Technology

Gunakan Android Device Manager Untuk Melindungi Smartphone Anda dari Pencurian

 

Loading...

Kehilangan smartphone diprediksi akan menjadi sebuah hal yang umum. Hal ini didasarkan dari hasil riset dari konsultan AS, Strategy Analytics yang mengatakan bahwa pada tahun 2013, jumlah pengguna smartphone di seluruh dunia sudah melampaui 2 milyar. Kabar baiknya adalah Google (lagi-lagi) telah mengantisipasi hal ini dan memiliki solusi untuk masalah tersebut. Google merilis sebuah alat yang disebut Device Manager Android. Alat online ini memungkinkan pemilik Android untuk melacak dan mengunci ponsel mereka yang hilang. Jika perangkat memang sudah dipastikan dicuri atau hilang, maka Device Manager juga memungkinkan pengguna menghapus semua data pribadi di ponsel mereka dan pada dasarnya memaksa reset ke pengaturan awal pabrik. Bayangkan betapa bermanfaatnya jika anda adalah pemilik bisnis dan profesional lain yang menggunakan perangkat smartphone Anda untuk kepentingan perusahaan seperti internet banking, social media, bahkan remote connection ke server perusahaan. Apabila informasi sensitif perusahaan tersebut berada di tangan yang salah, maka bisa menjadi resiko keamanan yang serius.

Nah pembaca, berikut adalah 10 langkah menghubungkan smartphone atau tablet anda dengan Android Device Manager. Piranti ini kompatibel dengan perangkat yang menggunakan Android 2.2 ke atas.

1. Masuk ke pengaturan aplikasi Google (Google Setting) pada ponsel atau tablet Anda dan klik “Android Device Manager” di bagian bawah.

Screenshot_2013-11-12-14-20-06

2. Kemudian centang “Allow remote lock dan factory reset”

Screenshot_2013-11-12-14-20-34

3. Kemudian centang kotak “Remotely locate this device” .

4. Centang pula kotak “Allow remote lock and factory reset”. Sebuah layar pop up akan muncul dan meminta izin untuk menghapus perangkat. klik Activate.

Screenshot_2013-11-12-14-21-28

5 . Pastikan akun Google Anda sudah terkait dengan smartphone atau tablet anda. Jika belum silahkan sign-in terlebih dahulu.

Screenshot_2013-11-12-14-22-40

6. Pada perangkat Anda, masuk ke menu Setting > Security > device Administrators dan pastikan di dalamnya sudah terdapat “Android Device Manager” .

Screenshot_2013-11-12-14-23-38

Screenshot_2013-11-12-14-23-48

Screenshot_2013-11-12-14-24-12

7. Masuk ke halaman berikut https://www.google.com/android/devicemanager. Pastikan smartphone anda sudah terdeteksi oleh Android Device Manager.

8 . Pada halaman tersebut, Anda akan melihat sebuah peta yang menunjukkan lokasi perangkat Anda. Dan anda juga akan melihat tiga opsi berikut “Ring”, “Lock”, dan ” Erase” perangkat anda.

9 . Jika Anda memilih untuk mengunci (Lock), Device Manager akan meminta Anda untuk mengatur sandi baru, dan setelah selesai maka data-data pada smartphone anda telah terkunci.

Screenshot_3

10 . Jika Anda memilih menghapus (Erase) data anda, jendela peringatan akan muncul. Jika Anda setuju, perangkat akan mati secara otomatis dan akan secara langsung menghapus data yang telah tersimpan di dalamnya. Gunakan pilihan ini hanya jika smartphone atau tablet anda dicuri atau hilang untuk selamanya.

Semoga bermanfaat ;-)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *