Insider

Kesalahan Dalam Instagram Marketing: Terlihat Sepele Namun Berisiko!

 

Loading...

Kesalahan Dalam Instagram Marketing – Fitur yang mudah dan murah membuat Instagram begitu digemari untuk berbisnis. Ups, ternyata banyak pebisnis yang melakukan kesalahan-kesalahan tersebut, lho.

Sayangnya, terkadang pebisnis tak sadar bahwa ia telah mengambil langkah yang salah dalam Instagram marketing. Langkah-langkah tersebut terlihat sepele. Alih-alih meningkatkan penjualan, langkah-langkah tersebut malah mematikan.

Yuk, silakan cek apa saja kesalahan-kesalahan tersebut. Jangan-jangan… Anda juga melakukannya?

1. Feed akun yang tidak mendukung

Banyak akun yang kurang maksimal dalam mengolah feed atau tampilan akun. Jadikanlah tampilan akun Anda mudah diakses bagi konsumen

Pertama, tentu jadikan feed Anda menarik agar konsumen erminat pada produk Anda. Jadilah kreatif! Banyak fitur-fitur Instagram serta aplikasi penunjang untuk menciptakan postingan ciamik.

Cantumkan harga produk serta untuk prosedur pembelian. Kini Instagram bahkan memiliki fitur product tagging yang bisa Anda manfaatkan untuk menandai harga pada postingan produk.

2. Proses transaksi yang terlalu rumit

Jangan sampai proses transaksi produk membuat konsumen Anda membatalkan proses transaksi!

Susunlah langkah bertransaksi yang efektif, yakni mudah dilakukan oleh konsumen Anda. Metode pembayaran yang menyulitkan dapat membuat konsumen hilang kesabaran

Ada cara mudah untuk memastikan apakah proses transaksi bisnis Anda sudah tepat. Posisikan diri Anda sebagai konsumen. Lantas, apakah Anda sendiri sudah puas?

3. Nekad membeli fake followers untuk akun Anda

Rata-rata, fake followers adalah akun robot yang bukan orang sungguhan. Followers boleh saja banyak, namun belum tentu postingan Anda punya banyak likes. Citra bisnis Anda dapat menjadi rusak, lho.

Selain itu, jika Instagram mendeteksi hal tersebut, akun Anda bisa kena shadowban. Akibatnya, hashtag Anda tersembunyi dan postingan Anda hanya bisa dilihat oleh followers. Ngerinya, agak sulit untuk meyakinkan pihak Instagram agar menyudahi shadowban.

Wah… Super duper tidak sehat, bukan?

4. Posting penjualan produk non-stop

Kesalahan dalam Instagram marketing selanjutnya mungkin terdengar remeh, tapi seringkali dilakukan. Seringkali, pebisnis memposting penjualan produk dengan harapan produk tersebut cepat laku terjual.

Terlalu sering memposting produk juga tidak baik, lho. Instagram pada dasarnya adalah platform untuk hiburan dan gaya hidup. Membanjiri feed dengan sale produk bisa membuat konsumen jenuh.

Memposting memang harus konsisten, bukan berarti isinya harus terkait sale melulu. Anda bisa memposting sesuatu yang memperkuat image brand Anda. Sesekali, memposting sesuatu yang lucu itu menarik, lho!

5. Malas memanfaatkan fitur Instagram Story

Fitur ini dapat meningkatkan engangement dengan konsumen, bahkan mendapatkan followers baru. Sama halnya dengan postingan, jangan sampai Instagram Story akun Anda isinya jual produk melulu.

Story-story kreatif dan menghibur bisa memperkuat brand Anda. Jalinlah kedekatan dengan followes dan konsumen Anda melalui Instagram Story.

Kesalahan dalam Instagram marketing, jauhi dan berhenti!

Kini, Anda telah mengetahui apa saja yang dapat menjadi kesalahan dalam Instagram marketing. Jika Anda pernah melakukannya, jangan diulangi! Kalau Anda masih melakukannya, bertaubatlah! Jangan sampai bisnis Anda kacau, banyak strategi yang bisa dilakukan.

Jika Anda ingin memaksimalkan performa akun bisnis Instagram, Anda wajib menyimak strategi-strategi ampuh bisnis Instagram. Silakan simak di sini:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/324147

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *