Start A Business

9 Ide Bisnis Musiman Bulan Ramadan yang Menjanjikan

 

Bisnis Musiman Bulan Ramadan – Menjelang bulan Ramadan yang akan tiba beberapa minggu lagi, mulai memicu semangat pebisnis untuk menjajal sejumlah peluang usaha. Kebiasaan ini tak heran memunculkan adanya fenomena bisnis musiman bulan Ramadan setiap tahunnya.

Di bulan penuh berkah ini, bisnis yang tadinya biasa–biasa saja bisa mendapatkan pendapatan atau profit yang jauh lebih tinggi dibanding bulan biasa. Lantas, apa saja kira – kira peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan saat bulan Ramadan ini? Ini ulasannya!

Masakan rumahan frozen berpeluang bagus sebagai bisnis musiman bulan Ramadan

Berjualan produk makanan beku siap saji memiliki nilai plus. Selain bisa keuntungannya yang mudah dimanfaatkan sebagai lauk untuk sahur atau berbuka puasa, makanan beku lebih tahan lama sehingga tidak merugikan Anda jika produk tidak langsung hais terjual semuanya.

Pilih jenis masakan yang bisa disajikan secara cepat, mudah diolah, tapi sesuai lidah masyarakat Indonesia. Dengan demikian, orang-orang pun bisa mengonsuminya dengan lebih praktis dan kemungkinan repurchase akan meningkat.

Pakaian muslim selalu menjadi bisnis musiman bulan Ramadan terlaris

Peluang bisnis yang cocok untuk melengkapi kebutuhan dalam menjalankan ibadah puasa adalah pakaian muslim. Sebelum Ramadan saja bisnis ini sangat menjanjikan, apalagi saat bisnis ini dijalankan pada saat bulan Ramadhan. Oleh karenanya, Anda bisa mencoba peluang bisnis ini dengan menyajikan berbagai koleksi variatif yang diperuntukkan untuk berbagai usia, ukuran, dan selera desain.

Alat ibadah versi new normal

bisnis musiman alat ibadah
Gabby di Pexels

Sejak pandemi, sebagian rumah ibadah membatasi penggunaan alat ibadah yang diperuntukkan secara umum. Setiap jemaat dianjurkan untuk membawa alat ibadah pribadi guna mencegah penularan virus Covid-19.

Anda bisa menjadikan hal ini sebagai peluang usaha, khususnya di bulan puasa. Bahkan Anda bisa mencoba tak sembarang alat ibadah, coba tawarkan produk alat ibadah yang tak hanya praktis melainkan juga mudah dicuci dan lebih higienis. Sehingga, masyarakat lebih merasa nyaman dan aman saat menggunakan produk Anda.

Alat kesehatan juga mulai jadi bisnis musiman bulan Ramadan, lho!

Berbagai alat kesehatan seperti masker kesehatan, alat pelindung diri (APD), serta hand sanitizer memang menjadi kebutuhan pokok bahkan di luar bulan puasa. Namun, kebutuhan ini cenderung meningkat karena aktivitas ibadah masyarakat muslim yang lebih padat selama bulan puasa. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan menjual produk alat kesehatan.

Anda juga bisa mencoba peluang usaha produk suplemen kesehatan

Sebelum pandemi saja masyarakat muslim membutuhkan ekstra tenaga untuk beraktivitas, apalagi di tengah pandemi yang rentan dengan virus berbahaya. Suplemen kesehatan bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis dalam menjaga daya tahan tubuh.

Anda juga bisa memanfaatkan minuman kesehatan alami dari rempah-rempah yang dipercaya berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain Anda bisa berjualan minuman rempah instan, Anda juga bisa berjualan bahan rempah-rempah untuk membuat minuman. Menarik, bukan?

Bahan mentah makanan bisa berpeluang menjadi bisnis musiman bulan Ramadan juga

bahan mentah untuk memasak di bulan ramadan
Gabby di Pexels

Sebagian orang lebih memilih memasak makanan sendiri untuk kebutuhan berbuka dan sahur. Namun, tak jarang mereka merasa enggan membeli bahan-bahan mentah di pasar atau supermarket secara langsung, karena enggan menghadapi kerumunan di tempat tersebut.

Manfaatkan hal ini dengan menjual bahan-bahan mentah untuk memasak. Anda bisa menawarkan variasi produk mulai dari bumbu, rempah, daging, unggas, sayuran, dan buah-buahan. Selain itu, akan lebih baik lagi jika Anda menawarkan jasa antar sekaligus. Sehingga, calon pelanggan akan berpeluang menjadi pelanggan tetap Anda.

Katering harian khusus bulan Ramadan

Jika ada orang yang rajin memasak tapi enggan ke pasar, nyatanya ada pula orang yang enggan atau tidak bisa melakukan keduanya. Hal ini bisa Anda jadikan peluang untuk membuka usaha katering harian.

Anda bisa membuka usaha katering harian yang menawarkan menu untuk berbuka dan sahur sekaligus. Cobalah variasikan menunya setiap minggu supaya pelanggan tidak bosan dengan menu katering Anda.

Bingkisan spesial bulan Ramadan sekaligus menyambut lebaran

Parcel memang disediakan sebagai bingkisan di hari raya Idul Fitri bagi orang terdekat. Namun, tak jarang sebagian orang memberikan parcel bahkan jauh hari sebelum hari lebaran.

Anda pun bisa memenfaatkan peluang ini dari sekarang. Mulai dari bingkisan berisi alat ibadah, sembako, makanan ringan hingga kebutuhan rumah tangga seperti seperangkat cangkir. Selain itu, Anda juga bisa sekaligus menawarkan variasi prroduk lainnya berupa kue khas lebaran untuk meningkatkan peluang keuntungan.

Bisnis musiman bulan Ramadan tak melewatkan jasa penitipan hewan peliharaan

Jangan remehkan peluang bisnis penitipan hewan peliharaan. Meskipun di tengah pandemi masyarakat masih dianjurkan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, nyatanya masih ada sebagian orang yang merasa kesusahan merawat hewan peliharaan. Apalagi di tengah bulan Ramadan yang padat dengan aktivitas ibadah.

Berbagai fasilitas bisa Anda sesuaikan dengan modal Anda. Namun demikian, pastikan Anda sudah benar-benar paham apa kebutuhan dan kewajiban yang harus dipenuhi dalam membuka usaha penitipan dan perawatan hewan peliharaan.

Itulah berbagai rekomendasi ide bisnis di bulan Ramadan. Bagaimana? Manakah yang membuat Anda tertarik untuk mencobanya?
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *