Business Says Running A Business Start A Business

Agar Bisnis Berjalan Lancar, Hindari Hal-Hal Ini!

 

Loading...

Agar Bisnis Berjalan Lancar – Anda baru memulai bisnis? Jika demikian, Anda harus berhati-hati. Ternyata, ada hal-hal yang perlu Anda hindari agar bisnis Anda berjalan lancar.

Hal-hal tersebut dapat menghambat bisnis, bahkan membuat bisnis Anda jadi gulung tikar! Wah wah… Kira-kira, apa saja yang perlu dihindari dalam berbisnis?

Tidak menuliskan rencana

Jangan simpan rencana bisnis dalam pikiran saja, meskipun ingatan Anda bagus. Selalu tuliskan rencana bisnis yang Anda buat. Ini adalah cara terbaik untuk mengetahui, apakah Anda benar-benar memahami bagaimana mengubah ide menjadi aksi untuk bisnis.

Model bisnis pendapatan kecil atau bahkan tidak ada

Bisnis akan langgeng ketika Anda dapat menghasilkan pendapatan. Walaupun Anda mengelola bisnis yang bersifat non-profit, pendapatan harus tetap dihasilkan. Ingat, ada biaya operasi yang tentunya perlu dikompensasi.

Peluang bisnis ternyata kecil

Pastikan bahwa bisnis Anda memiliki peluang, dengan melakukan riset pasar. Terkadang, ide produk atau jasa yang dirasa keren belum tentu memiliki peluang laku di pasaran. Oleh karenanya, jika ingin sukses besar, carilah bisnis dengan peluang besar!

Eksekusi tidak maksimal

Menjalankan bisnis berarti bagaimana mengeksekusi sebuah ide. Anda harus berani memilih keputusan yang berat atau mengambil risiko. Jika Anda tidak berani, hal ini akan menyulitkan Anda untuk eksekusi bisnis.

Terlalu banyak saingan

Terlalu banyak saingan juga dapat mengancam keberlangsungan bisnis. Anda tentu perlu putar otak agar dapat menonjol di antara para kompetitor. Anda juga perlu ingat, perusahaan-perusahaan lama di area industri Anda yang terlihat ‘tidur’ juga dapat jadi ancaman suatu waktu.

Tidak punya kekayaan intelektual

Kekayaan intelektual adalah elemen terbesar yang menentukan nilai perusahaan tahap awal di mata para investor. Selain itu, kekayaan intelektual penting bagi keberlangsungan bisnis, terutama jika bisnis Anda bersaing dengan perusahaan raksasa. Oleh karenanya, upayakan hak paten, merk dagang, serta hak cipta untuk bisnis Anda!

Tim yang tidak berpengalaman

Penting untuk memiliki tim yang berpengalaman, apalagi jika Anda sendiri terhitung baru dalam menjalankan bisnis. Tim yang berpengalaman akan mengimbangi passion Anda untuk berbisnis, sehingga eksekusi pun terlaksana baik.

Menyepelekan sumber daya lain selain pendanaan

Kebanyakan, pelaku bisnis terlalu fokus pada pendanaan. Perhatikan setiap sumber daya yang dibutuhkan, jangan hanya fokus pada pendanaan. Pendanaan memang penting, namun diperlukan sumber daya lainnya agar Anda dapat mengelola dana bisnis dengan bijak.

Pelit dalam melakukan marketing

Marketing itu penting! Jangan terlalu ‘pelit’ dalam melakukan marketing, sampai-sampai strategi yang dilakukan ternyata belum cukup membuat brand Anda dikenal. Banyak cara marketing yang efektif dan inovatif yang bisa dilakukan, tentunya Anda harus rajin untuk mengembangkan wawasan.

Terlalu cepat menyerah

Menjalankan bisnis memang banyak tantangannya. Tak heran, banyak entrepreneur yang menyerah, kemudian mengakhiri bisnis.

Anda harus ingat, banyak entrepreneur sukses yang menemui hambatan dan kegagalan berulang kali sebelum bisa sukses. Siapa tahu, apa yang Anda hadapi bisa terlewati. Tetap semangat, janganlah terlalu cepat menyerah!

Agar bisnis berjalan lancar, carilah strategi yang tepat!

Menjalani bisnis berarti harus mau banyak belajar. Seorang entrepreneur hendaknya memiliki banyak wawasan. Carilah banyak referensi strategi bisnis, untuk kemudian Anda terapkan.

Mebiso menyediakan banyak artikel seputar bisnis yang terpercaya dan up-to-date. Jangan puas dengan satu artikel saja, puaskan rasa ingin tahu Anda!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/224397

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *