Technology

Setup Awal Bagi Website yang Belum Diluncurkan

 

Loading...

Anggap website anda kini siap diluncurkan. Sebelum membuat konten dan melakukan promosi, anda harus memastikan bahwa website anda telah disetup dengan benar. Tujuannya agar konten dan promosi anda jadi lebih efektif nantinya. Nah, setup apa saja yang dimaksud? Berikut uraiannya:

1. File sitemap.xml
File sitemap.xml berisi struktur hirarki dari sebuah website. Dengan menginstal file ini, anda membuat Googlebot lebih mudah memahami website anda. Website anda jadinya akan lebih mudah ter-index oleh Google. Cek Posting Berikut untuk menemukan cara membuat sitemap. Atau jika blog anda berbasis WordPress, anda cukup menginstal plugin “Google XML Sitemap”. Plugin ini akan secara otomatis membuat file sitemap.xml di website anda.

2. Membuat File robots.txt
Selain sitemap.xml, robots.txt merupakan salah satu file website yang paling digemari oleh mesin pencari. Pada pertama kali kunjungan ke sebuah website, Googlebot akan membaca file ini terlebih dahulu. File ini berisi informasi tentang batasan-batasan bagian mana yang boleh dan tidak boleh dicrawl oleh mesin pencari. Contoh format isi robots.txt adalah:

User-agent: *
Disallow: /wp-admin/
Allow: /wp-content/uploads/

Artinya semua user agent dari mesin pencari (Googlebot, Yahoobot, dsb.) tidak boleh meng-index halaman wp-admin. Halaman privat dari website anda tidak akan terekspos ke publik.

3. Setup Google Analytics
Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang bisa anda manfaatkan untuk mendapat materi-materi laporan mengenai traffik website. Materi-materi yang dihasilkan bisa anda pergunakan untuk mengukur efektivitas marketing anda. Kunjungi halaman http://www.google.com/analytics/untuk mulai membuat sebuah akun Google Analytics bagi website anda.

4. Setup Akun Google Webmaster Tools
Melalui Google Webmaster Tools (http://www.google.com/webmasters/tools) kita bisa memperoleh berbagai laporan penting. Di antaranya: Kata kunci yang digunakan visitor untuk menemukan website kita melalui pencarian Google, Jumlah inbound & outbound link yang mengarah ke website kita, Error yang dijumpai Googlebot ketika meng-index website kita, dan informasi tentang penyelundupan malware yang mungkin menyerang website kita.

5. Monitor Ranking Website Anda
Ranking bagus pada mesin pencari mendatangkan lebih banyak traffik. Artinya lebih banyak calon customer bagi sebuah Toko Online. Itulah kenapa penting bagi kita untuk memantau apakah usaha SEO website yang telah kita lakukan efektif atau tidak. Nah, ada 2 cara untuk memantau kata kunci. Pertama secara tradisional, yaitu dengan memasukkan kata kunci pada pencarian Google dan menghitung urutannya. Dan yang kedua dengan menggunakan Rank Checker untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Rank Checker adalah salah satu addon Firefox yang dapat diinstal pada browser dengan gratis. Addon ini bisa diunduh melalui halaman http:// tools.seobook.com/firefox/rank-checker.

6. Submit Website Anda ke Layanan Dmoz
http://www.dmoz.com adalah salah satu layanan web direktori yang dikelola untuk memudahkan Google melakukan indexing suatu situs berdasarkan kategorinya. Jika website anda telah terdaftar di sini, bisa jadi anda akan menerima prioritas tambahan pada ranking halaman Google. Untuk mendaftarkan website anda, bisa anda mulai dengan mengakses halaman dmoz.com, browse kategori yang paling pas mendeskripsikan website anda, kemudian klik suggest URL yang terletak pada menu bagian atas.

7. Setup Google Alerts untuk Memantau Mentions
Misalnya anda berminat dengan gitar. Maka anda pasti tertarik untuk mengetahui website baru apa saja yang muncul di Google yang membahas tentang gitar. Di sinilah anda membutuhkan Google Alerts. Layanan gratis dari Google ini bisa anda dapatkan melalui http://www.google.com/alerts. Anda bisa memanfaatkan layanan ini untuk memantau website saingan baru yang menggunakan kata kunci prioritas anda. Sehingga anda menjadi lebih aware dalam berkompetisi dengan pesaing lainnya. Atau anda bisa juga memanfaatkan layanan ini untuk memantau review tentang website anda yang ditulis pada website lain.

8. Cek Kecepatan Website Anda
Google pernah mengemukakan bahwa salah satu faktor pendukung ranking pada hasil pencarian adalah kecepatan website. Namun mengejar ranking bukanlah satu-satunya alasan mengapa anda harus mempercepat website anda. User benci menunggu. Membuat user menunggu sama dengan mempersempit kemungkinan user untuk mengunjungi website anda kedua kalinya. Itulah sebabnya anda harus membuat website anda menjadi lebih cepat. Salah satu tool yang bisa mengevaluasi kecepatan website anda adalah YSlow. Tool ini akan mengecek cara kita menulis coding untuk mengidentifikasi blunder apa saja yang pernah kita lakukan. YSlow akan memberi saran tentang hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk menjadikan website lebih cepat.

Loading...

6 komentar

  • 2 Desember 2011 - pukul 0:16

    info yang bermanfaat sekali, thanks jagoan hosting.. :)

  • 15 Desember 2011 - pukul 2:34

    info yang bermanfaat… langsung ke TKP and action…
    thanks :)

  • 28 Desember 2011 - pukul 17:38

    wah info yang sangat jenius, aku praktekkan ah………..

  • 14 Juli 2012 - pukul 18:56

    thks infonya

  • 3 Desember 2012 - pukul 0:33

    Belum pernah dapat informasi seperti ini sebelumnya. Sangat bermanfaat!! Thank you for sharing :)

  • 7 Januari 2018 - pukul 1:37

    SANGAT BERMANFAAT BUAT . SUNGGUH ILMUNYA YANG SANGAT BERMANFAAT

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *