Start A Business Tips Bisnis

10 Bisnis Rumahan Mudah dengan Modal Kecil: Relevan di Tahun 2020!

 

Loading...

Ingin membuka bisnis rumahan di tahun 2020 namun bingung ingin memilih bisnis seperti apa? Tenang saja, artikel Mebiso kali ini akan memberi inspirasi mengenai bisnis rumahan mudah yang bisa Anda mulai dengan modal yang kecil.

Di tahun 2020 dimana pandemi sedang mewabah, kita dianjurkan untuk menjaga jarak dan melakukan karantina mandiri di rumah. Namun yang namanya manusia, tetap saja membutuhkan pemasukan untuk menyambung hidup.

Berikut ini adalah ide bisnis rumahan yang bisa Anda lakukan secara online sehingga cocok dijadikan peluang bisnis di tahun 2020. Yuk, simak apa saja referensi bisnisnya!

bisnis rumahan mudah
Sumber: https://unsplash.com/

1. Bisnis waralaba makanan atau minuman

Bisnis makanan dan minuman tidak pernah mati karena merupakan kebutuhan pokok manusia. Anda bisa pilih bisnis waralaba yang sudah memiliki nama dan pelanggan yang besar untuk dijadikan bisnis rumahan mudah.

Pastikan untuk lakukan analisa pasar terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan waralaba. Siapkan pula strategi promosi secara online.

2. Laundry pakaian atau sepatu

Bisnis laundry juga merupakan bisnis yang tidak pernah sepi pelanggan karena pasti dibutuhkan orang banyak. Apalagi jika Anda berlokasi di daerah sekitar kampus atau daerah pemukiman yang sibuk.

Orang sibuk biasanya tidak punya waktu banyak untuk mencuci baju atau sepatu, namun punya uang yang cukup untuk membayar jasa laundry. Manfaatkan hal ini untuk dijadikan bisnis rumahan.

3. Wedding organizer

Adanya wedding organizer dapat membuat sebuah acara pernikahan berjalan dengan lancar dan sempurna. Semua pasangan yang ingin menikah pasti menginginkan hal itu.

Itu sebabnya kemampuan management seorang wedding organizer sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan pernikahan agar seciamik mungkin.

Meskipun telah banyak bisnis wedding organizer yang muncul dewasa ini, namun kreativitas merupakan hal utama yang bisa Anda pasarkan agar bisa kebanjiran klien.

4. Jual makanan ringan atau minuman kemasan

Musim pandemi seperti yang sedang terjadi di tahun 2020 ini menyebabkan kita lebih banyak tinggal di rumah. Usaha makanan dan minuman dalam kemasan bisa jadi ide berbisnis dari rumah yang menguntungkan, lho.

Contohnya saja Anda berbisnis cemilan homemade, dessert box, atau kopi kekinian versi 1 liter yang sedang ramai dan banyak yang cari akhir-akhir ini.

5. Katering harian

Menyediakan menu katering harian juga membuahkan untung yang besar. Jika Anda memiliki hobi masak dan mencoba resep-resep baru, ide bisnis rumahan mudah ini cocok untuk Anda.

Manfaatkan media sosial sebagai wadah untuk promosi, Anda juga bisa tawarkan jasa delivery pada pelanggan agar pelanggan tidak perlu keluar rumah untuk memesan makanan.

6. Pembuatan website

Peralihan bisnis menjadi go online bisa dikatakan menjadi pilihan yang tepat di era digital, terlebih lagi di masa pandemi dimana semuanya lebih mudah jika bisa diakses melalui internet.

Apabila Anda seorang web developer, membuat jasa pembuatan website bisa Anda jadikan peluang meraup pundi-pundi rupiah. Tanpa perlu menggunakan modal yang banyak, keuntungan yang diraih juga cukup besar.

7. Desainer grafis atau penulis lepas

Jika kamu adalah seorang mahasiswa yang butuh uang jajan tambahan, ide bisnis ini bisa kamu jadikan referensi. Apalagi jika kamu memiliki skill desain atau menulis, kamu tinggal tawarkan diri menjadi desainer grafis atau penulis lepas.

Jangan salah sangka, saat ini kedua profesi tersebut sedang banyak dicari. Entah itu diperlukan untuk pembuatan logo, poster, brosur, menulis artikel website, atau artikel majalah. Jadi, gunakan keahlianmu dalam mendesain dan menulis sebagai alat untuk menghasilkan pendapatan.

8. Penyewaan perlengkapan bayi

Bukan rahasia umum bahwa perlengkapan bayi memiliki harga yang tidak terjangkau, padahal pemakaiannya tidak lama. Ujung-ujungnya perlengkapan bayi hanya tergeletak di rumah tanpa dipakai lagi.

Daripada nganggur dan tidak terpakai, Anda bisa jadikan perlengkapan bayi sebagai barang investasi yang Anda sewakan. Bisnis seperti ini terkesan sederhana, namun sebenarnya membantu banyak pihak.

9. Tailor

Punya keahlian menjahit? Anda bisa gunakan kemampuan menjahit Anda sebagai modal bisnis menjahit pakaian.

Sama halnya dengan makanan dan minuman, industri fashion merupakan salah satu bidang yang pergerakannya cepat dan tidak ada matinya. Jadikan hal ini peluang untuk mengantongi pundi-pundi rupiah!

10. Bisnis jualan e-book

Satu lagi bisnis rumahan mudah yang bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan di tengah pandemi, yaitu berjualan e-book.

Dewasa ini orang-orang mulai beralih mengkonsumsi buku digital yang lebih praktis diakses kapan saja. Selain mudah dicari di e-commerce, buku virtual juga lebih ramah lingkungan karena itu berarti seseorang tidak perlu membeli buku dalam bentuk fisik.

Peralihan ini didukung dengan kemunculan device baca yang terkenal bernama Kindle.

Itu dia 10 ide bisnis rumahan yang bisa Anda jadikan inspirasi pekerjaan sampingan. Ingin tahu tips bisnis lainnya? Kunjungi website Mebiso untuk tahu lebih banyak. Semoga artikel ini membantu!

Loading...

1 komentar

  • ucup
    18 November 2020 - pukul 9:14

    wedding organizer? kagak salah?

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *