Insider

5 Keuntungan Investasi Reksadana untuk Pemula

 

Keuntungan investasi reksadana – Bagi Anda yang sedang berjuang untuk mencapai kemandirian finansial, investasi adalah salah satu langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Di Indonesia, ada banyak cara untuk berinvestasi, mulai dari penanaman modal ke sebuah bisnis, pembelian emas, saham, dan reksadana. 

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada baiknya Anda meninjau produk dan cara berinvestasi yang paling cocok dengan kondisi keuangan, tujuan finansial, serta profil risiko Anda. Bagi Anda yang baru memulai investasi, reksadana merupakan salah satu produk investasi yang boleh Anda pertimbangkan.

Reksadana adalah instrumen investasi yang mewadahi investasi dari sekumpulan investor di pasar modal melalui jasa manajer investasi. Di pasar modal Indonesia, ada empat jenis reksadana yang diakui, yaitu reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana campuran. 

Untuk membantu Anda memilih produk investasi yang terbaik, pada artikel ini, Mebiso mengulas lima keuntungan investasi reksadana di bawah ini, yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk memilih produk investasi.

Kelebihan Investasi Reksadana Bagi Anda yang Baru Memulai Investasi

1. Bisa Dimulai dengan Dana yang Terbatas

Anda bisa memulai investasi reksadana dengan dana minimal
Sumber: www.unsplash.com

Salah satu keuntungan investasi reksadana di era digital adalah minimal dana investasi yang rendah. Di banyak perusahaan agen reksadana yang menyediakan aplikasi investasi, investasi bisa dimulai dengan dana sebesar Rp10.000,00 saja. 

Cara kerja reksadana lah yang memungkinkan investor untuk memulai berinvestasi dengan dana yang minimal. Reksadana adalah wadah pengelolaan kumpulan dana dari berbagai investor yang dikelola manajer investasi. Dengan begitu, investor tidak perlu berinvestasi dalam jumlah besar.

Namun, tentu saja profit yang dibagikan akan menyesuaikan jumlah unit penyertaan yang dimiliki masing-masing investor. Semakin banyak jumlah unit penyertaan yang dimiliki seorang investor, semakin besar kemungkinan dia untuk mendapatkan profit yang lebih tinggi.

2. Relatif Lebih Mudah untuk Dipelajari

Reksadana adalah salah satu produk investasi yang cocok untuk investor pemula di pasar modal, sebab untuk memulai berinvestasi, Anda hanya perlu membeli unit penyertaan.

Setelahnya, pengelolaan dana yang telah Anda investasikan akan dikelola oleh manajer investasi. Nantinya, akan ada laporan tentang perkembangan investasi Anda terkait keuntungan yang Anda dapatkan.

3. Dikelola oleh Manajer Investasi yang Profesional

Pada investasi reksadana, dana investasi Anda akan dikelola oleh manajer investasi yang profesional di bidang investasi pasar modal. Para manajer investasi adalah orang yang memiliki kualifikasi dan pengalaman dalam mengelola dana investasi.

Tugas dari manajer investasi adalah mengurus dana investasi investor, mengurus dana investasi, merancang portofolio investasi, menentukan strategi investasi, dan seterusnya. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir.

4. Risiko yang Relatif Rendah Dibanding Produk Investasi Lainnya

Keuntungan investasi reksadana lainnya adalah di antara produk investasi di pasar modal, reksadana termasuk produk investasi yang memiliki risiko investasi yang lebih rendah. Risiko reksadana lebih rendah karena dana investasi tidak dialokasikan kepada satu produk saja. Dengan begini, portofolio investasi terdiversifikasi.

Sebagai ilustrasi, bila reksadana Anda menempatkan dana Anda di 5 perusahaan. Dua di antaranya mengalami risiko kerugian (risk of loss), namun tiga sisanya memiliki risiko keuntungan (risk of gain). Karena alokasi dana di perusahaan yang berbeda-beda, risiko kerugian investorpun berkurang.

5. Transaksinya Bisa Dilakukan secara Online

Sekarang, transaksi reksadana dapat dilakukan secara online
Sumber: www.unsplash.com

Keuntungan investasi reksadana yang sangat memudahkan investor adalah transaksinya dapat dilakukan secara online. Berkat kemajuan teknologi, kini investasi reksadana dapat dilakukan investor melalu aplikasi. Banyak Agen Penjual Efek reksadana menyediakan layanan transaksi reksadana secara digital, seperti Bibit, Tanamduit, Bareksa, dan Buka Reksa (Tokopedia), dan lain-lain. Anda bisa memilih untuk berinvestasi di agen penjual manapun, selama perusahaan itu diakui oleh OJK. Selama perusahaan tersebut memiliki sertifikasi WAPERD/APERD dari OJK, Anda tidak perlu mengkhawatirkan legalitasnya. 

Dengan fasilitas aplikasi, transaksi dapat Anda lakukan dimana saja dan kapan saja asalkan Anda memiliki koneksi internet dan memiliki aplikasi m-banking di ponsel Anda. Yang harus Anda ingat, pembelian unit reksadana maupun pencairan dana di layanan reksadana digital umumnya memakan waktu 3-7 hari.


Itulah beberapa kelebihan investasi reksadana bagi para investor pemula. Menyiapkan keuangan untuk masa depan memang bukan hal yang mudah, namun tak ada kata terlambat untuk memulai. Semoga ulasan ini membantu, selamat berinvestasi!

Baca juga artikel menarik lainnya


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *