Running A Business Start A Business

Kiat Menciptakan Keunikan Produk dalam Membangun Bisnis

 

Keunikan Produk – Dalam membangun bisnis, sebagian dari Anda mungkin sering mendengar istilah USP (Unique Selling Proposition) yang mana berarti sebuah keunikan produk dalam menarik minat calon konsumen. Karena bagaimanapun dalam sebuah pasar yang sama akan banyak jenis bisnis yang sama pula, itu artinya saingan yang bisnis Anda miliki akan semakin banyak. USP atau keunikan produk Anda yang menjadi pembeda dan pembanding bagi bisnis kita dan bisnis lainnya. Dan berikut ini adalah beberapa cara menciptakannya!

Pahami tujuan menciptakan keunikan produk Anda

Apakah Anda sudah tahu untuk apa bisnis Anda memiliki USP? Jika Anda berfikir bahwa USP adalah hal yang bisa Anda jadikan pembeda, maka Anda tidaklah salah. Namun, USP yang Anda miliki harus benar – benar membedakan bisnis Anda dengan bisnis pesaing Anda. USP juga harus memberikan keuntungan berlipat bagi bisnis Anda.

USP yang bagus harus memiliki alasan yang bagus untuk menarik orang untuk datang kepada Anda. Jika tidak, maka bisnis tersebut tidak akan terlihat di tengah persaingan. Karena pada dasarnya sebuah bisnis akan berbagi keuntungan dengan bisnis lainnya. Itu sebabnya bisnis Anda harus benar – benar memiliki perbedaan dengan yang lain. Dan jika ingin selalu diingat, maka bisnis Anda harus terlihat benar – benar menonjol dari bisnis yang menjadi pesaing Anda.

Mengetahui apa yang dapat memunculkan keunikan produk Anda

Cara terbaik untuk menemukan keunikan Anda adalah mulai melihat bisnis Anda dari arah yang berbeda. Cobalah Anda memposisikan diri sebagai seorang yang tidak mengenal bisnis ini sebelumnya. Cobalah untuk seolah – olah menjadi orang yang sedang mencari solusi dari masalah yang dibutuhkan, dan sedang membandingkan dengan bisnis lain. Temukan apa yang membuat bisnis ini berbeda dan unggul dari lainnya. Pertanyaan yang Anda berikan pada diri sendiri akan membantu kita membedakan bisnis Anda dengan pesaing Anda.

Pastikan orang lain mengetahuinya

Ada banyak cara untuk menunjukkan USP yang Anda miliki. Salah satu yang paling mudah adalah dengan memberitahukan kepada pelanggan lama Anda, bahwa Anda kini memiliki USP yang benar – benar berbeda dari sebelumnya. Pastikan USP Anda harus menjadi jawaban dari kebutuhan pelanggan. Anda harus bisa memberikan mereka solusi untuk memiliki bisnis Anda sebagai solusi dari permasalahan mereka.

Pikirkan kebutuhan tambahan

Setelah Anda tahu untuk apa dan bagaimana membuat USP Anda menjadi senjata ampuh bagi bisnis Anda, kini saatnya Anda memberikan pembelajaran dan pelatihan bagi seluruh tim Anda. Anda harus memastikan bahwa tenaga dari dalam perusahaan juga dapat mendukung terciptanya USP yang sesungguhnya. Anggota tim harus tahu dan memahami benar strategi apa yang Anda terapkan. Cek bahwa apa yang Anda ciptakan benar – benar unik dan pastikan bahwa ide unik Anda benar – benar berbeda dan bisa digunakan dimanapun dan kapanpun.

Demikian tips yang bisa Anda terapkan dalam menciptakan keunikan produk bisnis. Anda sudah siap mencobanya?
(dok. Pexels)

Baca juga:

Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Menawarkan Produk

Fakta Unik Pengaruh Warna pada Produk Bisnis Anda

Sukses Mengenalkan Produk dengan Trik Story Telling


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *