. Jasa supir dan persewaan kendaraan

Seringkali, banyak wisatawan yang butuh kendaraan selama masa liburan. Oleh karenanya, persewaan kendaraan bisa mendatangkan untung yang maksimal. Anda bisa menyewakan berbagai kendaraan, mulai dari motor, mobil, hingga bus.

4. Bisnis oleh-oleh dan suvenir

Bisnis oleh-oleh dan suvenir adalah salah satu bisnis sektor pariwisata yang tak lekang zaman. Masyarakat kita senang mencari oleh-oleh dan suvenir ketika berwisata.

Anda harus mengikuti tren pasar dan jeli menemukan minat masyarakat. Kira-kira, oleh-oleh atau suvenir apa yang sedang disukai? Berinovasi dan berusaha untuk up to date adalah salah satu cara agar bisnis bisa bertahan lama.

5. Bisnis kuliner khas daerah

Ketika berwisata ke suatu daerah, pastinya kita ingin mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Hal ini bisa jadi peluang bisnis yang laris manis.

Anda bisa berbisnis kuliner khas tempat wisata, dengan menyediakan hidangan khas daerah tersebut. Bentuk bisnis kulinernya bisa apa saja, mulai dari kaki lima hingga restoran, semua sah-sah saja. Hal yang terpenting, pilihlah bisnis sesuai dengan kemampuan dan kesanggupan untuk mengelola.

6. Persewaan peralatan olahraga air

Wisata air termasuk wisata yang mengasyikkan, terutama karena atraksi olahraga airnya. Banyak kegiatan olahraga air yang bisa kita lakukan.

Kita bisa melakukan snorkelling, diving atau selam, bermain perahu kano, banana boat, jet ski, hingga parasailing di tempat wisata pantai/laut. Saat di sungai, kita bisa berenang dan mencoba olahraga rafting. Ketika di danau, asyiknya main perahu dayung, perahu kayuh berbentuk bebek, atau main gelembung plastik raksasa yang bisa mengambang di air.

Namun, tak semua wisatawan memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai kegiatan tersebut. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis, di mana Anda menyewakan peralatan untuk kegiatan terkait olahraga air. Keuntungan yang diraih bisa sangat besar, lho.

7. Jasa fotografer atau videografer

Zaman sekarang, orang-orang ingin mendokumentasikan seluruh kegiatannya, termasuk saat sedang liburan. Oleh karenanya, jasa fotografer atau videografer termasuk jasa di bidang pariwisata yang laku keras.

Tugas Anda adalah mendokumentasikan dengan baik momen-momen liburan klien. Selalu asah kemampuan Anda, agar hasilnya pun memuaskan. Agar lebih banyak calon klien yang tertarik, Anda bisa memajang portofolio hasil karya di website dan juga medsos.

Penutup

Itu dia berbagai peluang bisnis di bidang pariwisata yang bisa Anda coba. Tentunya, dibutuhkan juga ketekunan dan kegigihan dalam berbisnis, agar bisnis Anda bisa bertahan lama.

Simak berbagai tips menarik seputar bisnis lainnya hanya di Mebiso. Selamat berbisnis, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *