Running A Business

Pahami Ilmu Pemasaran Digital Dasar untuk Bisnis Anda

 

Ilmu Pemasaran Digital – Nyatanya, untuk memulai memahami ilmu pemasaran digital paling dasar adalah dengan mengetahui bahwa pemasaran digital merupakan cara pemasaran yang berbeda dari pemasaran tradisional. Sehingga, terdapat sejumlah strategi pemasarannya yang juga perlu disesuaikan. Lantas, apa saja yang perlu diketahui oleh setiap pebisnis terkait hal ini? Berikut ulasannya!

Strategi ilmu pemasaran digital

Terdapat dua strategi pada pemasaran digital berdasarkan cara pengiriman yaitu tarik dan dorong, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Pemasaran digital tarik melibatkan konsumen untuk mencari, melihat, dan mengambil informasi secara langsung melalui situs atau mesin pencari. Konsumen berperan aktif dalam mencari informasi yang dibutuhkan, biasanya terletak pada situs atau website, blog, audio streaming, dll. Kelebihan strategi ini terletak pada kemudahannya untuk mengirimkan konten, serta tidak adanya batasan dari segi konten atau ukuran berkas karena semua ditentukan oleh konsumen. Namun, sayangnya tidak ada personalisasi untuk menjaga pengunjung datang kembali. Selain itu, kekurangan strategi ini yaitu sifatnya yang pasif karena mengandalkan mesin pencari, sehinga kemampuan untuk mengukur hasil pada konsumen terbatas.

Sementara pemasaran digital dorong memberikan informasi kepada konsumen dengan melihat atau menerima iklan digital secara aktif. Informasi dapat datang dalam bentuk email, panggilan ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel),MMS (pesan multimedia), RSS (format feed web yang mendistribusikan berita dan informasi), dll.

Kelebihannya, strategi ini dapat memilih sasaran konsumen secara khusus, sehingga pesan yang dikirim dapat disesuaikan dengan kriteria konsumen. Namun, kekurangnnya strategi ini memerlukan mekanisme dalam pengiriman pesan. Selain itu, rentan akan timbulnya isu privasi akibat konsumen tidak tertarik dengan email atau SMS yang bersifat promosi.

Memperkenalkan produk atau jasa ke pasar dengan konsep AIDA

Awareness, merujuk pada pemasar yang harus membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu di media online.

Interest, merujuk pada ketertarikan yang muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen. Jika sistem offline, maka konsumen langsung mencari informasi di pasar. Jika sistem online, maka konsumen mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (Google, Yahoo! dll) dan jejaring sosial (Instagram, TikTok, Facebook, Twitter dll).

Desire, merujuk pada timbulnya keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa. Sistem online ditandai dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa melalui situs web.

Sementara Action, merupakan tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa.

Aturan dalam pemasaran digital

Anda perlu menargetkan satu segmen dan menciptakan komunitas virtual, serta memperluas peran merek dalam portofolio secara global. Cobalah menggunakan harga dan desain yang kreatif bagi konsumen, sehingga pelanggan semakin tertarik.

Selain itu, gunakanlah eksperimentasi yang bersifat adaptif.
Dengan tujuan Anda dapat menemukan kembali hasil riset pemasaran dan pemodelan sebagai penciptaan pengetahuan untuk mengimplementasi strategi pemasaran digital.
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *