Technology

Cara Mendeteksi Script Jahat pada Website Anda Sebelum Diupload

 

Sebagai programmer dan webmaster, tentunya Anda tidak ingin jika website Anda diacak – acak oleh hacker. Dan untuk meningkatkan kualitas keamanan website Anda, salah satu hal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan terhadap file – file website sebelum diupload ke hosting atau server.

Untuk melakukan pengecekan script website sebelum di upload, terdapat banyak sekali teknik yang bisa dilakukan. Salah satu teknik yang cukup mudah dilakukan, yaitu dengan menggunakan software bernama CodeXploiter V 1.0.

Untuk mengoperasikannya cukup mudah, langkah awalnya adalah silahkan Anda download software freeware ini di link berikut : www.scorpionds.com/downloads/6. Setelah mendownload, silahkan di install terlebih dahulu hingga selesai dan software sudah siap digunakan.

Untuk memulai melakukan scanning file website Anda, silahkan buka program tersebut dan klik tombol “load file”. Kemudian pilih file yang akan discan, setelah selesai, klik tombol scan. Anda juga dapat memasukkan beberapa file sekaligus untuk discan seperti pada contoh gambar berikut :

scanning

Untuk dapat menggunakan software ini tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi. Sebab software ini dirancang sangat ringan dan mudah digunakan. Namun sayangnya software ini hanya bisa berjalan pada windows saja, mulai dari Windows 2000 SP4, hingga windows 8.

Selain dapat mencari celah pada calon website Anda, software ini juga memiliki keunggulan, diantaranya adalah :

  1. Mendeteksi script berbahaya seperti SQL Injection, Cross Site Scripting (XSS), Remote/Local File Inclusion, PHP Code Execution, Command Execution, File Access dan File Upload
  2. Searches for vulnerabilities in user-defined functions
  3. Customizable scan options
  4. Vulnerabilities are grouped based on file names and vulnerability type
  5. Scan single or multiple files
  6. Fast scanner
  7. Easy to use and user-friendly Graphical User Interface (GUI)

Untuk informasi lebih detailnya, Anda bisa mengunjungi website resmi dari software tersebut di www.scorpionds.com/products/CodeXploiter/2/. Begitulah tips yang bisa kami berikan untuk membantu Anda memastikan bahwa file – file website Anda sudah siap untuk diupload.

Good Luck :-)


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *