Produktivitas

Simak Kebutuhan Masyarakat saat PPKM Darurat

 

Kebutuhan Masyarakat saat PPKM Darurat – Sejak pandemi yang melanda dunia sejak tahun lalu telah mempengaruhi kehidupan masyarakat. Perubahan tersebut juga terlihat pada pola konsumsi masyarakat. Banyak orang yang lebih memilih mengalokasikan dananya untuk memenuhi kebutuhan pokok harian. Tak heran juga jika kebutuhan masyarakat akan bahan pangan menjadi lebih tinggi selama pandemi.

Kelola Keuangan saat PPKM Darurat

Pada situasi pandemi seperti saat ini, mau tidak mau masyarakat harus bisa mengatur keuangan dengan bijak. Hal ini dilakukan agar kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi dengan baik. Memang menentukan prioritas keuangan sangat diperlukan. Sebab, setiap orang mempunyai kondisi atau tantangan yang berbeda-beda. Tidak semua orang memiliki penghasilan yang stabil selama masa pandemi atau selama PPKM Darurat ini. Sehingga, tentunya harus dialokasikan kepada kebutuhan yang menjadi prioritas. Saat ini yang menjadi prioritas di situasi saat ini adalah kebutuhan darurat atau esensial.

Adapun kebutuhan makan dan minum, kesehatan, kebersihan, dan komunikasi. Oleh sebab itu, untuk bisa memenuhi kebutuhan esensial, seseorang dituntut untuk bisa mengatur mana yang menjadi yang menjadi prioritas dari dana yang tersedia. Hal ini menjadi sangat penting, ketika seseorang memiliki penghasilan yang terganggu atau terhenti karena adanya pembatasan ini.  Misalnya, yang tadinya berjualan atau membuka bisnis tapi karena adanya pandemi jadi tutup atau karena PPKM Darurat jadi harus tutup sementara.

Kebutuhan Pokok, Vitamin, dan Obat-obatan selama PPKM Darurat

Semenjak diberlakukannya PPKM Darurat ada berupa paket kebutuhan pokok, vitamin, dan obat-obatan ini sengaja dilakukan untuk membantu para warga yang saat ini terkena dampak pandemi Covid-19. Semoga dengan adanya baksos tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang sangat membutuhkan.

Kebutuhan untuk Pasien Isolasi Mandiri

Pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah rentan mengalami  keburukan yang berakhir fatal. Perlu kepastian tenaga dan alat keshatan, serta pasukan obat untuk mereka. Banyak pasien yang isolasi mandiri mengalami kesulitan memenuhi kehidupan sehari-hari. Alhasil, mereka terpaksa keluar rumah untuk mencari nafkah.

Pemenuhan kebutuhan pasien yang isolasi mandiri sudah sangat banyak terbantu oleh sistem sosial dengan gotong royong warga. Namun, dengan kasus yang sangat banyak, warga juga sudah mulai terasa berat untuk bergotong royong. Oleh sebab itu, pemberlakuan PPKM Darurat ini perlu diikuti dengan bantuan kebutuhan pokok untuk warga yang menjalani isolasi mandiri agar kebijakan lebih efektif dan mengurangi warga keluar rumah.

Peningkatan Kebutuhan Oksigen

Dengan penambahan kasus yang terus tinggi setiap harinya, suplai oksigen yang dibutuhkan pun kian meningkat dianggap krusial. Namun begitu juga kebutuhan oksigen yang diprediksi semakin meningkat signifikan selama pemberlakuan PPKM Darurat.

Oximeter juga termasuk Kebutuhan selama PPKM Darurat

Sebagai informasi, Oximeter adalah alat pengukur kadar oksigen dalam darah. Sama halnya seperti tabung gas oksigen, beberapa waktu ini oximeter banyak diburu masyarakat yang membuat ketersediaan alat kadar oksigen tubuh langka di pasaran.

Perlu diketahui, kadar saturasi oksigen normal dari hasil pengukuran pulse oximeter berkisar antar 95 persen sampai 100 persen. Saturasi oksigen (SpO) mulai menurun ketika kadarnya dibawah 94 persen. Menyikapi hal tersebut, sehingga banyaknya masyarakat yang memborong oksigen untuk antisipasi menurunnya saturasi oksigen tiba-tiba ketika menjalani isolasi mandiri Covid-19.

Jadi, Jika mobilitas penduduk bisa berkurang hingga minimal 50 persen, kondisi itu dinilai cukup membantu mengurangi penularan virus. Karena itu, seharusnya untuk semua pihak harus turut berupaya menghentikan Covid-19 dengan cara di rumah saja. Selain itu, untuk semua masyarakat yang tidak berkepentingan harus bisa menahan diri agar tidak keluar rumah serta menghindari kerumunan.


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *