Technology

Aplikasi Grive untuk Menjalankan Google Drive di Linux

 
  • 1
    Share

Loading...

Google Drive client belum support sepenuhnya untuk dijalankan di Linux. Sehingga selain akses berupa antarmuka web, para developer Linux berupaya membuat antarmuka lain yang bisa menghubungkan akun Google Drive kita ke desktop. Maka jadilah sebuah apliaksi non-resmi yang disebut Grive, yang berbasis terminal. Grive sudah dapat diinstall di Ubuntu 12.10, 12.04, 11.10, 11.04, 10.10 hingga 10.04 meskipun pada dasarnya aplikasi ini masih bersifat experimental atau tidak sepenuhnya mendapatkan dukungan dari developer.

Instalasi

Untuk cara instalasinya, anda bisa gunakan perintah berikut:

sudo add-apt-repository ppa:nilarimogard/webupd8 
sudo apt-get update 
sudo apt-get install grive

Cara menggunakan Grive

1. Grive akan men-download / upload file baru ataupun yang baru saja diubah dari direktori google drive kita, sehingga kita harus membuat folder “grive” sebagai media sinkronisasinya dengan menggunakan perintah:

mkdir grive

2. Selanjutnya, kita masuk ke dalam folder “grive” yang telah dibuat tadi dengan command berikut:

cd grive

3. Untuk menjalankan Grive pertama kali, kita harus menggunakan argumen “-a” untuk memberikan izin akses ke akun Google Drive kita, sbb :

grive -a

4. Setelah menjalankan perintah di atas, maka di terminal akan menampilkan sebuah URL. Copy-paste URL tersebut di browser web anda.

grive

5. Pada tampilan halaman URL tersebut, kita akan diminta untuk memberikan izin Grive untuk mengakses akun Google Drive kita. Setelah klik “Allow access”, maka akan muncul kode otentikasi dan copy-paste code tersebut di terminal di mana tadi kita menjalankan Grive.

6. Secara keseluruhan, hanya itu saja langkah instalasi dan penggunaan aplikasi Google Drive client Grive. Sekarang setiap kali kita ingin untuk melakukan sinkronisasi Google Drive ke komputer lokal melalui folder Grive kita, silakan masuk ke terminal kembali dan gunakan langkah 2 untuk masuk ke folder Grive. Jalankan perintah “grive”. Kali ini tanpa “-a” (grive -a) karena sebelumnya kita sudah mengizinkan akses Grive ke akun Google Drive kita.

Selamat mencoba ! :-)

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *