Technology

Bagaimana Sih Memilih Jasa Ekspedisi Yang Tepat?

 

Loading...

Saat ini jasa ekspedisi bukan hanya sebagai pelengkap tapi sebuah kebutuhan apalagi untuk pemilik bisnis terlebih bisnis online. Tak hanya sampai disitu para pebisnis online juga bisa menjangkau pelanggannya hingga belahan bumi manapun.

Namun tingkat kepercayaan bisnis online dewasa ini masih banyak diragukan banyak kalangan. Alasannya, sebuah produk hanya di tawarkan dengan tidak melihat keadaan barang yang asli. Sehingga pelanggan sering merasa kecewa karena ketidaksesuaian barang yang di tawarkan dengan aslinya.

Pemilihan jasa ekspedisi yang kurang tepat sangat merugikan pelaku bisnis online. Ketelitian dalam memilih jasa ekspedisi sangat diperlukan untuk mendapatka jasa ekspedisi yang berkualitas dan dapat dipercaya. Karena ini yang nantinya akan mengembalikan kepercayaan pelangganterhadap bisnis online.

Jika dalam pengiriman ada barang yang rusak karena jasa ekspedisi yang digunakan maka pelanggan akan langsung komplain ke penjual/pengirim bukan ke jasa ekspedisinya. Jadi sebagai pelaku bisnis online harus jeli dalam memilih ekspedisi yang akan digunakan. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut:

  1. Kredibilitas

Sebisa mungkin lakukan survey dengan cara datang ke perusahaan jasa pengiriman barang yang diminati. Pastikan ekspedisi yang dipilih memiliki catatan pengalaman yang baik dan dapat dipercaya.

  1. Pelayanannya profesional

Ekspedisi yang dipilih harus memiliki nota/no resi yang jelas dan customer service yang siap 24 jam. Jangan lupa ekspedisi tersebut juga harus memiliki system pengecekan no resi atau nota tracking agar barang yang dikirimkan bisa di cek status pengirimannya.

  1. Services area

Teliti jangkauan dari jasa ekspedisi yang akan digunakan, bisa ditentukan terlebuh dahulu target pasarnya hanya dalam negeri atau juga luar negeri. Jika sampai luar negeri pastikan ekspedisi yang nantinya digunakan menjangkau pengiriman tersebut.

  1. Lama pengiriman dan tarif harga

Tarif harga dari setiap ekspedisi beragam, dan itu juga akan mengakibatkan lamanya pengiriman dari barang yang akan dikirim, meskipun harga yang ditawarkan dari service satu ke service lain hanya berbeda sedikit. Untuk tarif bisa dibicarakan juga degan pelanggan apakah minat yang cepat atau yang sedikit lama tapi dengan tarif lebih murah.

  1. Handling barang

Mempertimbangkan cara nhandling barang dari jasa ekspedisi itu juga penting, karena jika barang yang akan diterima pelanggan ternyata sampai di tujuan dalam keadaan rusak atau tidak utuh maka yang akan di komplain oleh pelanggan adalah pengirim/penjual nya. Jasa pengiriman barang yang baik biasanya tahu barang apa yang akan dikirimkan jadi mereka tidak asal lempar atau banting untuk menghindari kerusakan pada barang yang akan dikirimkan.

Semoga membantu pebisnis online dalam memilih ekspedisi yang akan digunakan.

Sumber

Baca juga:

Tips Memilih Jasa Pengiriman untuk Bisnis Online

RajaOngkir, Cek Ongkos Kirim Kapan Saja dan Dimana Saja

10 Tips Belanja Online Aman

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *