Interviews

Harga Mati Kualitas Produk Batikbumi adalah Kunci Sukses Ari Yati

 
  • 3
    Shares

   

Menjadi seorang enterpreneur dan juga seorang Ibu rumah tangga, tidak mudah tentunya untuk membagi waktu antara pekerjaan dan juga keluarga. Namun Ibu Ari Yati(29) mampu membuktikan bahwa seorang Ibu rumah tangga juga bisa membantu suami mencari penghasilan tambahan dengan menjadi seornag enterpreneur tanpa meninggalkan keluarganya. Bersama Batikbumi, wanita lulusan Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret Surakarta ini sukses membawa batik dikenal oleh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan desain yang lebih eksklusif. Beberapa waktu lalu, tim Mebiso berhasil mewawancarai Ibu Ari dan berikut ini cerita selengkapnya:

Apa sih Bu Batikbumi ini?

batikbumi

Batik Bumi merupakan toko online yang menjual produk batik, baik itu batik tulis, batik cap maupun batik printing. Anda bisa memesan batik printing dengan motif buatan Anda sendiri dengan minimal order 150 meter untuk batik printing dan 25 meter untuk batik cap. Kami juga menjual batik jadi berupa kemeja batik, blouse batik, dress batik, batik sarimbit, gamis batik, dan batik keluarga dengan motif modern.

Bisnis ini dilatarbelakangi dari keinginan besar saya sebagai seorang ibu rumah tangga dengan 2 orang anak untuk mandiri dan meningkatkan perekonomian keluarga serta untuk membuka lapangan kerja bagi orang lain. Tentunya tanpa menelantarkan suami dan anak – anak saya. Saya ingin keluarga dalam pengawasan saya, tapi saya bisa mendapat penghasilan tambahan.

Lalu bagaimana cerita awal Anda saat mulai masuk ke dunia enterpreneur ini?

Pada awalnya saya bekerja sebagai Designer & Marketing Kitchen Set pada salah satu perusahaan terkemuka di Jakarta, kemudian karena suatu hal saya harus ikut suami untuk balik ke Solo. Di Solo saya berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan mengurus 2 anak laki-laki saya. Di waktu mengurus ke dua anak tersebut saya terus berfikir kegiatan apa yang bisa saya lakukan untuk mendapat penghasilan tambahan tanpa harus meninggalkan anak-anak saya, pertama saya mencoba menjual barang-barang yang tidak terpakai di internet, eh ternyata respon sangat bagus. Dari pengalaman ini saya mencoba membuat website toko online yang dibikin oleh suami saya sendiri untuk menjual beberapa kemeja batik yang saya dapat dari teman produsen batik di Solo, ternyata menghasilkan dan sejak saat itu saya full time untuk focus pada dunia enterpreuneur.

Saat mulai memasukin dunia enterpreneur ini, saya juga sudah melakukan beberapa pengorbanan dalam hidup saya. Pengorbanan terbesar saya adalah saat saya meninggalkan zona nyaman saya sebagai seorang karyawan pada perusahaan besar yang selama ini telah memberikan gaji besar, bonus, asuransi kesehatan dan hari tua, lingkungan kerja dan kenyamanan-kenyamanan lainnya. Kemudian  tiba-tiba harus putar haluan sebagai pedagang batik online yang menurut saya saat itu notabene belum jelas masa depannya.

Tantangan apa yang pernah Ibu alami selama menjalani bisnis ini?

Tantangan dan kendala yang saya hadapi adalah ketika 4 bulan pertama mulai terjun di bisnis toko online ini dan baru 1, 2 pembeli saja. Disini saya mulai timbul keraguan dan tidak yakin dengan bisnis yang saya jalankan. Namun dengan support dari suami yang selalu mendukung dan meyakinkan saya jika saya harus persisten dan menasihati saya bahwa tidak ada bisnis apapun yang instan, semua memerlukan usaha yang konsisten dan terus menerus, dan benar juga setelah bulan ke 5 toko online saya mulai kebanjiran order. Alhamdulillah.

Bicara tentang Batikbumi sendiri. Bagaimana Anda memasarkan produk Anda ini?

Untuk pemasaran saya mengandalkan website Batikbumi.com, social media seperti Facebook dan Twitter. Saya juga menawarkan produk batik yang saya jual melalui forum-forum diskusi. Alhamdulillah produk batik kami laris dengan pembeli dari seluruh Indonesia (dari Sabang sampai Merauke).

Produk apa yang paling populer atau sering dipesan?

Produk yang paling popular saat ini adalah batik sarimbit dan blouse batik untuk seragam kantor. Kain Batik cap smoke juga punya pasar tersendiri  yang sangat besar, karena motif-motif yang kami produksi eksklusif.

Itu yang membuat saya berfikir bahwa kualitas produk adalah harga mati, jadi meski harga yang kami tawarkan tidak terlalu tinggi, kami tetap menjaga kualitas batik yang kami jual dengan standar prosedur quality control yang selalu kami lakukan sebelum pengiriman barang.

Sentuhan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain yang memiliki konsep yang sama?

Kami memberikan pelayanan penuh selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, untuk mengakomodasi buyer yang hanya bisa bertransaksi pada jam-jam tertentu. Untuk setiap transaksi pada jumlah tertentu kami berikan diskon khusus atau bonus baju batik dan souvenir aksesories-aksesories dari batik.

Prestasi terbaik dan pengalaman berkesan apa yang sudah pernah Anda dapatkan dari perjalanan bisnis ini?

Setiap hari kami anggap sebagai hari terbaik, sehingga kami selalu berusaha untuk berprestasi setiap harinya. Memberikan pelayanan kepada customer sebaik – baiknya. Kami akan merasa sangat bangga apabila ada kabar dari customer yang mengatakan pesanan sudah sampai dan customer suka dengan barangnya, memberikan testimoni – testimoni  yang positif, dan berfoto dengan batik dari kami kemudian mengijinkan kami mengunggahnya ke website kami.

Pengalaman paling berkesan adalah waktu pertama kali bisa menjual baju batik secara online lewat website… hehehe katro’ juga. Karena kami menganggap customer adalah sahabat kami, kami menjawab pertanyaan – pertanyaan seputar batik, kadang melenceng dari topic, kadang ada yang tengah malam order batik, melayani sambil ngantuk – ngantuk, sambil ditinggal tidur sesekali.  Senangnya customer jadi seperti sahabat kami.

Wah senang ya Bu memiliki customer yang sudah akrab dengan kita. Lalu bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang ada sekarang?

Target market untuk produk batik sangat luas dan tidak terbatas yang menjangkau segala usia dan kalangan di seluruh wilayah Indonesia karena batik merupakan pakaian nasional kebanggaan bangsa Indonesia. Dengan konsep bisnis kami berusaha kedepannya untuk memperluas target pasar kami untuk menjangkau pasar luar negeri karena batik juga sudah mulai dikenal di luar Indonesia.

Berbicara tentang market yang tidak terbatas pada batik itu sendiri, lalu rencana apa yang akan Ibu lakukan untuk mengembangkan Batibumi ini?

Untuk ke depan kami berencana membuat one stop shopping untuk produk batik baik offline maupun online dengan harga yang bersahabat, dan saat ini kami sudah menggandeng rekanan yang khusus memproduksi kain batik cap dan kain batik printing secara masal. Dan untuk ke depannya kami ingin berkembang dan menjadi Industri batik yang bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat.

Siapa tokoh yang paling memotivasi Anda saat menjadi seorang enterpreneur ini?

Saya sangat berterimakasih kepada orang tua saya yang seorang enterpreuner sejati dengan memulai dari nol dan hanya bermodal pengalaman hidupnya. Ini menjadi pelajaran dan juga memotivasi saya.

Yang terakhir Bu, saran apa yang bisa ibu sampaikan untuk para enterpreneur diluar sana, agar bisa mengikuti jejak kesuksesan dari Ibu?

Segera action, action dan action itu saja, karena seberapa bagus dan seberapa besar rencana yang Anda buat tidak akan berarti apa-apa tanpa action.

Terimakasih Ibu Ari atas wktu yang diberikan. Semoga Batikbumi semakin dan selalu sukses :)

                              
Loading...

  • 3
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *