Technology

Cara Cepat Download File Pribadi Anda dengan Google Takeout

 

Loading...

Mengunduh data-data yang pernah diunggah / disimpan pada produk Google seperti Google+, Google Docs, Google Buzz, Picasa, dll mungkin tidak pernah terpikirkan. Apalagi jika Anda telah menggunakan jasa Google selama bertahun-tahun. Begitu banyaknya data yang pernah kita unggah menjadikan kegiatan mengunduh data satu-persatu merupakan perkara yang tidak gampang. Melihat permasalahan tersebut, Google menghadirkan produk yang bernama Google Takeout. Fungsinya untuk mengunduh data-data yang pernah kita unggah di semua produk Google sekaligus. Berikut ini bagaimana menggunakan Google Takeout:

1. Akses http://google.com/takeout lalu login dengan informasi akun Google Anda.

2. Selanjutnya akan tampil halaman seperti pada gambar:

3. Ada 2 pilihan dalam mengambil data. Yaitu Download data dari semua produk Google sekaligus dan Download data dari produk Google tertentu.

4. Untuk Download data dari semua produk Google, klik “Create Archive” agar Google mempersiapkan data-data Anda. Kemudian akan muncul halaman berikut:

Anda tinggal klik tombol “Download” untuk takeout (bawa pulang) data-data Anda.

5. Sedangkan pilihan berikutnya adalah download data dari produk tertentu. Caranya:

  • Pilih tab “Choose Services” sehingga muncul halaman sebagai berikut

  • Selanjutnya pilih produk Google mana yang akan diambil datanya. Ketika Anda mengklik pilihan Anda, Google Takeout akan menampilkan tampilan semacam digital card yang berisi ukuran total data Anda. Misalnya jika memilih Google Docs. Tampilannya muncul sebagai berikut:

  • Anda juga diberi pilihan untuk menentukan format file yang akan diunduh. Klik saja “Configure…”

  • Selanjutnya klik tombol “Create Archive” sehingga muncul halaman download. Anda tinggal klik “Download” saja untuk menyimpan data ke komputer Anda

 

6. Data yang disimpan di komputer anda masih berupa file ZIP. Anda perlu mengekstraknya untuk melihat isinya. Selamat mencoba..

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *