Insider

Era Digital dan Percetakan di Surabaya: Apakah Penggunaan Kertas Semakin Ditinggalkan?

 

Loading...

Era Digital dan Percetakan di Surabaya – Kertas menjadi salah satu medium yang sangat penting dalam penyampaian informasi. Bukan sebatas informasi, tapi juga ilmu dan pesan yang ingin disampaikan informan. Seiring berkembangnya zaman, hampir semua medium informasi mengalami transformasi menjadi digital.

Menghilangnya loper koran dan minimnya penggunaan buku tulis menjadi umum dan hal yang wajar kita lihat. Munculnya smartphone dan mudahnya membawa komputer ke manapun; tablet dan laptop, menimbulkan keresahan bagi banyak orang yang masih menggunakan medium kertas sebagai sumber penghasilan.

Memang agak miris, terutama generasi-generasi sebelum kita yang gemar membaca koran dan papan reklame sebagai sumber informasi. Sekitar 2 sampai 3 generasi sebelum kita suka menanyakan koran, dikarenakan tidak menggunakan teknologi informasi seperti smartphone dan laptop, yang paling banter hanya televisi dan radio. Sebagian besar masyarakat sudah menganggap koran memiliki nilai informasi yang ‘mahal’ jika dibandingkan media online yang pendek, tidak komprehensif dan kurang akurat.

Keberadaan percetakan memang belum hilang, namun, akankah benar-benar hilang? 

Menghindari Pemakaian Kertas Dapat Meningkatkan Gerakan Eco Friendly: Benarkah?

Banyak sekolah dan perguruan tinggi menyatakan bahwa pemakaian kertas tidak baik bagi lingkungan. Dengan adanya perangkat digital, diharapkan akan meningkatkan kampanye dan gerakan eco-friendly– dengan tujuan berkurangnya pemakaian kertas berdampak baik bagi lingkungan sekitar.

Apakah Anda setuju?

Tujuan pemakaian kertas sendiri tidak untuk merusak lingkungan, jika dimanfaatkan dengan seksama malah berdampak baik bagi semua orang. Kebutuhan kertas dan percetakan sangat tinggi di kalangan mahasiswa dan pelajar, serta guru dan dosen.

Apakah pemakaian kertas merusak lingkungan? Tidak. Malah pemakaian kertas yang bijak membuat lingkungan juga selamat, berkat informasi dan ilmu yang didapat dari isi kertas tersebut seperti buku pelajaran dan jurnal penelitian. 

Banyaknya pro dan kontra tentang media percetakan tidak berhenti sampai di situ dengan alasan yang berkembang. “Menulis makalah dan tugas yang harus dicetak membuang kertas, memakan waktu, dan mahal. Hanya sekali pakai kenapa tidak pakai soft copy saja, sih?”

Tentu tidak semua tugas bisa dibiarkan dengan bentuk soft copy. Tidak dapat dipungkiri bahwa hadirnya teknologi mengubah sebagian hidup orang di masyarakat, namun teknologi berbau digital ini malah mendukung percetakan modern. Bagi teman-teman kita di bidang teknik dan arsitektur, percetakan memegang peran penting bagi perolehan nilai atau bahkan mendapat klien untuk usaha jasa dan pengerjaan tugas.

Transisi dari Kertas ke Plastik, Hingga kembali dari Plastik ke Kertas

Di era digital, banyak percetakan yang sudah mengembangkan teknologi mesin cetaknya hingga bermacam-macam dengan harga yang lebih terjangkau untuk semua kalangan. Tidak khawatir dengan kerusakan lingkungan, Anda juga bebas memilih jenis kertasnya. Salah kaprah tentang ‘rusaknya lingkungan’ karena kertas sudah beralih menjadi pemanfaatan kertas sebagai pengganti plastik. Mulai dari penggunaan paper bag, paper straw, hingga paper cup

Sedikit kilas balik, kertas dulunya memang dianggap tidak baik untuk lingkungan, dikarenakan pemakaiannya yang tidak berulang (sekali pakai, buang) dan tidak berfungsi lama. Di Indonesia, kita juga seringkali menganggap sisa kertas mengundang serangga rayap di rumah. Dari situ, manusia menemukan bahan plastik sebagai pengganti kertas agar dapat digunakan 20 hingga 30 kali pemakaian. Sampai pada keadaan buruknya proses limbah plastik dan pencemaran lingkungan, kertas menjadi solusi untuk perbaikan lingkungan hidup. 

Saat ini bahan baku kertas cukup fleksibel, dari ketebalan hingga ketahanannya. Pemanfaatan kertas sudah lebih dari sekedar medium informasi, tapi juga kemasan produk dan medium pendidikan. Tanpa kertas dan percetakan, tidak akan ada perputaran informasi dan ekonomi di dunia. 

Percetakan Indonesia dan Percetakan Surabaya

Fakta menarik dari industri percetakan Surabaya adalah meningkatnya permintaan untuk pencetakan berbagai jenis kebutuhan sejak 2019 lalu. Sehubungan dengan bisnis rumahan, Ketua dari Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia juga menekankan tingginya permintaan cetak untuk packaging supaya kemasan produk rumah tangga lebih menarik.

Kendati berkurangnya perusahaan percetakan saat ini, banyak kebijakan pemerintah yang mengatur macam-macam katalog dan buku dengan konten menggunakan bahasa Indonesia wajib dicetak di Indonesia. Dengan adanya dukungan dari pemerintah dan meningkatnya permintaan dari masyarakat, hal ini juga sangat mendukung upaya kelangsungan industri percetakan Surabaya.

Percetakan di Surabaya cukup bersaing, dengan adanya beberapa universitas dan sekolah terbaik Indonesia. Walaupun banyak dijumpai di sekitaran kampus, cukup sulit untuk menemukan percetakan yang instan dan harus keluar rumah untuk mencari percetakan. Terutama untuk Anda yang tidak memiliki mesin cetak di rumah dan baru menyadari harus mencetak beberapa dokumen di waktu yang tidak tepat seperti malam hari atau mendadak terpikirkan sesuatu yang harus dicetak dalam waktu singkat.

Bagaimana Menemukan Percetakaan yang Terpercaya?

Tentu kita suka membandingkan beberapa hal sebelum memutuskan ke mana kita akan mempercayakan kebutuhan kita. Dalam urusan percetakan, sekarang sudah semakin mudah dan singkat, ditambah lagi adanya teknologi yang difasilitasi dengan internet, membuat komunikasi dalam pelayanan jasa semakin mudah. Jadi, hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih tempat percetakan di Surabaya?

Kebanyakan dari Anda pasti akan langsung membuka browser di ponsel atau laptop dan mencari tempat percetakan atau printing. Pertama-tama, jangan lupa untuk menuliskan lokasi tempat Anda tinggal saat mencari, seperti; percetakan Surabaya. Supaya pada saat hasil pencarian keluar, akan muncul percetakan yang hanya berlokasi di Surabaya. Sayang sekali, kan, kalau sudah memilih yang Anda mau ternyata lokasi berada jauh dari jangkauan?

Setelah menemukan rekomendasi percetakan sesuai dengan lokasi yang Anda inginkan, coba untuk cek terkait pengiriman hasil cetakan. Terutama jika Anda membutuhkan waktu singkat, tidak dapat dijangkau dengan cepat, dan ingin mencetak di waktu kritis. Kiat untuk mengecek pengiriman ini juga penting di tengah pandemi yang membuat Anda berkendala untuk mencari-cari percetakan dan bertemu dengan orang banyak, atau bertatap muka langsung dengan orang-orang di percetakan. 

Selain pengiriman, waktu pemesanan juga menjadi krusial, kan? Saat terjebak deadline yang mepet di dini hari, atau pagi-pagi sekali dan dibutuhkan secepatnya untuk siang hari, tentu sangat tidak mungkin untuk meluncur ke tempat percetakan. Mencari percetakan di Surabaya yang melayani 24 jam selama 7 hari penuh merupakan hal yang sulit. Salah satu percetakan Surabaya brosurkilat.com bisa melayani pemesanan online kapanpun kalian butuhkan, lo!

Terkadang kita tahu apa yang kita mau, hanya saja masih bingung karena banyaknya pilihan dan mengambil keputusan tentang apa-apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mencetak. Nah, pastikan adanya layanan konsumen yang responsif terhadap konsultasi yang akan Anda lakukan. Ini merupakan salah satu bagian menguntungkan dalam memilih tempat percetakan, karena Anda pastinya tidak ingin menyesal sudah mencetak begitu banyak tapi hasilnya tidak maksimal.

Atau malah, Anda punya bayangan dan keinginan sebuah desain namun tidak tahu harus mulai dari mana? Layanan konsumen untuk konsultasi dan meminta desain sesuai keinginan juga mulai menjadi daya tarik tersendiri untuk percetakan.

Bagaimana dengan biaya mencetak dan kebutuhan yang mendesak? Di brosurkilat.com, Anda bisa mendapat harga yang terjangkau dengan waktu mencetak yang lebih singkat. Tersedia dalam banyak jenis dan menyesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan dan profesi Anda. Tidak sempat datang? Hasil cetakan dapat dikirim ke tempat Anda berada dengan mengikuti instruksi pemesanan paket cetakan.

Hal-hal digital menjadi prioritas bagi generasi millennial karena kecepatan pertukaran informasi dan kemudahan aksesnya. Merasa tidak perlu keluar banyak biaya dan tenaga jika hanya ingin bertukar pikiran dengan orang di seberang pulau, atau ingin memulai usaha. Adanya ‘banner’ atau poster digital sangat mengesampingkan pemikiran bahwa segala yang offline tidaklah dibutuhkan. Awalnya banyak juga berpikir demikian, “ah, untuk apa membuat iklan offline? Kan ada digital marketing dan media sosial?” ternyata yang terjadi malah sebaliknya.

Kebutuhan Sehari-hari terdapat di Percetakan

Banyak sekali hal yang ingin Anda cetak sehari-harinya. Terlepas dari keinginan membaca koran, jika Anda ingin punya kalender yang setiap tahun melonjak harganya karena sudah cukup langka. Kebanyakan masyarakat memanfaatkan jam digital sebagai penunjuk tanggal dan hari, atau malah gadget yang mereka miliki. Apakah itu cukup efektif? Siapa sangka hal sesederhana kalender pun semakin dilupakan, banyak yang tidak menyadari bahwa mereka tidak memiliki kalender fisik di meja atau dinding rumah mereka. Apakah Anda juga merasa demikian?

Di perkantoran, kalender tentu sangat penting sebagai penentu agenda dan deadline dalam pengerjaan proyek. Akan ada banyak sekali agenda yang bisa terlewat jika tidak memanfaatkan kalender sebagai alat bantu untuk menentukan momen di waktu tertentu. Di tengah langkanya kalender, membeli kalender menjadi sebuah kegiatan dan nilainya menjadi lebih ‘mahal’ ketimbang lima hingga sepuluh tahun yang lalu. Terkadang harus menyempatkan membeli lewat kaca mobil atau memberhentikan pedagang kalender keliling, dan kadang berharap cemas jika ada sebuah merchant atau rekan kantor yang memberikan sebagai souvenir. 

Percetakan Surabaya sudah sedari dulu mengembangkan pencetakan kalender untuk perorangan dan malah menyediakan jasa desain kalender untuk kebutuhan pribadi. Minimnya pengetahuan tersebut sampai ke titik langkanya kalender dan membuat masyarakat mulai mencari cara yang lebih mudah mendapatkannya. Setelah tahu bisa membuat desain dan jenis kertas, serta seperti kalender apa yang Anda butuhkan, menarik sekali untuk punya desain, ukuran, jenis kertas sesuai keinginan. Tinggal Anda cocokkan kebutuhan kalender yang diinginkan; kalender meja atau kalender dinding.

Peran Kertas, Percetakan dalam Usaha Online Modern

Belakangan ini banyak sekali sekeliling kita ingin memulai usaha kecil-kecilan dengan memanfaatkan kemampuan memasak dan baking. Atau mungkin ada dari Anda ingin memulai bisnis yang membutuhkan kemasan? Untuk pemasaran memang sangat sederhana melalui media sosial saja. Lalu bagaimana tentang packaging? Anda tentu butuh sesuatu untuk menekankan merek jualan Anda, yaitu dengan mencetak packaging dan stiker label. Banyak hal yang butuh dicetak untuk penjualan, termasuk brosur daftar harga saat produk sampai ke pelanggan. Karena saat baru akan memulai usaha, kita juga harus memikirkan biaya-biaya tambahan yang minim dan tidak memberatkan sebagai pengusaha bisnis lokal. 

Berkaitan dengan usaha online via media sosial dan digital marketing, kedua medium offline dan online malah bisa menjadi simbiosis mutualisme, yang berarti saling menguntungkan satu sama lain. Percetakan akan berjalan seiring berkembangnya usaha online, begitu juga sebaliknya. Usaha online akan berjalan dengan adanya pusat percetakan untuk pengemasan sampai barang yang dijual sampai ke pembeli.

Brosur dan Flyer sudah Ketinggalan Zaman: Percetakan Surabaya akan Digantikan oleh Digital Marketing?

Seringkali percetakan masa kini dipandang sebelah mata, seakan tidak dibutuhkan lagi dan hanya melihat dari sisi penyampaian informasi seperti berita dan iklan. Padahal di sekitar kita menggunakan medium kertas, ya?

Pengusaha besar seperti properti dan restoran tentu tidak dapat lepas dari brosur dan flyer. Pasalnya, membagikan rincian secara fisik menjadi metode klasik yang tidak habis dimakan zaman. Walaupun kebanyakan penerima brosur dan flyer terkesan cuek, pasti Anda juga salah satu pembaca brosur dan flyer kalau sudah menerimanya di tangan, kan? 

Brosur dan flyer meninggalkan kesan tersendiri bagi calon pelanggan atau pembeli. Walau hanya satu atau dua detik menatap ke brosur, sudah ada beberapa kata yang terbaca sekilas. Terutama jika sebuah flyer terdapat beberapa halaman dan ukuran yang compact. Keraguan para pengusaha untuk mencetak brosur dan flyer tidak sedikit, dikarenakan banyak brosur dan flyer bertebaran begitu saja tidak terbaca oleh orang yang diberikan. Banyak juga dari mereka yang merasakan mencetak kedua promosional fisik tersebut membuang banyak biaya jika dibandingkan dengan nilai pemasaran dan penjualan.

Dari pemikiran tersebut, akhirnya sebagian pengusaha beralih ke digital marketing menggunakan online banner, social media post ads dan sebagainya. Walau dinilai efisien, tetap tidak semua kalangan masyarakat dapat terjaring dalam proses pengenalan suatu produk atau merek. 

Kita dapat mengambil contoh target pasar berdasarkan usia. Tentu tidak banyak dari generasi-generasi sebelum milenial yang bisa mengoperasikan smartphone dan memiliki media sosial, atau bahkan tidak tahu jika teknologi tersebut pernah ada. Di situasi demikian, alat pemasaran fisik seperti brosur dan flyer memegang peran penting dalam meningkatkan penjualan dan pengetahuan terhadap spesifik merek atau produk. Seringkali kita temui di pusat perbelanjaan atau sekedar melintas di jalan dan brosur membuat seseorang terhenti beberapa detik untuk membacanya. 

Pentingnya peranan brosur dan flyer memang sulit untuk dibantah meskipun banyak yang sudah beralih dan menganut sistem digital marketing. Jika ditinjau kembali, beberapa sektor bisnis yang spesifik seperti properti, masih menerapkan metode lama yang nilai ampuhnya tidak dapat diatasi oleh digital marketing.

Percetakan hingga Usaha Makanan: Apa Kaitannya?

Tingginya permintaan untuk pencetakan kemasan yang menarik bagi pembeli juga meningkatkan kinerja desainer grafis yang bekerjasama dengan percetakan di Surabaya. Dikarenakan sebagian pengusaha online tidak tahu cara membuat desain bagi merek dan produknya. Tuntutan ini lalu diikuti dengan desain packaging. Jika Anda bingung, yang dimaksud ialah desain merek di kemasan, dan desain kemasan itu sendiri. Kemasan dapat berupa bentuk yang mengikuti produk penjualan, atau kreasi bentuk makanan yang lebih inovatif. 

Sebagian contoh kecil usaha makanan berupa nasi campur, menerapkan packaging menyerupai bungkus nasi yang berbahan kertas minyak berwarna coklat dengan lebih modern dan menyenangkan bagi pembeli. Uniknya lagi, kemasannya dapat membungkus kembali bungkusan yang telah dibuka. DI tengah pandemi virus corona, banyak pengusaha online menghabiskan kertas lebih banyak untuk kebutuhan sterilisasi dan keamanan penyajian makanan. Ditambah dengan desain menarik untuk logo dan bentuk kemasan, membuat pembeli tertarik untuk membeli dan serasa makan makanan atau masakan mahal kelas restoran di rumah. 

Pengemasan makanan yang baik juga harus diperhatikan dari segi bahan yang dipilih. Untuk makanan, tentunya yang memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga makanan tidak cepat basi dan membantu uap panas keluar dari kemasan. Penggunaan kertas kardus sangat baik bagi kemasan makanan, pasalnya Anda harus menghindari bahan styrofoam agar penyajian makanan tidak teroksidasi oleh zat kimia yang terdapat dalam styrofoam. Lapisan dari kemasan juga penting agar tidak bersentuhan langsung dengan kemasan paling luar yang terpapar udara dan bekas pegang orang lain. 

Pencetakan kemasan kardus makanan tentu tidak dapat dicetak menggunakan mesin cetak biasa yang kita temui di tempat printing untuk makalah dan dokumen biasa. Selain itu, tinta dan bahan kertas yang tidak sering kita temui. Hal ini merupakan titik di mana kita butuh tempat percetakan yang dapat mendukung kebutuhan tersebut.

Untungnya ada Brosurkilat.com, dapat membantu Anda untuk mencetak packaging dalam berbagai bahan kertas dan ukuran dengan harga yang terjangkau. Untuk hasil cetak juga dapat dipilih berdasarkan kapan hasil cetakan dibutuhkan. 

Selain brosur, Anda pasti membutuhkan tas kertas yang dicetak sebagai branding produk yang Anda jual. Seperti yang sedang trending belakangan kalau pemakaian bahan kertas sebagai kemasan lebih dianjurkan untuk gerakan eco-friendly daripada plastik. Sudah puas dengan tas kertas? Beberapa kemasan makanan berbahan karton juga menggunakan perekat berupa stiker label dengan desain logo dari merk. Anda dapat mencetak stiker label dengan desain yang Anda buat sendiri dengan harga terjangkau. 

Stiker Label pada Kemasan Produk dan Makanan: Penting atau Buang Biaya?

Walaupun kecil, stiker label sangat membekas di pikiran pembeli. Sebagai konsumen, Anda tentu menghargai hal-hal kecil berupa logo dan stiker dan berpikir bahwa merek tersebut punya nilai tersendiri dalam penyajian makanan atau pembuatan produknya. Pencetakan stiker label di percetakan Surabaya sudah cukup berkembang yang berbanding lurus dengan berkembangnya medium penjualan. Mulai dari ukuran dan desain bukan perkara sulit bagi percetakaan masa kini. Sudah terpikirkan stiker label apa yang Anda inginkan?

Bisnis selalu saling menguntungkan bisnis lainnya. Banyak orang-orang yang tidak bergerak di bidang usaha selalu mengatakan, “kalau semua orang punya usaha masing-masing, siapa yang akan jadi konsumen?” pada dasarnya, kita semua adalah konsumen. Tentu tidak mungkin jika seorang pengusaha lantas memproduksi semua kebutuhan pribadinya. Semua saling berkesinambungan dan membutuhkan. Tidak berarti pengusaha makanan tidak membeli makanan dari pengusaha lainnya. Malah banyak sekali rincian yang tidak disadari non-pebisnis dalam membangun sebuah usaha makanan. 

Pada dasarnya, segala hal yang tidak kita sadari sehari-hari seringkali terabaikan hingga menjadi hal yang sangat remeh. Namun, setiap hal besar pasti didukung dari hal-hal kecil yang kurang terlihat perannya. Begitu pun dengan segala aspek bisnis, pendidikan, hingga teknologi yang masih membutuhkan percetakan dan medium fisik untuk fungsi yang minim sekalipun.

Brosurkilat.com hadir di industri percetakan Surabaya untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mencetak dan mendesain segala sesuatunya dalam waktu yang singkat dan harga yang terjangkau. Layanan konsumen yang diberikan juga akan sangat membantu Anda dalam membuat keputusan dan membuat desain.

Sudah tahu apa yang Anda butuhkan? Yuk, ngobrol dengan CS di Brosurkilat.com dan cetak brosur atau segala yang Anda butuhkan. Tersedia layanan 24 jam, 7 hari dalam seminggu dan pengiriman ke rumah atau manapun tujuan Anda di Surabaya!

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *