Start A Business

Jenis Usaha yang Populer Dijalankan Wanita

 
  • 1
    Share

Loading...

Menjalani bisnis kita bisa dilakukan siapa saja. Baik pria, wanita, tua, muda, sarjana ataupun tidak. Tidak ada pembeda atau batasan bagi wanita dan pria dalam menjalankan sebuah bisnis. Ini tentu memberikan banyak kesempatan bagus bagi para wanita untuk bisa berkarya dan memiliki penghasilannya sendiri. Bagi wanita lajang, memiliki bisnis sendiri tentu sangat membanggakan, karena tidak lagi merepotkan kedua orang tua dan sudah bisa membiayai hidup sendiri. Bagi wanita yang telah menjadi istri atau seorang Ibu, hal ini bisa membantu perekonomian keluarga dengan tidak banyak meninggalkan keluarga di rumah. Lalu apa saja sebenarnya bisnis yang paling sering dipilih dan dijalankan oleh para wanita.

1. Menjual produk fashion via online

Banyak sekali produk fashion yang dijual secara online saat ini, mulai dari jenis pakaian, accesories, make up, hingga sepatu dan tas. Hampir semua yang ada media sosial dan website toko online adalah milik para wanita. Kebanyakan dari kita mengetahui itu dari akun fanspage, foto profil kontak person mereka hingga desain website toko online. Selain mudah dilakukan oleh perempuan sekalipun, pelanggan juga lebih senang karena pelayanan yang diterima juga lebih ramah. Itu sebabnya wanita sangat aktif pada kegiatan bisnis online, terutama untuk produk fashion.

2. Mendirikan toko kue

Bagi sebagian wanita, memasak adalah hal yang menyenangkan. Saking hobinya mereka benar – benar terjun dan bahkan ada yang membawanya hingga menjadi bisnis. Salah satu yang paling banyak dijalankan adalah bisnis kue atau toko kue. Para wanita ini biasanya mereka yang memang menyukai dunia memasak, suka berbisnis hingga berani mengambil resiko mendirikan toko kue. Memiliki toko kue juga tidak mudah, mereka harus tahu apa yang akan dijual, kemana saja mereka menjual dan siapa saja pembelinya. Tidak jarang mereka rela rugi saat melakukan banyak uji coba dan memberikan tester kepada calon pelanggan.

3. Menyediakan jasa menulis, desain atau editing gambar

Selain yang berhubungan dengan urusan memasak dan berjualan online produk fashion, banyak para wanita aktif yang membuka bisnis di bidang jasa yaitu dari mulai menulis hingga desain. Wanita terbilang cukup teliti, sabar dan telaten dalam mengerjakan pekerjaan yang seperti ini. Bukan hanya menulis artikel, novel, atau jasa penulisan skripsi, banyak wanita aktif kreatif yang juga menjadi desainer baik untuk pakaian, dekorasi rumah, website hingga desain grafis lainnya. Dan ini cukup menjanjikan jika benar – benar ditekuni.

4. Membuka jasa konveksi pakaian

Jika wanita selalu diidentikkan dengan pakaian, maka tidak jarang banyak dari pengusaha wanita yang membuka jasa konveksi. Jasa konveksi ini selain menghasilkan keuntungan juga dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Tidak sedikit memang modal yang harus dikeluarkan, tapi ternyata banyak yang menekuni bidang konveksi ini hingga sukses.

5. Memberikan jasa pengajaran atau kursus

Karena dikenal sabar dan telaten, banyak perempuan yang memilih untuk memberikan jasa pengajaran atau kursus kepada orang lain. Biasanya yang paling banyak melakukannya adalah para mahasiswi yang membuka jasa kursus bagi anak sekolah dasar atau menengah pertama. Dan ternyata selain menambah dan membagi ilmu yang sudah dimiliki, usaha ini juga menjanjikan bagi mahasiswi itu sendiri. Kursus juga tidak terbatas untuk pelajaran formal, bisa juga seperti kursus musik, berenang hingga melukis.

6. Memproduksi berbagai kerajinan tangan atau handycraft

Banyak wanita yang dikenal kreatif menciptakan atau menghias sebuah barang. Itu sebabnya banyak wanita membuka bisnis dengan menjual berbagai barang kerajinan tangan atau yang lebih dikenal dengan hadycraft. Barang yang diproduksi juga beranekaraga, mulai dari hiasan lampu tidur, pop up album foto, tas rajut, perhiasan, dan lain sebagainya. Produk seperti ini banyak dicari di masyarakat, terlebih saat banyak orang berlomba – lomba memiliki produk yang bertema vintage, sehingga produk handycraft sangat digandrungi oleh masyarakat.

7. Membuka jasa catering

Seperti halnya membuka toko kue, jasa catering ini juga identik dengan wanita. Tapi jika jasa catering ini cangkupannya lebih luas, baik jumlah produksi hingga pasar yang dituju. Sebenarnya pemilik catering sendiri tidak perlu mereka yang pintar dan jago memasak, tapi mereka yang pintar mencari pasar dan memasarkan jasa catering tersebut.

[baca juga: 7 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis Kuliner]

8. Jasa laundry

Nah, yang satu ini memang banyak dimiliki dan dikelola oleh para wanita. Baik yang membuka jasa laundry dari rumah atau menyewa sebuah toko di dekat lokasi perkuliahan dan kos mahasiswa. Jasa laundry bisa menjadi ladang keuntungan besar bagi mereka yang mengelolanya dengan baik.

9. Jasa fotografi

Ada juga jasa fotografi yang banyak dimiliki oleh para kaum hawa. Memang sebagian besar saat ini jasa fotografi dijalankan oleh para lelaki, tapi tidak sedikit wanita aktif yang membuka jasa seperti ini. Mereka yang awalnya hobi, lalu mau menekuni sampai bersekolah khusus fotografi dan akhirnya menjadi seorang fotografer yang menghasilkan banyak karya. Tidak sedikit juga para fotografer wanita yang sukses hingga ke luar negeri dan menjadikan ini hobi yang menghasilkan.

10. Fashion blogger

Selanjutnya adalah fashion blogger. Tidak banyak yang tahu bahwa fashion blogger adalah profesi yang menyenangkan dan banyak dilakukan oleh para wanita. Mereka yang suka bersosial media, baik itu menjadi blogger atau pengguna aktif dari sosial media akan dengan mudah menjadi seorang fashion blogger. Terlebih saat mereka senang dan terus mengikuti perkembangan trend fashion di masyarakat. Itu sebabnya tidak banyak yang tahu bahwa fashion blogger adalah sebuah profesi yang dapat memberi peluang menjanjikan dan keuntungan besar bagi pelakunya. Mereka bisa juga mendirikan sebuah bisnis online yang berhubungan dengan hobi sebagai seorang fashion blogger ini. Dan itu juga menjadi bisnis yang menjanjikan bagi mereka, karena koneksi yang mereka miliki sudah pasti banyak.

Jadi mana yang Anda sukai ladies? Menjadi wanita bukan berarti Anda dibatasi oleh ruang kerja dan ruang berkembang untuk sukses. Selain 10 diatas, ada banyak profesi dan usaha yang bisa dijalankan dengan baik oleh seorang wanita. Termasuk Anda. :)

Baca juga:

11 Cara Membuat Kreativitas Anda Semakin Bertambah

7 Tips Menjadi Solopreneur yang Suskes Membangun Bisnis Rumahan

35 Tips Mendirikan Bisnis Sendiri bagi Para Pemula

Loading...

  • 1
    Share

1 komentar

  • 2 November 2014 - pukul 9:08

    Sebenarnya bisnis untuk wanita juga bisa dilakukan oleh pria, dan sebaliknya. Namun harus jeli dalam mengambil kebijakan.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *