Leadership

Ini Pentingnya POACE untuk Percepatan Bisnis Anda

 
  • 2
    Shares

   

Umumnya POACE digunakan sebagai acuan dalam melakukan suatu kegiatan. Namun tahukah Anda, jika ternyata POACE juga dapat digunakan untuk memicu peningkatan kerja tim Anda. Inilah kekuatan yang berada di dalam POACE yang mampu mendorong percepatan bisnis Anda.

Planning

Maksudnya adalah perencanaan yang meliputi berbagai rencana kegiatan termasuk pembiayaan dalam  mencapai tujuan perusahaan/organisasi. Perencanaan ini berawal dari ide yang dimiliki oleh leader untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang selaras dengan perusahaan. Dalam proses perencanaan ini, Anda di wajibkan membuat sebuah program kerja yang memuat rencana kegiatan, strategi, bentuk program kegiatan dan target apa sajakah yang akan dicapai.

Yang perlu Anda ingat adalah dalam proses perencanaan Anda tidak perlu melibatkan banyak orang, cukup orang-orang yang memiliki posisi sebagai konseptor saja, karena semakin banyak orang yang berpikir belum tentu akan menghasilkan suatu hal yang lebih baik dan memerlukan waktu yang cukup.

Organizing

Adalah suatu tahapan pengelompokkan dan pengaturan unit-unit kerja beserta orang-orang yang ada di dalamnya untuk mencapai program kerja dan tujuan perusahaan yang telah direncanakan sebelumnya. Pada tahap ini, setiap leader akan mengambil perannya masing-masing dan melakukan delegasi pekerjaan yang telah ditentukan pada tiap-tiap orang yang ada di bawah kepemimpinannya.

Setiap leader memiliki peranan yang penting dalam keberhasilan ini, oleh maka dari itu setiap leader haruslah mampu mengelola SDM yang dipimpinnya untuk segera mempersiapkan setiap detail yang telah direncanakan. Sehingga pada tahap berikutnya berjalan dengan lancar.

Actuating

Merupakan suatu usaha dalam menggerakkan setiap orang yang berada dalam perusahaan agar pribadi yang terkait berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran perusahaan. Dalam proses ini setiap leader selalu memberikan arahan yang benar, keputusan yang bijak, menyatukan setiap orang untuk melakukan kerjasama hingga memberikan motivasi agar setiap individu terus berkembang.

Controlling

Memiliki fungsi pengawasan untuk menjaga setiap kegiatan yang terjadi di dalam perusahaan agar sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Hal yang paling penting dari tahap ini adalah bagaimana penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dapat diketahui sejak dini.

Evaluating

Ketika seluruh rangkaian pencaiapan target/tujuan perusahaan telah terlewati baik dari proses planning, organising, actuating dan controling maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah evaluasi hasil atas pekerjaan yang telah dilakukan selama ini.

Pada tahap ini Anda harus selalu melakukan pencatatan terhadap hal-hal apa saja yang terjadi penyimpangan dan mengevaluasi hal-hal apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan dalam program kerja ini, agar pada program kerja nanti dapat dilakukan perbaikannya.

Sebagai seorang leader maupun pemilik perusahaan, Anda harus menguasai POACE. Karena ini sangat penting bagi percepatan bisnis Anda, ditambah dengan  adanya hal-hal yang tersistem, terstruktur dan tercatat,semua usaha yang akan Anda lakukan tak akan pernah menjadi sia-sia.

5 Formula Rahasia Para Pebisnis Milyaran

Tak sabar mempraktekkan ilmu baru ini? Akan semakin sempurna jika Anda juga mengetahui rahasia para pebisnis milyaran juga loh. Untuk itu langsung download saja ebooknya melalui halaman download ebook formula rahasia pebisnis milyaran.

Download sekarang juga! sebelum ebook GRATIS ini dihapus dari peredaran.

                              
Loading...

  • 2
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *