Sosial Media Technology

Ingin Akun Bisnis Instagram Makin Optimal? Ini Tipsnya!

 

Loading...

Akun bisnis Instagram – Saat ini Instagram menjadi salah satu media sosial yang direkomendasikan dalam pengembangan bisnis. Tak heran jika mulai banyak bermunculan akun-akun bisnis yang menjadikan media sosial ini sebagai ladang dalam menambah peluang.

Meski begitu, mengelola akun Instagram pun tak semudah seperti mengelola akun Instagram pribadi. Memiliki akun bisnis Instagram tak hanya memikirkan soal postingan saja, melainkan juga optimalisasi sebagai media promosi dan peningkatan relasi dan customer.

Dengan begitu, terdapat beberapa tips yang perlu dilakukan guna mengoptimalkan penggunaan akun Instagram bagi bisnis Anda. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

Optimasi deskripsi profil akun bisnis Instagram Anda

Meski terkesan sepele, tapi Anda tetap harus pintar dalam memanfaatkan space yang ada guna memperkenalkan bisnis followers dan calon konsumen. Sebab, deskripsi profil Instagram hanya bisa diisi sebanyak 150 karakter saja.

Sehingga, yang menjadi tantangan Anda adalah bagaimana caranya agar dapat membuat followers penasaran dan tertarik dengan akun Anda hanya dalam 150 karakter deskripsi profil. Anda bisa menuliskan deskripsi tentang produk bisnis, keunggulan, value, atau mengutip tentang promo yang berlaku saat ini.

Manfaatkan fitur-fitur khusus sebagai bahan riset

fitur khusus dalam akun bisnis Instagram
Sumber: businessinsider

Melalui akun bisnis, Anda dapat memanfaatkan fitur khusus yang disediakan Instagram guna meninjau seberapa optimal pengelolaan yang Anda lakukan. Hal tersebut bisa meliputi pengukuran statistik postingan hingga pengikut.

Untuk fitur statistik postingan Anda bisa mengetahui impression (berapa kali postingan kita dilihat), reach (berapa akun yang melihat postingan kita), dan engagement (berapa banyak like serta komentar atas foto yang telah kita upload). Dengan begitu, Anda dapat mengotimalkan postingan di Instagram untuk meraih atensi followers dan memicu keinginan calon pelanggan untuk membeli atau mengakses produk Anda.

Selain itu, manfaatkan juga statistik followers untuk melihat presentase umur, gender, hingga top location followers. Supaya Anda dapat mengoptimalkan promosi yang sesuai dengan target market. Plus, ketahui waktu yang paling aktif digunakan oleh followers untuk mengakses akun Anda.

Promosikan akun bisnis menjadi iklan di dalam Instagram

Terdapat fitur promote yang disediakan oleh Instagram bagi siapa saja yang ingin mempromosikan akun bisnisnya sehingga mendapatkan jangkauan yang lebih banyak. Anda dapat mempromosikan akun bisnis sehingga menjadi Ads atau iklan di dalam Instagram.

Di dalam fitur promote tersebut, Anda dapat memilih audience sesuai dengan target. Setelah melakukan hal tersebut maka akun Anda akan menjadi iklan di Instagram dalam jangka waktu yang telah Anda pilih sebelumnya.

Hal ini tentu menjadi keuntungan Anda jika memiliki akun bisnis Instagram. Sebab, dengan adanya fitur promote ini maka dapat membuka kesmepatan akun bisnis Anda dalam menjangkau calon konsumen yang lebih luas.

Perhatikan gambar dan caption di setiap postingan Anda

Jangan sembarang mengupload foto produk Anda. Pastikan dari stok gambar yang Anda miliki, kreasikan secara cantik dan menarik dengan mengeditnya melalui berbagai aplikasi edit foto.

Jika sudah mendapatkan hasil visual yang menarik, jangan lupak perhatikan juga penulisan caption yang harus informatif, menarik dan memuat call to action. Pastikan kalimat Anda cukup persuasif sehingga mampu membuat followers mudah untuk memahami maksud Anda.

Dengan membaca artikel ini, Anda diharapkan dapat mengoptimalkan akun Instagram Business sehingga menarik banyak followers dan calon pelanggan. Terus semangat kembangkan akun bisnis Anda ya! (freestock/pexels)

Baca juga:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *