Keuangan Tips Bisnis

Cara Mengatur Keuangan Agar Sejahtera Secara Finansial

 

Loading...

Cara Mengatur Keuangan – Agar lebih sejahtera secara finansial, hanya menabung di bank tidak cukup. Anda perlu melakukan cara-cara untuk mengatur keuangan lainnya selain menabung. Apa sajakah cara yang bisa dilakukan?

Tabungan saja tidak cukup

Memiliki tabungan di bank saja belum cukup untuk meningkatkan kesejahteraan finansial Anda. Anda mungkin bisa menyimpan uang Anda, tapi menabung tidak akan meningkatkan jumlah uang Anda.

Salah satu ancaman bagi tabungan adalah adanya inflasi atau kenaikan harga. Ketika inflasi terjadi, nilai uang menjadi turun. Tabungan Anda pun bisa jadi berkurang.

Bukan berarti, Anda tidak dianjurkan untuk menabung di bank. Namun, alangkah baiknya jika Anda tidak hanya memiliki tabungan untuk menjaga aset.

Tanamkan mindset ini untuk menerapkan cara mengatur keuangan yang tepat

Bagaimana agar kita bisa mengatur keuangan dimulai sejak dari mindset atau pemikiran. Selama ini, kita akrab dengan pemikiran bahwa lebih baik menabung uang daripada menghabiskannya untuk suatu hal. Uang adalah sesuatu yang harus dihemat, tidak boleh asal dihamburkan.

Pemikiran ini tidak sepenuhnya salah, namun juga tidak sepenuhnya benar. Menjaga uang yang kita miliki bukan dengan hanya menabung dan menghemat sebisa mungkin. Uang bukan hanya untuk disimpan.

Agar lebih sejahtera secara finansial, gunakan uang untuk hal-hal yang dibutuhkan dan investasikanlah uang tersebut. Dengan berinvestasi, Anda pun bisa menambah pundi-pundi uang.

Ada berbagai jenis investasi yang bisa Anda lakukan, mulai dari saham, obligasi, reksadana, logam mulia, dan lain-lain. Masing-masing investasi memiliki nilai plus dan risikonya masing-masing. Pelajari dan lakukan investasi dengan hati-hati.

Selain berinvestasi, ada cara-cara lain untuk mengatur keuangan, tentunya tak boleh ketinggalan untuk diterapkan. Inilah di antaranya:

Buat target yang ingin dicapai

Hal paling penting adalah menentukan target finansial. Buatlah target sejelas dan se-spesifik mungkin. Dengan membuat target yang jelas, Anda pun akan semakin mudah menyusun rencana tindakan.

Memaksimalkan pendapatan

Tingkatkan pendapatan Anda. Asah skill agar Anda digaji lebih mahal jika Anda merupakan seorang karyawan. Fokus untuk meningkatkan profit jika Anda merupakan seorang pebisnis. Tambah sumber pemasukan lainnya, jangan hanya mengandalkan satu sumber saja.

Hati-hati dalam meminjam uang

Sebisa mungkin, hindari meminjam uang. Boleh saja meminjam uang, namun akan lebih baik jika hanya menggunakannya sebagai modal untuk meningkatkan pendapatan, misalnya untuk modal bisnis baru. Ingat, Anda harus bertanggung jawab dengan pinjaman yang Anda miliki.

Diskusikan dengan keluarga

Hal ini penting bagi Anda yang tinggal bersama keluarga. Pastikan bahwa rencana-rencana finansial yang akan dijalankan telah didiskusikan dengan pasangan atau orangtua.

Masalah keuangan memang cukup sensitif. Jangan sampai, ada perbedaan pendapat yang kemudian menjadi duri dalam keharmonisan keluarga Anda.

Nah, itulah cara-cara untuk meningkatkan kesejahteraan finansial yang bisa Anda lakukan. Simak berbagai artikel menarik seputar keuangan dan bisnis hanya di Mebiso. Jangan pantang menyerah dalam berusaha, semoga Anda bisa mewujudkan segala cita-cita!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/320655

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *