Leadership

Hal Sederhana yang Menciptakan Penilaian Terhadap Diri Kita

 
  • 1
    Share

Loading...

Menjadi seseorang yang mampu diterima baik oleh lingkungan memang bukanlah hal yang sepele. Terkadang saja kita harus mau menggunakan “topeng” agar bisa diterima dan menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik.

Sebenarnya bukan menggunakan topeng, tapi lebih kepada kemampuan kita dalam beradaptasi dengan lingkungan dan membiasakan diri untuk bisa hidup berdampingan sekalipun dengan orang baru. Tentu saja hal seperti ini akan membantu kita dalam bekerja dan bahkan menjalani hari-hari di berbagai tempat yang kita diami nantinya.

Ada beberapa hal sederhana yang bahkan terlihat sepele namun mampu menciptakan penilaian terhadap diri kita dari orang disekitar kita.

Apa saja hal tersebut?

1. Menjaga kebersihan dan kerapihan

Sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini menemukan bahwa, dibutuhkan hanya 26 detik bagi orang disekitar kita membuat penilaian tentang diri kita saat mereka melihat keadaan rumah kita.

Kenapa begitu? Rupanya mereka memberikan penilaian pertama pada hidung dan mata. Aroma dan keadaan rumah adalah faktor terbesar dari kesan positif yang diberikan pelanggan. Bayangkan saja, apa yang akan dipikirkan oleh teman bahkan rekan kerja kita saat mereka melihat keadaan rumah bahkan tempat kerja kita yang berantakan bahkan terkesan tidak terurus dengan baik?

2. Gaya saat menonjolkan diri sendiri

Siapa kini yang tidak tahu bahkan tidak suka “selfie”. Hampir setiap orang yang memiliki handphone yang dilengkapi dengan fitur kamera, akan melakukan selfie hampir setiap harinya.

Ya, gaya selfie yang kita lakukan dan kita upload di sosial media akan menimbulkan penilaian tersendiri dari mereka yang melihatnya. Mulai dari gaya yang tersenyum bahkan sampai yang tertawa. Semua gaya akan menimbulkan persepsi dan penilaian tersendiri dari mereka yang melihatnya.

3. Selera dan hobi

Beberapa orang tidak sadar bahwa selera dan bahwa hobi mereka terhadap musik, buku, film atau bahkan makanan misalnya akan menimbulkan penilaian tersendiri. Sebuah studi pada tahun 2003 mengutip, bahwa seperti halnya perusahaan Quora yang memberikan penilaian terhadap orang berdasarkan jenis musik yang mereka dengarkan.

Studi ini menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik berjenis “reflective and complex” merupakan mereka yang cenderung terbuka untuk pengalaman baru. Sedangkan mereka yang suka dengan jenis musik “upbeat and conventional” adalah mereka yang ekstrovert dan selalu bersemangat.

Nah, ini bisa mulai Anda terapkan pada bisnis yang sedang Anda rintis. Anda bisa mencari kesukaan atau kecenderungan seseorang terhadap sesuatu yang berhubungan dengan bisnis Anda. Mulai dari survey di sosial media atau langsung bertatap muka dengan calon pelanggan.

4. Kesukaan atau hal favorit

Selain selera dan hobi, kita bisa memberikan penilaian terhadap seseorang melalui kesukaan dan hal favorit yang mereka miliki. Mulai dari warna yang Anda sukai atau menjadi favorit Anda.

Shivani Jha memiliki teori tentang warna yang kita sukai akan mengungkapkan kepribadian kita. Contohnya, jika warna favorit Anda adalah merah, berarti Anda adalah orang yang bersemangat dan pekerja yang ulet. Jika Anda menyukai warna kuning, berarti Anda adalah orang yang mengutamakan pemikiran logis, menikmati belajar dan mampu menemukan kebahagiaan dengan mudah.

Lalu warna apa yang Anda sukai saat ini?

5. Hewan peliharaan

Selain selera dan kesukaan beberapa orang juga memberikan penilaian terhadap kita dari hewan yang kita pelihara. Misalnya saja ketika kita memelihara seekor kucing atau anjing. Mereka yang memelihara anjing cenderung memiliki kepribadian yang energik, sedangkan mereka yang memilih memelihara kucing cenderung berkepribadian yang lebih tertutup dan sensitif.

6. Apa yang Anda kenakan

Apa yang Anda bayangkan ketika berhadapan dengan seseorang dengan penampilan rapi dan wangi? Sedangkan apa yang Anda pikirkan ketika berpapasan dengan mereka yang berpenampilan lusuh?

Pakaian dan asesorisnya adalah komponen yang tidak dapat ditinggalkan dari penampilan kita sehari-hari. Terlebih ketika kita sedang berhadapan dengan orang penting, seperti klien atau pelanggan.

Penilaian juga bisa muncul dari sikap kita saat kita berdiri bahkan berjalan. Bahasa tubuh atau body language Anda bisa menciptakan penilaian terhadap Anda kedepannya. Anda bisa belajarnya dari artikel berikut bagaimana mengelola bahasa tubuh saat melakukan suatu aktivitas atau berpapasan dengan seseorang.

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *