Running A Business

8 Cara Membuat Merek Booming Dipasaran

 
  • 3
    Shares

Loading...

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap pengusaha pastilah memiliki keinginan merek dari product dan jasanya dapat dikenal oleh masyarakat luas. Berikut ini adalah delapan cara yang disampaikan oleh Scott Steinberg untuk membuat kisah merek Anda melegenda di dunia online seperti yang dilansir Mashable.

1. Tawarkan solusi diantara kebutuhan

Ciptakan kepercayaan masyarakat akan merek Anda dengan menunjukkan bagaimana product dan jasa Anda dapat mengatasi kebutuhan customer dengan berbagai cara yang efektik, kreatif, dan inovatif. Salah satu contohnya adalah seperti video testimonial dari customer Anda yang menginformasikan mengenai keunggulan produk Anda, hal tersebut dapat meyakinkan potensial customer bahwa merek Anda adalah merek berkualitas.

2. Buatlah potensial customer menjadi bagian dari bisnis Anda

Pada saat Anda menjual product Anda secara online, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menampilkan orang-orang yang memiliki peranan dalam kesuksesan perusahaan Anda. Film pendek yang diambil dari realitas yang dilakukan dan terjadi sehari-hari oleh karyawan Anda dapat menjadi sebuah daya tarik tersediri bagi potensial customer. Realitas yang dimaksudkan adalah seperti suasa kerja, humor karyawan saat makan siang, atau keahlian profesional yang didapatkan oleh karyawan Anda saat bekerja adalah beberapa contoh yang dapat digunakan.

3. Bertindaklah sebagai orang yang mengusai seluk beluk merek Anda

Tahukah Anda, bahwa merek Anda sedikit-banyak pasti memiliki hubungan erat dengan karakter Anda. Oleh maka dari itu, ceritakanlah segala seseatu tentang merek Anda dengan menjadi orang terbaik dalam bidang Anda.Contoh, Anda memberikan fasilitas kepada karyawan untuk membuat blog mengenai isu-isu yang berkaitan dengan industri Anda. Selain itu, Anda juga dapat menginformasikan hasil riset, artikel-artikel, ataupun aset visual mengenai merek Anda.

4. Akui jika Anda melakukan kesalahan

Mengakui sebuah kesalahan tidak selalu memiliki akhir yang buruk. Seperti halnya Mark Zuckerberg si pemilik Facebook, dia tidak “malu” untuk menceritakan bagaimana situs buatannya yang saat ini mendunia, ternyata dimulai dari kemarahan terhadap pacarnya. Jadi, jangan takut untuk mengungkapkan beberapa hal personal karena dapat membuat konsumen Anda juga punya ikatan emosional dengan merek Anda, namun tetap berhati-hati akan cara pengakuan yang Anda lakukan.

5. Buatlah solusi yang interaktif

Pendekatan yang unik dan interaktif dapat meningkatkan keterlibatan customer dengan merek Anda. Seperti halnya membuat aplikasi, video games, video sharing, survei, dan quiz yang dapat Anda pertimbangkan.

6. Ajak customer untuk berdiskusi masa depan merek

Sesekali ajaklah customer untuk membantu Anda dalam mengarahkan masa depan merek Anda. Hal tersebut bukan berarti bahwa Anda harus menyerahkan segala sesuatunya kepada konsumen. Cukuplah mendengarkan aspirasi dan opini mereka sebagai masyarakat dan mungkin Anda bisa menggunakan hal tersebut untuk merumuskan strategi Anda ke depan.

7. Hormati komunitas dan para pahlawan Anda

Sebuah bisnis memiliki orang-orang yang mendukung perjalanan bisnis dari nol sampai dengan sukses, sama halnya yang terjadi pada kehidupan pribadi kita. Bukan hanya komisaris dan para direktur, customer dan para penggemar juga perlu diapresiasi atas kontribusi mereka dalam membesarkan merek Anda.

8. Buatlah aktifitas yang menyentuh hati

Menggunakan sesuatu yang menginspirasi Anda untuk menjadi positioning merek, contoh dalam hal ini adalah TOMS. Perusahaan sepatu tersebut memberikan donasi sepasang sepatu kepada anak yang membutuhkan dari setiap pasang sepatu yang terjual di outlet miliknya. Nilai tersebut tidak hanya mendorong kinerja karyawan untuk lebih baik agar mensejahterakan sesamanya, namun juga mengajak customer Anda untuk memiliki pemahaman yang sama.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

Mengenal Jenis Hak Kekayaan Intelektual: Merek

6 Cara Kecil Ini Dapat Meningkatkan Penjualan Anda

Ingin Merek Berumur Panjang? Mari Belajar Melalui Lego

Loading...

  • 3
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *