Inspirasi Start A Business

5 Buku Startup Ini Bisa Memandumu Membangun Startup Unicorn

 
  • 6
    Shares

Loading...

5 Buku Startup – Cita-cita Anda untuk menderikan perusahaan startup unicorn haruslah ditunjang dengan sumber daya yang unggul. Salah satu sumber daya yang Anda perlukan adalah buku startup berkualitas.

Wawasan dan metodologi yang Anda dapatkan dari membaca buku-buku ini akan menjadi aset berharga yang dapat Anda gunakan untuk membangun dan melejitkan startup Anda.

Oleh karenanya, Mebiso merangkumkan 5 buku startup berkualitas di bawah ini dari penulis-penulis top dunia yang wajib Anda baca.

buku startup keren
Sumber gambar: Amazon

1. Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers

Buku ini ditulis oleh Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur bekerja sama dengan 470 praktisi yang mempraktikan metode dalam buku ini.

Dalam buku ini Alexander & Yves menjelaskan bagaiamana seseorang bisa membuat bisnis startup dengan mengembangkan “business model” atau model bisnis.

Model bisnis sendiri bisa diibaratkan sebagai rencana bisnis. Namun yang membedakan adalah model bisnis tersusun menjadi beberapa bagian yang dibuat dalam bentuk visual atau biasa disebut business model canvas (BMC).

Dalam buku ini, Anda akan belajar cara membuat rencana bisnis jaman now yang dapat Anda gunakan untuk mengomunikasikan ide bisnis Anda kepada tim atau investor.

buku startup bagus
Sumber gambar: Amazon

2. The Lean Startup: How Today’s Entrepreneurs Use Continuous Innovation to Create Radically Successful Businesses

Buku ini ditulis oleh Eric Reiss. Ia menulis buku The Lean Startup berdasarkan pengalamannya mendirikan startup media sosial IMVU yang memiliki fitur avatar 3D.

The Lean Startup menjelaskan pendekatan baru mengenai bagaimana membuat perusahaan dan merancang produk.

Istilah Lean sendiri Eric gunakan untuk mendeskripsikan metode produksi yang dipakai Toyota, merefleksikan filosofi bekerja secara efektif dan efisien.

Dalam buku ini, Eric Reiss menawarkan metodologi praktis yang dapat digunakan para founder startup untuk mewujudkan visinya dengan lebih cepat dan lincah.

Jika Anda membaca buku ini, Anda akan mempelajari pentingnya memiliki dan menguji purwarupa ide bisnis Anda.

buku scrum
Sumber gambar: Amazon

3. Scrum: The Art of Doing Twice the Work in Half the Time

Buku ini ditulis oleh Jeff Sutherland dan J. J. Sutherland, pakar pengembang software yang telah banyak mengerjakan proyek-proyek pengembangan software.

Sutherland mengajarkan apa yang ia pelajari sebagai software developer dalam buku ini.

Buku Scrum ini memang bukan buku bisnis. Namun, prinsip-prinsip yang diajarkan oleh Sutherland bisa Anda gunakan untuk mendesain bagaimana Anda dan tim bekerja.

Scrum sendiri adalah metodologi manajemen proyek yang banyak digunakan oleh banyak startup, salah satunya adalah Bukalapak.

Dalam buku ini, Anda akan mempelajari bagaimana tim bisa bekerja lebih produktif dan lincah dengan menggunakan metode Scrum yang mengedepankan akuntabilitas dan pembagian peran.

design sprint
Sumber gambar: Amazon

4. Sprint: How to Solve Big Problems and Test New Ideas in Just Five Days

Buku ini ditulis oleh Jake Knapp, John Zeratsky, dan Branden Kowitz yang pernah bekerja di Google Ventures. Ketiga orang ini adalah orang yang mendesain metodologi validasi ide di Google yang diberi nama design sprint.

Buku ini mengajarkan kepada Anda bagaimana cara supaya Anda bisa menguji ide bisnis Anda dalam lima hari kerja.

Metodologi yang Jake dkk ajarkan lewat buku ini sangat berguna bagi Anda yang sedang mengembangkan purwarupa (prototype) produk startup Anda.

Lewat buku ini Anda bisa dengan cepat menguji apakah ide bisnis yang Anda miliki diminati oleh calon pelanggan Anda.

zero to one
Sumber gambar: Amazon

5. Zero to One: Notes on Startups, or How to Build the Future

Buku ini ditulis oleh Peter Theil bersama Blake Masters. Peter Theil sendiri adalah mantan co-founder Paypal, yang dulu ia dirikan bersama Elon Musk.

Dalam buku ini, Peter Theil berargumen bahwa sebuah bisnis yang membuat sesuatu yang sedianya sudah ada hanya mengubah angka 1 menjadi angka n (2 atau lebih).

Sementara bisnis seperti bisnis startup adalah bisnis yang membuat sesuatu yang benar-benar baru. Mereka membuat sesuatu yang tidak ada sebelumnya, mengubah 0 menjadi 1.

Dalam buku ini Anda akan belajar mengenai cara pandang yang optimis akan inovasi. Selain itu Anda akan memahami bagaimana bisnis-bisnis yang inovatif mampu membebaskan dirinya dari kompetisi dan tumbuh menjadi besar.

5 buku di atas adalah bacaan wajib yang harus Anda baca. Terapkan apa yang Anda pelajari dari 5 buku tersebut. Dan selalu konsisten dalam membangun usaha startup Anda.

Baca juga artikel menarik lainnya:

5 Pelajaran Hidup dari Proses Mengurus SIM yang Bisa Anda Terapkan di Bisnis Online Anda

5 Taktik Digital Marketing Tanpa Modal yang Bikin Startupmu Tumbuh Pesat

Tak Hanya Cantik, 5 Selebgram Hijab dengan Vibe Positif yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Loading...

  • 6
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *