Running A Business

Trik Agar Jualan Online Anda Bisa Mendapat Kepercayaan Pelanggan

 

Jualan Online – Penting halnya sebagai pemilik bisnis kita menjaga kepercayaan dari para pelanggan kita. Ini demi kelangsungan bisnis dengan lebih baik. Begitu juga dengan model bisnis jualan online, yang jelas memiliki banyak perbedaan dengan toko fisik yang biasanya kita temui.

Selain dari produk yang tidak bisa kita lihat dan sentuh secara langsung, proses pembayaran yang juga harus transfer, membuat sebagian besar calon pelanggan dan pelanggan online ragu dan kurang yakin dengan toko online tertentu. Namun, kita harus tetap dan mampu menjaga dan memberikan kesan terbaik kepada pelanggan dan calon pelanggan online kita. Bagaimanakah? Berikut jawabannya!

Pastikan jualan online Anda menyediakan informasi yang pelanggan butuhkan

Apa yang pelanggan butuhkan dan inginkan adalah kunci kesuksesan dari sebuah bisnis. Anda harus mampu membaca dan mengetahui apa saja kira-kira informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan Anda.

Pelanggan online tidak bisa melihat produk yang mereka inginkan secara langsung bukan? Ini sebabnya kita butuh untuk memberikan informasi yang lengkap dan jelas kepada mereka mengenai produk yang kita jual.

Memudahkan pelanggan menghubungi usaha jualan online Anda

Salah satu cara dan media komunikasi toko online dengan pelanggan mereka adalah melalui media online. Ketika Anda memutuskan untuk mendirikan bisnis online, itu artinya Anda juga harus berkomitmen akan menjaga kepercayaan pelanggan melalui komunikasi yang terjadi.

Pelanggan harus bisa dengan mudah menghubungi Anda. Jika ada pelanggan yang ingin bertanya mengenai produk atau konfirmasi pembayaran, jangan biarkan mereka menunggu balasan Anda terlalu lama. Jika memang ada suatu kendala yang membuat Anda lama membalas atau bahkan sulit dihubungi, cepat jelaskan kepada pelanggan Anda, mengapa hal itu terjadi. Ini adalah salah satu cara menjaga kepercayaan pelanggan online Anda.

Tunjukkan testimoni pelanggan

Testimonial pelanggan adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk terus menjaga kepercayaan pelanggan dan juga menarik calon pelanggan. Dari testimonial yang diberikan, kita dapat mengetahui apa pelanggan sudah merasa puas dan senang dengan produk dan layanan yang kita berikan, atau belum.

Sehingga, Anda bisa mengoreksi apa yang membuat pelanggan senang atau tidak dengan toko online Anda. Dan dengan testimonial, kita dapat menarik perhatian dari calon pelanggan yang mengunjungi website kita. Mereka cenderung mencari pendapat dan tanggapan dari testimonial suatu toko online, sebelum mereka memutuskan untuk membeli produknya.

Adakan fasilitas pengembalian barang

Coba tawarkan layanan dengan bersedia menanggung kasalahan yang kita lakukan atau yang pelanggan dapatkan dari produk kita, seperti produk rusak, produk terlambat datang atau bahkan produk salah. Seperti halnya produk rusak, mungkin saja memang bukan salah kita dalam membuat, tapi bisa saja ada kejadian yang membuat produk tersebut rusak diperjalanan, dan kita harus memberikan dan meyakinkan pelanggan jika kita bersedia menggantinya. Ini dinilai sebagai cara yang dapat menjaga kepercayaan pelanggan terhadap suatu toko online.

Mendapat kepercayaan pelanggan adalah kunci suksesnya bisnis yang Anda jalani. Oleh karenanya, jangan pernah menyerah berusaha mendapatkan kepercayaan pelanggan Anda.
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *