Running A Business

Belajar Kampanye Iklan Kreatif dari HBO

 

Loading...

Ada satu pandangan yang menarik ketika kita ngobrol soal perusahaan dan iklan di masa kini. Sayangnya, pandangan ini seringkali terlewatkan. Yaitu: “Beriklan bukan cuma sekedar bagaimana menyampaikan pesan ke audiens, namun juga bagaimana agar substansi pesan tersebut tidak mudah dilupakan”.

Anda boleh setuju atau tidak, namun dengan angka belanja iklan di media yang mencapai lebih dari 30 triliun rupiah setiap tahunnya, artinya ada banyak sekali pihak-pihak yang berusaha menjejalkan pesan mereka kepada audiens anda. Padahal pikiran audiens anda sendiri sudah crowded dengan kehidupan sehari-hari mereka.

Jadi, kampanye seperti apa yang efektif bagi audiens saya?

Nah, bicara soal periklanan yang mampu meninggalkan impact yang besar, maka menurut saya HBO bisa jadi salah satu benchmark yang cocok. Mereka memiliki tim marketing yang benar-benar melakukan pekerjaannya dengan baik. Maksud saya, coba kita lihat pada pertengahan tahun 2011 silam. Sebuah air mancur di Rumania diwarnai merah untuk menggambarkan warna darah.

true-blood

Peristiwa ini merupakan selebrasi bagi musim terbaru dari serial “True Blood”. Strategic Advertising seperti ini memiliki banyak keunggulan. Pertama, harganya tidak berarti apa-apa dibanding dampaknya. Mereka yang menyaksikan tidak akan dengan mudah melupakannya. Terutama di era sosial media dimana setiap orang tergila-gila untuk mendokumentasikan setiap hal yang tidak umum bagi mereka. Maka buzz bisa dengan mudah dibangun.

Kampanye serial “True Blood” kemudian mencapai tingkatan berikutnya ketika tahun lalu, HBO memasarkan merek minuman kaleng khusus bagi vampire melalui baliho-baliho raksasa (minuman ini tentu saja hanya rekaan).

true-blood-2

Selain “True Blood”, buzz terbaru yang diciptakan HBO adalah “Game of Throne”. Tema iklan untuk pemutaran perdana musim terbaru dari serial populer ini adalah sebuah bayangan naga yang misterius. Pertama, bayangan naga disebar di setiap poster dan spread majalah.

game-of-throne-1

Kemudian, bayangan naga ini menimbulkan kehebohan ketika ia mendominasi New York Times.

game-of-throne-2

Tidak berhenti di situ saja. Bayangan naga ini muncul pula pada bangunan-bangunan seperti HBO Building di LA.

game-of-throne-3

Bayangan naga ini juga menyebar di bus-bus dan billboard. Semua dengan gambar yang sama. Konsistensi dan kesederhanaan inilah yang menjadi kekuatan utama dari kecerdasan kampanye serial “Game of Throne”. Buktinya, saat ini kita di Indonesia pun sedang membicarakannya. HBO menguatkan bahwa untuk mencapai audiens, advertising tidak harus ada di TV, radio, internet, smartphone anda. Bisa pula di sekeliling audiens.

Kaleng Berbagi Coca – Cola

Satu lagi strategi kampanye marketing yang cerdas (lebih luas dari advertising) yang pantas disebutkan adalah kaleng berbagi coca – cola. Cari tahu kenapa, di sini:

http://youtu.be/72fRuE8vmo0

Jadi, bagaimana menurut anda? :-)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *