Technology

Identifikasi Awal Jika Tidak Bisa Akses Domain & Hosting

 

   

Ketika website anda tidak bisa diakses di browser seperti gambar diatas, berikut beberapa identifikasi awal yang bisa anda lakukan:

1. Pastikan NS (nameserver) domain sudah benar-benar mengarah ke hosting anda.

Jika ini pertama kalinya hosting dan domain anda aktif, silakan periksa dulu Name Server anda. Caranya, buka http://who.is kemudian Search nama domain anda. Scroll down hingga kelihatan nameserver apa saja yang digunakan untuk domain anda. Pastikan nameserver yang tertera sesuai dengan nameserver hosting anda. Biasanya informasi nameserver hosting sudah disertakan pada email informasi login cPanel anda.

Hasil yang ditampilkan pada who.is biasanya kurang akurat, sebab setiap perubahan nameserver tidak langsung diresolve oleh who.is. Maka kami menyarankan untuk mengecek nameserver anda dengan lebih aktual melalui Domain Manager. Cara mengecek/mengganti nameserver melalui Domain Manager (khusus pengguna domain dari jagoanhosting.com) bisa diikuti pada panduan berikut: Mengganti Name Server di Domain Manager.

2. Login ke cPanel anda.

CPanel bisa diakses pada format URL berikut: http://namadomain.com:2082 (Ganti dengan nama domain anda). Bila cPanel anda bisa diakses dalam format tersebut, maka kemungkinan besar ada problem pada script website anda. Silakan melakukan perbaikan script melalui cPanel (Gunakan menu File Manager untuk mengeksplor file-file website anda).

3. Ping untuk menemukan problem pada server anda.

Anda bisa melakukan ping ke alamat website yang sering online. Misalnya google.com / facebook.com (internasional) dan detik.com (Lokal). Gunakan aplikasi Command Prompt yang ada di Start Menu > Accessories (Windows), atau aplikasi Terminal yang ada di Application > Accessories (Linux). Kemudian ketikkan ping google.com, dan tekan Enter.

Jika hasil eksperimen ini baik Internasional maupun Lokal, hasil semuanya reply seperti gambar di bawah, berarti tidak ada masalah pada koneksi anda (anda bisa kembali ke langkah 2).

Namun, jika hasilnya Request Time Out seperti gambar di bawah, artinya ada yang salah antara interkoneksi anda dengan server website.

Bisa jadi server website sedang down (baik service maupun routing networknya), atau IP koneksi anda terkena blok oleh firewall server karena dianggap melakukan aktivitas malicious. Silakan mengkonsultasikan problem anda pada provider Hosting untuk mengetahuinya. Bagi member Jagoan Hosting, anda bisa menghubungi ID YM: cs.jagoanhosting atau kirim tiket bantuan melalui http://member.jagoanhosting.com

                              
Loading...

Artikel Terkait

5 komentar

  • 16 December 2012 - pukul 19:29

    Malam Pak.

    Saya bertanya kalau kita beli domain,kemudian udah propagasi 1 x 24 jam tapi besoknya waktu mau dibuka dengan menggunakan modem ternayata tidak bisa diakses alias tidak terbuka blognya.
    Bagaimana itu Pak?

    Saya menggunakan Hosting dari blogspot.Trims

  • 15 February 2013 - pukul 13:17

    Siang Gan,
    Mo konsultasi, sy msh baru mengenai membangun website yg bagus, dan msh trial n error. Btw website sy 2 hari ini tidak bisa diakses melalui browser, tapi kalau melalui google dari history content & keyword tertentu ( ada bbrp kw yg sdh masuk hal 1 & 2 ), website tsb msh bisa diakses. Nah, kalo sy mo masuk ke wp-adminnya jg tidak mau. sy tidak bisa masuk.
    Pertanyaan sy, bagaimana cara masuk ke wp adminnya ? krn sptnya sebabnya krn ada beberapa plugin yg bikin crash.

    Terima kasih,

    BRgds-iin

  • 31 May 2013 - pukul 15:55

    ribet bgt y kalo udah ganti2 gini :(

  • 9 December 2014 - pukul 3:31

    alhamdulilah, ternyata cara yang telah saya aplikasikan dengan steps yang dibagikan pada halaman ini sangat tepat dan terbukti Succes :) terimakasih sudah berbagi kepada para pemula seperti saya ini .

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *