Start A Business

“Do’s and Don’ts” Membuat Kartu Nama untuk Bisnis

 
  • 3
    Shares

Loading...

Kartu nama menjadi bagian yang penting untuk selalu Anda bawa sebagai seorang pebisnis, baik yang sudah lama atau masih terbilang pemain baru. Kartu nama berfungsi sebagai personal branding bagi diri Anda. Selain diri Anda yang akan dikenal oleh banyak orang, bisnis Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk lebih dikenal banyak orang melalui kartu nama yang Anda miliki. Lalu bagaimana membuat kartu nama yang baik untuk sebuah bisnsi? Ini dia hal yang harus dan tidak boleh Anda lakukan saat membuat kartu nama:

1. Menggunakan desain profesional

Desain sebuah kartu nama memang menjadi perhatian utama dalam pembuatannya. Karena kartu nama bisa menjadi salah satu peninggal kesan bagi orang yang Anda kenal dan Anda beri kartu nama Anda. Dengan desain yang menarik dan juga terlihat eksklusif atau profesional, akan ada banyak yang berfikir bahwa Anda adalah orang yang penting karena mampu memperhatikan detail sekecil ini. Namun, ketika desain kartu nama Anda hanya sebatas apa adanya, maka jangan salahkan jika mereka tidak lama akan mengingat Anda.

2. Pertegas tulisan agar mudah dibaca

Desain profesional tidak akan ada gunanya ketika informasi yang disampaikan tidak mampu terbaca dengan baik. Penggunaan jenis huruf, model, font, warna dan style font sangat perlu untuk diperhatikan. Karena melalui kartu nama, akan ada banyak orang yang mengenal Anda lebih dalam hanya melalui tulisan yang sangat terbatas.

3. Memilih tata letak konten dengan bijak

Ukuran kartu nama yang minimalis dan tidak terlalu besar, memaksa Anda harus bijak dalam memilih dan meletakkan konten saat mendesain. Ini yang akan membuat desain kartu nama Anda bisa terlihat profesional atau tidak. Logo dari perusahaan juga perlu Anda perhatikan tata letaknya, ingin Anda letakkan pada sisi mana logo tersebut.

4. Hindari penggunaan warna berlebih

Desain menyangkut juga pada penggunaan warna. Usahakan untuk tidak menggunakan warna berlebih saat mendesain kartu nama. Ini akan mengganggu perhatian dari pembaca. Usahakan untuk lebih mengutamakan kenyamanan dalam membaca informasi yang sangat minim di kartu nama Anda.

5. Cantumkan info kontak lebih banyak

Kartu nama berfungsi untuk memudahkan orang menghubungi dan mencari Anda. Ini sebabnya, Anda disarankan untuk lebih banyak mencantumkan informasi kontak pada kartu nama Anda. Seperti alamat rumah atau kantor, alamat email, nomor telepon/handphone, dan sosial media. Usahakan untuk memaksimalkan space yang ada untuk mencantumkan lebih banyak informasi kontak ini.

6. Sebelum cetak, koreksi terlebih dahulu

Tidak sedikit orang yang menyesal karena terdapat kesalahan pada kartu namanya, padahal kartu nama tersebut sudah selesai di cetak. Ini yang menjadi alasan Anda harus mengoreksi kartu nama tersebut terlebih dahulu, sebelum akhirnya mencetaknya. Karena tidak profesional ketika ada sedikit informasi yang salah dan sudah Anda bagikan ke banyak orang.

7. Jangan pernah pergi tanpa kartu nama

Sebagai seorang karyawan, pemilik bisnis atau pekerja lainnya yang mengharuskan Anda memiliki kartu nama, maka jangan biarkan diri Anda untuk keluar rumah atau kantor tanpa membawa kartu nama. Membawa kartu nama bukan hanya pada saat menghadiri suatu acara bisnis atau acara resmi. Melainkan pada setiap kesempatan. Ini yang akan membantu Anda mampu dikenal banyak orang.

8. Jangan terlalu memaksa memberi kartu nama

Saat sedang mengobrol dengan orang baru, usahakan jangan mendahului untuk memberi kartu nama. Ada yang berkata, saat kita mendahului memberi kartu nama saat sedang mengobrol, akan ada kesan memaksa. Ada baiknya saat suasana sudah mulai tidak banyak pembicaraan atau ketika hendak meninggalkannya, Anda bisa mulai menawarkan kartu nama.

9. Gunakan kartu nama semaksimal mungkin

Kartu nama yang sejatinya untuk lebih mengenalkan diri Anda ke orang banyak dan untuk mendapatkan koneksi sebanyak mungkin, ada baiknya untuk dimaksimalkan. Jangan biarkan orang yang baru Anda kenal meninggalkan Anda tanpa membawa serta kartu nama Anda. Biarkan mereka menghubungi Anda atau sebaliknya. Ini untuk membangun relasi yang lebih banyak dan lebih baik dengan banyak orang baru. Dan bisa dipastikan nantinya akan berpengaruh pada kelangsungan bisnis Anda.

Baca juga:

Loading...

  • 3
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *