Running A Business

Cara Supaya Berhasil Berkolaborasi dengan Mitra Bisnis yang Lebih Besar

 

Loading...

Sebuah bisnis tidak akan berhasil jika ia memutuskan untuk berdiri sendiri tanpa menjalin hubungan dengan bisnis lain. Ini yang sering dinamakan hubungan relasi atau koalisi dengan bisnis yang lain. Sebuah bisnis tentu saja akan membutuhkan bantuan dari bisnis lain baik yang lebih besar atau lebih kecil dari yang mereka miliki. Namun semua itu memang akan terjadi, sehingga sebuah bisnis harus tahu bagaimana cara menjalin suatu hubungan atau relasi dengan mitra bisnis mereka. Dan berikut ini adalah 3 cara yang bisa kita gunakan:

1. Menunjukkan nilai bisnis Anda

Untuk bergabung dan menjalin kerjasama dengan bisnis yang lebih besar dari kita, kita harus mampu menunjukkan nilai bisnis yang kita miliki. Ini bukan karena ingin pamer, tapi lebih kepada menunjukkan kualitas bisnis kita dan menunjukkan jika bisnis kita benar – benar layak untuk berkolaborasi dengan bisnis yang lebih besar.

2. Bersabar dan bersikap fleksibel

Jangan terlalu terburu – buru mencari perhatian dari mitra bisnis Anda. Suatu hubungan yang besar tidak akan terjalin dengan mudah, maka kita harus bersabar dan bersikap fleksibel. Hal ini penting untuk menjadi fleksibel, yaitu dengan mengidentifikasi cara bekerja pada struktur organisasi mitra bisnis Anda. Ini lebih baik daripada meminta mereka untuk mengerti dan mengikuti cara bekerja Anda.

3. Buatlah sistem 60/40

Jika Anda ingin berhasil pada setiap usaha kolaborasi dengan mitra bisnis yang lebih besar, maka yang Anda butuhkan adalah 60% waktu untuk berusaha dan 40% untuk meminta mereka membalas upaya Anda. Aturan 60/40 membuat beberapa orang mengatakan bahwa cara ini efektif memiliki pandangan yang lebih realistis dalam menjalin suatu relasi dengan mitra bisnis.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

10 Hal yang Harus Dilakukan oleh Seorang Pemimpin

7 Pelajaran Hidup dari Sebuah Perjalanan Wirausaha

10 Tips Menulis Subject Email Penawaran Agar Dibaca oleh Calon Pelanggan Anda

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *