Business Says Headline Tips Bisnis

Bisnis Hampir Bangkrut? Begini Cara Mengatasinya

 

Loading...

Bisnis Hampir Bangkrut – Bisnis milik Anda hampir bangkrut? Tenang, tentunya masih bisa diselamatkan! Simak berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan bisnis, dalam artikel berikut ini.

Mengalami situasi bisnis hampir bangkrut? Wajar, kok!

Mengelola bisnis memang bukanlah hal yang mudah. Anda tentunya akan mengalami naik-turun. Tak jarang, Anda akan menemukan krisis yang bisa membuat nyawa bisnis jadi kritis.

Anda perlu menyadari bahwa jatuh-bangun merupakan hal yang wajar ketika membangun bisnis. Dengan demikian, Anda tidak terlalu larut memikirkan masalahnya, namun fokus mencari solusi.

Lantas, solusi apakah yang bisa digunakan untuk mengatasi bisnis yang hampir saja bangkrut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Tentukan lagi prioritas Anda

Sebelum melakukan aksi, pastikan bahwa Anda telah menentukan apa yang ingin dicapai oleh bisnis saat ini. Dengan demikian, Anda jadi lebih mudah dalam menyusun strategi.

Penting juga untuk mempertimbangkan pendapat dari para karyawan. Mereka bisa memberikan informasi yang berharga untuk menyusun strategi, lho.

2. Memperhatikan seluruh pihak yang terlibat

Ada berbagai pihak yang terlibat dalam bisnis, mulai dari tenaga sales, staf operasional, desainer, supplier atau pemasok, pemegang saham, dan lain-lain. Anda perlu mengevaluasi kembali, apakah dalam menjalankan bisnis, semuanya berjalan sesuai dengan keingan dan kebutuhan semua pihak? Atau jangan-jangan, Anda terlalu memaksakan kehendak?

Ketika Anda terlalu memaksakan kehendak, Anda bisa kehilangan dukungan pihak-pihak tersebut. Perhatikan kemauan dan kepentingan mereka. Bisnis yang efektif adalah ketika semua orang merasa terlibat dengan baik di dalamnya.

3. Berdayakan karyawan

Karyawan adalah aset Anda. Peranan mereka sangat penting bagi keberlangsungan bisnis. Oleh karenanya, buat karyawan jadi lebih berdaya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya:

  • Bekali karyawan dengan informasi dan pelatihan sesuai kebutuhan.
  • Kenali dengan baik kompetisi setiap karyawan. Dengan demikian, Anda bisa memilih orang yang tepat untuk mengerjakan suatu tugas.
  • Berilah kesempatan bagi karyawan untuk mengutarakan pendapat.
  • Berilah penghargaan untuk karyawan yang telah melakukan tugas dengan baik.

4. Jangan kerjakan sendiri!

Jangan pikul beban itu sendirian. Delegasikanlah beberapa tugas, agar Anda bisa fokus mengerjakan hal-hal penting lainnya. Selain itu, dengan mendelegasikan tugas, karyawan bisa belajar untuk mengenali serta mengatasi penyebab dari permasalahan yang ada.

Ada beberapa catatan penting yang perlu Anda perhatikan dalam mendelegasikan tugas.

  • Berikan informasi yang cukup untuk membuat keputusan dan merumuskan gagasan. Selain itu, beri karyawan keleluasaan untuk melakukannya!
  • Ubah ide-ide karyawan menjadi ide-ide yang cocok dengan kebutuhan bisnis dan pelanggan.
  • Ketika kelak menemui konflik, hadapi dan jangan tinggalkan.

5. Upayakan membuat reputasi baik

Tentunya, Anda ingin perusahaan Anda dipandang baik oleh orang-orang. Hal tersebut dapat dicapai dengan memfokuskan kepada etika dan kualitas bisnis. Apakah bisnis dijalankan sesuai dengan etika? Apakah kualitas produk atau jasa sudah memuaskan?

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun reputasi perusahaan, di antaranya:

  • Selalu berpikir efek jangka panjang untuk berbagai tindakan yang diambil. Jangan sampai gegabah mengambil tindakan yang kurang bijak.
  • Usahakan untuk tanggung jawab akan segala hal.
  • Tidak hanya memikirkan kepentingan bisnis saja, pikirkan juga dampaknya untuk komunitas di sekitar dan lingkungan. Pikirkan hal yang bermanfaat untuk semuanya.

6. Segera ambil tindakan, cobalah untuk bertahan!

Perubahan tak akan terjadi sampai kita melakukan tindakan. Mulailah sesuatu, serta cobalah untuk bertahan.

Selain melakukan hal-hal di atas, Anda juga harus selalu bersemangat. Bersabarlah, hal-hal baik tidak datang secara instan.

Mengelola bisnis memang bukan hal yang mudah, oleh karenanya Anda perlu terus belajar dan pantang menyerah. Simak berbagai referensi untuk mengelola bisnis hanya di Mebiso. Selamat berbisnis, semoga sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/36348

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *