Running A Business

Biarkan Pelanggan Berkata “WOW” saat Promosi Word of Mouth Bisnis Anda

 
  • 1
    Share

   

Sampai saat ini promosi terbaik adalah saat pelanggan Anda menceritakan dan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain. Ini dinilai jauh lebih efektif dan memberikan hasil yang nyata daripada kita memcetak banyak brosur dan media promosi lainnya. Word of Mouth masih menjadi pilihan promosi beberapa bisnis. Saat Anda memiliki brand ambasador untuk bisnis Anda, merekalah yang akan menjadi penghubung antara calon pelanggan dan brand Anda. Tapi sebelumnya, perlu kita perhatikan apa saja yang membuat pelanggan kita mau melakukan “Word of Mouth” kepada orang lain? Apakah mereka tertarik atau menginginkan sesuatu dari bisnis kita? Atau memang karena mereka merasa puas dengan bisnis kita? Sebelum mengharapkan mereka melakukan promosi tersebut, pastikan pelanggan Anda benar – benar merasa WOW dengan apa yang Anda berikan.

1. Sample gratis

Siapa yang tidak suka jika diiming – imingi atau diberi sebuah produk secara gratis? Ini adalah hal yang sulit ditolah oleh pelanggan Anda. Namun untuk permulaan dan branding bisnis Anda, Anda tidak perlu memberikan produk secara gratis, berikan saja sample produk secara gratis. Gunakan cara ini untuk menarik pelanggan dan mencoba produk sample produk Anda sebelum mereka membelinya. Ketika mereka menyukai sample tersebut dan puas setelah membelinya, mereka akan secara otomatis merekomendasikan kepada teman, keluarga dan orang lainnya.

2. Partnership

Membangun sebuah partnership atau kemitraan adalah cara terbaik untuk membangun bisnis kecil Anda. Contohnya, ketika Anda membangun bisnis bidang kuliner, Anda bisa membangun kemitraan bersama perusahaan yang menyediakan bahan baku yang Anda butuhkan. Carilah mitra yang sudah memiliki pasar yang luas dan memiliki market yang besar. Ini akan memudahkan Anda direkomendasikan oleh mereka, terlebih kepada pelanggan mereka. Ketika pelanggan mitra Anda sudah banyak dan telah membentuk kepercayaan pada produk mereka, tidak menutup kemungkinan pelanggan tersebut juga akan percaya terhadap bisnis yang Anda dirikan.

3. Memberi lebih

Salah satu yang diinginkan pelanggan adalah produk dan pelayanan terbaik. Ini yang bisa Anda jadikan cara mencari pelanggan lebih banyak dari sebelumnya. Jika pelanggan Anda mengharapkan barang yang mereka beli akan datang selama 7 hari, maka Anda bisa memberikan barang tersebut dalam kurun waktu 3 hari. Ini tentu akan sangat mengejutkan dan langsung menjadi pengalaman berkesan bagi mereka. Pelayanan terbaik yang Anda berikan, dapat menjadi rekomendasi tersendiri bagi mereka. Word of Mouth akan seketika bekerja saat mereka merasa puas.

Anda bisa membangun ide – ide unik yang bisa membuat pelanggan merasa “WOW” setelah mereka mengenal dan menggunakan bisnis Anda sebagai solusi permasalahan mereka.

4. Mintalah testimonial

Saat pelanggan puas mereka bukan hanya merekomendasikan kepada orang lain, tapi kepuasan mereka juga akan disampaikan kepada kita sebagai pemilik bisnis melalui komentar atau testimonial. Testimonial inilah yang bisa menjadi senjata ampuh bagi Anda dalam menarik perhatian calon pelanggan Anda. Ini juga termasuk Word of Mouth yang dinilai paling efektif. Pendapat pelanggan yang puas, meskipun hanya disampaikan melalui media online, akan membawa pengaruh bagi calon pelanggan Anda yang melihatnya.

5. Berbagi cerita pelanggan

Jika menurut Anda postingan testimonial saja tidak cukup sebagai teknik promosi Word of Mouth, Anda bisa menggunakan cerita pelanggan Anda sebagai teknik promosi lainnya. Jika biasanya testimonial hanya ucapan terimakasih dan perasaan senang terhadap barang yang mereka terima, maka cerita yang akan Anda angkat ke publik lebih kepada pengalaman pelanggan yang telah menggunakan bisnis Anda sebagai pemecah masalah mereka. Anda bisa melakukan interview kepada beberapa pelanggan yang telah memberikan testimonial terbaiknya. Ajak mereka untuk mau berbagi kisah dan pengalaman menggunakan bisnis Anda.

Hasil wawancara dapat Anda posting dalam bentuk artikel ataupun video. Potingan ini yang akan menjadi Word of Mouth bagi calon pelanggan Anda.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

Pemasaran Digital untuk Mendukung Strategi Pemasaran

8 Tips Promosi Bisnis Anda di Sosial Media

Mengulas Kolaborasi Promosi Word of Mouth dan Foto Produk untuk Kesuksesan Toko Online

                              
Loading...

  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *