Technology

Cari Tahu Bagaimana Mendaftarkan Ekstensi Domain .Anything

 

   

ICANN sebagai regulator domain dunia sejak 2011 lalu telah menyetujui usulan TLD (Top Level Domain) khusus untuk merk dan organisasi (ekstensi domain .anything). Artinya industri punya kesempatan untuk mendaftarkan brand sebagai TLD baru. Maka jangan kaget bila nanti anda mendapati kalau di internet sudah beredar ekstensi domain baru seperti .apple, .fb, dan .google yang setara dengan .com, dan .net.

Namun sayangnya proses pendaftaran TLD sendiri saat ini masih sangat rumit. Setidaknya ada 349 halaman pada draft “gTLD Applicant Guidebook” yang dirilis ICANN. Versi PDF nya bisa didownload di sini: http://ow.ly/a4b5K. Dari 349 halaman tersebut, kami telah menggarisbawahi beberapa poin yang penting mengenai bagaimana proses pendaftaran TLD baru, berapa biayanya, dan beberapa fakta-fakta yang mungkin perlu anda ketahui mengenai pendaftaran TLD baru:

1. Setiap tahun akan diterbitkan 1000 TLD baru
ICANN memperkirakan sekitar 300-1000 TLD baru akan diterbitkan setiap tahunnya melalui program ini. Namun jumlah ini masih merupakan estimasi formulir pendaftaran yang sanggup diproses ICANN. ICANN membatasi pendaftaran gelombang pertama hingga 500 formulir aplikasi saja. Kemudian nanti disusul gelombang berikutnya yang akan dibatasi hingga 400 saja.

2. Periode pendaftaran TLD gelombang pertama berakhir kemarin
Pengajuan pendaftaran TLD baru akan dibuka antara 12 Januari – 12 April 2012. Jangka waktu ini dihitung sebagai gelombang pertama. Periode pendaftaran untuk gelombang berikutnya masih belum diumumkan.

3. Harga registrasi TLD mencapai $185,000
Biaya evaluasi untuk pendaftaran TLD baru adalah $185,000. Berdasarkan draft “gTLD Applicant Guidebook”, anda setidaknya harus menyumbang deposit dulu sejumlah $5,000 ketika pertama kali meminta slot pendaftaran, dan $180,000 sisanya dibayar ketika formulir pendaftaran anda di submit. Biaya ini hanya untuk memulai tahap evaluasi saja.

4. Tahap evaluasi membutuhkan waktu 1 tahun
ICANN memperkirakan proses evaluasinya akan berlangsung selama 9-12 bulan. Meskipun ICANN mengharapkan TLD baru akan muncul pertama kali di tahun ini, sepertinya kita harus menunggu hingga 2013 sebelum bisa menyaksikan TLD yang baru beredar di Internet.

5. Aturan first come first served
Apa jadinya bila ada 2 pihak yang ingin mendaftarkan TLD serupa? Jika user pertama telah menyelesaikan proses sebelum user lain, maka TLD tersebut adalah milik user pertama. Namun jika belum ada pendaftar yang berhasil menyelesaikan prosesnya, ICANN akan memberlakukan sistem poin. Pendaftar yang memenuhi poin kriteria terbanyak, akan memenangkan TLD tersebut. Namun jika keduanya imbang, maka diadakan lelang dengan harga tertinggi sebagai pemenangnya.

6. Trademark jadi bahan pertimbangan utama
Meski user tidak memerlukan hak merek untuk mendaftar TLD baru, proses evaluasi pendaftarannya akan tetap mempertimbangkan hak merek yang sudah ada. ICANN akan menimbang nama yang mungkin sudah di trademark dan berpotensi menimbulkan kebingungan. Pemilik trademark akan diberitahu dan bisa mengajukan banding selama proses evaluasi berlangsung.

7. Berapa biaya mengajukan banding?
Sayangnya kami belum menemukan jawabaannya dalam “gTLD Applicant Guidebook”. Namun setidaknya akan butuh ribuan dollar bagi pemilik trademark untuk menyatakan keberatan, mengajukan mediasi dan persidangan.

8. Anda jadi “registrar” begitu TLD anda disetujui
Setelah hak untuk mengelola TLD diberikan oleh ICANN, pemiliknya akan secara otomatis mendapat role sebagai “registrar” dari TLD tersebut. Artinya, si pemilik bebas menunjuk siapa-siapa saja yang boleh menggunakan TLD-nya. Si pemilik juga bebas menjualbelikan nama domain yang berekstensikan TLD-nya (misalnya: www.abc.xyz).

9. Dampaknya TLD baru bagi kehidupan berinternet anda
20 tahun yang lalu, nama domain masih belum jadi hal yang lumrah bagi brand, bisnis UKM, atau personal. Di tahun 1999 anda mungkin pernah beli domain seharga $45. Namun sekarang anda cukup membayar $12 untuk mendapatkan sebuah nama domain berekstensi .com / .net. Jadi dampak dari TLD .anything ini mungkin masih belum akan cepat-cepat terasa. Selain itu, saat ini mungkin TLD baru seperti .google, .apple atau .facebook hanya bisa dimiliki oleh perusahaan besar atau lembaga pemerintahan. Namun seiring dengan waktu, proses ini mungkin bisa berubah jadi lebih murah dan lebih mudah. Sama mudahnya seperti mendaftarkan nama domain berekstensi .com. Sementara mungkin mari kita tunggu saja munculnya TLD komunitas seperti .music, .blog dan .film yang bisa bebas dijualbelikan.


Artikel Terkait

1 komentar

  • 18 July 2012 - pukul 8:51

    Wah kalau gitu makin beragam ya jenis TLD mendatang..
    Moga saja ada yang gratis ni seperti .tk hehehe..

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *