Leadership

Jaga Kesehatan Anda Saat Bekerja dengan 10 Langkah Ini

 
  • 3
    Shares

   

Bekerja secara optimal memang harus dilakukan oleh para pelaku dunia bisnis atau karyawan biasa sekalipun. Itu sebabnya untuk mencapai sebuah tujuan, target atau mimpi perusahaan terkadang karyawan akan bekerja hingga tidak mengenal waktu. Dan pada akhirnya kesehatanlah yang menjadi jaminannya. Untuk itu menjadi seorang pekerja harus pandai mengatur waktu untuk bekerja dan juga menjaga kesehatan mereka. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan agar bekerja bisa dilakukan dengan lebih semangat?

1. Miliki waktu tidur yang berkualitas

Bagi Anda yang sering begadang untuk bekerja cobalah untuk mengurangi kegiatan tersebut. Bukan berarti Anda tidak boleh menyelesaikan pekerjaan sampai selesai, tapi lebih pandai memanage waktu agar waktu tidur Anda lebih berkualitas. Pentingnya menjaga pola tidur adalah untuk meningkatkan energi dan semangat kerja esok harinya. Anda harus pandai mengatur waktu untuk beristirahat. Jika Anda memiliki waktu lebih, gunakan untuk tidur lebih awal dari biasanya. Minimal 7-8 jam harus benar – benar Anda manfaatkan untuk tidur yang berkualitas.

2. Ingat! Bangun pagi itu sehat lo

Setelah Anda mendapatkan waktu tidur lebih awal dan lebih berkualitas, tentu tidak sulit bagi Anda untuk bangun lebih pagi. Bangun lebih pagi akan membuat Anda merasa lebih segar, bugar dan tentu saja bersemangat. Anda bisa memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan hal yang Anda sukai. Bangun lebih pagi juga akan membuat Anda bisa meluangkan waktu untuk membaca koran, buku atau sekedar jogging pagi.

3. Sarapan sebelum pergi bekerja

Ini yang penting, banyak orang yang mengaku tidak sempat sarapan sebelum mereka berangkat bekerja. Tapi ini yang salah, karena beberapa penelitian menyebutkan bahwa sarapan sangat berpengaruh bagi kesehatan manusia. Terlebih ketika kita tahu bahwa kegiatan kita sehari kedepan akan padat. Kita memang akan makan pada siang harinya, tapi energi apa yang akan kita gunakan saat bekerja di awal hari. Gunakan waktu pagi Anda untuk sekedar menyantap roti dengan susu hangat. Ini akan membuat Anda lebih nyaman bekerja karena tidak merasakan lapar yang berlebihan.

4. Berolahraga pagi itu menyenangkan

Jika Anda merasa waktu kerja Anda juga menyita waktu berolahraga, maka gunakan waktu di pagi hari Anda untuk sekedar jogging keliling komplek, melakukan pemanasan ringan di halaman rumah atau bisa juga dengan sedikit melakukan pekerjaan rumah. Berolahraga pagi akan membantu Anda menjaga stamina selama seharian penuh. Tapi jangan lakukan olahraga yang berlebihan, karena ini akan membuat Anda lelah dan mengantuk saat bekerja di kantor.

5. Mengkonsumsi air putih itu yang penting sering bukan banyak

Pakar kesehatan mengatakan bahwa sering mengkonsumsi air putih akan membantu kita menjaga kesehatan jantung dan ginjal. Terlebih bagi pekerja yang lebih banyak menggunakan waktu di kantor untuk duduk dan memandang layar laptop atau komputer. Minum air putih lebih sering akan membuat Anda lebih sehat. Yang paling penting adalah Anda rutin mengkonsumsi air putih, bukan dari seberapa banyak yang Anda konsumsi.

6. Bergeraklah

Jika Anda merasa sudah lelah saat bekerja, Anda bisa melakukan beberapa gerakan ringan. Berjalan – jalan di dalam ruangan, atau bahkan menggunakan tangga saat hendak naik atau turun di dalam gedung. Berikan tubuh Anda kesempatan untuk bergerak walau hanya pemanasan sederhana. Ini akan membuat otot – otot Anda yang kaku menjadi lebih rileks dan tentu saja siap untuk melanjutkan pekerjaan.

7. Hirup udara segar

Dan ketika Anda merasa bosan berada di kantor dengan setumpuk pekerjaan, maka Anda bisa menggunakan waktu luang Anda untuk sekedar keluar kantor dan mencari udara segar. Anda bisa menggunakan waktu makan siang untuk pergi dan mencari tempat makan baru bersama teman – teman Anda. Ini berguna untuk mengurangi tingkat stress dan kelelahan mata yang lama memandangi layar laptop atau komputer.

8. Gunakan waktu istirahat dengan baik

Jangan paksa diri Anda untuk bekerja selama 8 jam penuh. Gunakan waktu produktif Anda untuk bekerja, dan sisanya untuk melakukan apa yang Anda sukai. Jika Anda lelah jangan sia – siakan waktu istirahat Anda. Meskipun hanya 1 jam Anda memiliki waktu istirahat, Anda harus menggunakan dengan maksimal. Buatlah diri Anda senyaman mungkin, karena kesehatan bukan hanya seputar fisik tapi juga rohani atau mental Anda.

9. Makan makanan yang sehat

Tidak jarang saat bekerja kita akan merasa lapar. Sambil menunggu waktu makan siang kita biasanya akan memakan camilan atau makana ringan yang kita beli di luar kantor. Agar lebih sehat pilihlah makanan ringan yang memang dirasa menyehatkan dan membuat Anda sedikit merasa kenyang. Jangan makanan yang Anda membuat Anda puas. Anda bisa membeli buah – buahan, biskuit atau sekedar roti dengan porsi yang kecil. Ini akan membantu menunda lapar sebelum waktunya makan siang.

10. Mengurangi hal yang tidak bermanfaat

Dan yang terakhir adalah mengurangi hal yang tidak bermanfaat bagi Anda. Kesehatan yang Anda miliki hanya Andalah yang tahu. Jika Anda rasa sudah mulai lelah bekerja sehari, maka gunakan waktu malam Anda untuk beristirahat di rumah. Jangan paksakan energi Anda untuk keluar dan melakukan hal yang tidak menguntungkan Anda. Anda bisa menentukan waktu untuk bersosialisasi dengan teman Anda di waktu yang lain. Gunakan waktu terbaik Anda untuk hal – hal yang Anda yakini akan menguntungkan Anda.

Baca juga:

10 Langkah Mudah Dalam Mencapai Kehidupan Kerja Seimbang

Bekerja Sehat dengan 5 Aplikasi Fitness untuk Android Anda

Tips Menangkis Kelelahan saat Bekerja

           
  • 3
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *