Interviews

Babytafel.com, Bisnis Baby Furniture yang Sukses Dibangun dari Tangan Dingin Andri Herwanta

 

   

Menjadi seorang yang mandiri dan sukses sebagai wirausahawan adalah pilihan dari Andri Herwanta(29). Bukan hanya karena ia terlahir dari keluarga pebisnis tapi karena keinginan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi dirinya. Pria lulusan manajemen Sistem Informasi Universitas Bina Nusantara ini sangat mengidolakan sosok Steve Jobs dalam usahanya membangun bisnis ini. Pemilik Babytafel.com ini memberikan saran bagi banyak enterpeneur di luar sana, yaitu selalu tetap berusaha untuk menjadi yang terbaik. Nah, berikut ini adalah hasil interview kami bersama Bapak Andri Herwanta:

Selamat sore Bapak Andri, bisa diceritakan sedikit nih Pak bagaimana bisnis Bapak dan bagaimana awal mula Bapak masuk ke dunia enterpreneur ini?

Bisnis kami adalah baby furniture, arti namanya sederhana yaitu baby changing table, tetapi orang Indonesia menyebutnya baby tafel. Sehingga kami tertarik untuk memakai nama tersebut dan mematenkannya. Produk yang ditawarkan beragam baby furniture, tetapi yang off the self adalah baby box, baby changing table, dan baby wardrobe. Produk yang paling banyak dijual tentu saja beragam, biasanya mereka memesan satu set keperluan baby.

Awal mula saya tertarik dengan dunia kewirausahaan karena saya terlahir dari lingkungan keluarga yang punya usaha sendiri. Selain itu saya termotivasi untuk masa depan yang lebih baik.

Lalu apa latar belakang Bapak membuka bisnis yang notabennya dilakukan oleh kaum wanita ini?

Latar belakang ide bisnis ini dimulai ketika saya masih kuliah dan mendapatkan tugas untuk membuat business plan, dan kebetulan papa saya punya bisnis kecil – kecilan/home production untuk membuat baby furniture, dengan modal seadanya, kami membuat produk babytafel.

Nah apa saja teknik yang digunakan untuk mempromosikan Babytafel ini, dan bagaimana dengan jangkauan pemasarannya?

Kami memasarkan produk kami melalui word of mouth dan via website tentunya. Untuk jangkauan kamu hanya sebatas provinsi.

Apa rahasia Bapak dalam menyeimbangkan antara kualitas barang dengan harga yang ditawarkan?

Sebenarnya bisnis kami masih baru, jadi kami menyeimbangkan harga barang yang ditawarkan dengan memberikan kepuasan pelanggan, salah satunya melalui pelayanan terbaik yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Sentuhan apa  yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Yang membuat bisnis ini berbeda ialah kualitas yang tak kalah dengan produk import dan yang biasanya berasal dari kota  Jepara.

Lalu prestasi dan pengalaman terbaik apa yang pernah Bapak raih selama menjadi seorang enterpreneur?

Untuk prestasi, belum ada prestasi apapun yang kami peroleh, karena pemasaran kami masih sangat terbatas.Namun untuk pengalaman dalam berbisnis ini tentu saja ketika kami menghadapi customer yang proaktif dan emosional, tetapi kami dengan sabar memberikan senyuman dan service yang baik.

Bagaimana anda menilai ruang lingkup market yang sekarang, dan bagaimana bisnis anda mengubahnya?

kami menilai persaingan industri furniture di Indonesia sangat competitive sekali.

Tantangan dan kendala apa yang pernah Anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?

Kendala yang sering kami hadapi adalah perubahan cuaca, karena curah hujan yang tinggi dapat mempengaruhi produktivitas kami. Namun saat ini visi kami ialah dengan menghadirkan furniture kelas dunia. Sehingga kami tidak akan menyerah dengan adanya tantangan dan kendala itu.

Wah terimakasih Bapak Andri atas waktunya. Semoga cerita Bapak dapat menginspirasi banyak pebisnis lain. Semoga Babytafel semakin dan selalu sukses. :)

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *