Technology

Kilas Balik 20 Sejarah Kunci Youtube

 
  • 1
    Share

Youtube. Video di dalamnya ditonton hingga mencapai total 4 miliar jam setiap bulannya. User mengunggah video senilai 72 jam setiap menitnya. Angka fantastis ini tidak dicapai begitu saja. Sejak awal tahun 2005 hingga kini berkembang sebagai situs video online paling populer di dunia, YouTube memiliki rekam jejak yang menarik untuk diikuti. Seperti apa?

Chad Hurley mendaftarkan merek dagang, logo, dan domain YouTube pada Hari Valentine 2005.

1-chad-hurley

Sebelum 14 Februari 2005, sangat sedikit orang yang pernah mendengar nama “YouTube.” Dia didirikan oleh mantan karyawan PayPal; Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Ide pendirian Youtube lahir di sebuah pesta makan malam sekitar satu tahun sebelum peluncuran resminya. Karim mengungkapkan bahwa ada dua peristiwa di tahun 2004 yang menginspirasinya mendirikan Youtube, yakni: kegagalan wardrobe Janet Jackson di Super Bowl dan bencana tsunami di Samudera Hindia.

YouTube meluncurkan versi beta di bulan Mei 2005.

2-beta-youtube

Video pertama yang diposting ke Youtube: “Me at the Zoo” hanya berlangsung selama 19 detik.

Pada tanggal 23 April 2005, pendiri YouTube Jawed Karim memposting sebuah video yang jadi video pertama YouTube. Judulnya “Me at the Zoo.” Video ini persis sebagaimana judulnya, yaitu Karim berdiri di depan gajah di sebuah kebun binatang San Diego dan berbicara tentang belalai mereka.

3-jawed-karim

Me at the Zoo

Di bulan September 2005, video di YouTube mencapai angka satu juta hit pertamanya.

4-ronaldinho-nike-ads

Video ini adalah klip iklan Nike yang menampilkan pemain sepakbola asal Brasil, Ronaldinho menerima sepasang Sepatu Emas. Nike adalah salah satu perusahaan pertama yang merangkul potensi promosi di YouTube.

YouTube secara resmi diluncurkan pada 15 Desember 2005.

5-youtube

Setelah mendapat investasi senilai $ 3,5 juta dari Sequoia Capital pada bulan November 2005, YouTube mampu meningkatkan bandwidth, kapabilitas server, dan mulai meluncurkan namanya ke publik untuk meningkatkan trafik.

YouTube menjalin kesepakatan dengan NBC pada bulan Juni 2006, membantu perusahaan media tradisional memasuki era digital yang baru.

6-youtube-nbc

Pada bulan Februari 2006, NBC meminta YouTube untuk menarik klip dari salah satu segmen Saturday Night Live yang disebut “Lazy Sunday”. Peristiwa ini berhasil menarik banyak perhatian publik. Kemudian pada bulan Oktober 2006, YouTube memenuhi permintaan NBC dan meluncurkan program Verifikasi Konten untuk membantu pemilik konten seperti NBC menemukan dan menghapus video yang melanggar hak cipta mereka. Namun sebagai bagian dari kesepakatan, YouTube dipercaya untuk membantu mempromosikan kilasan program musim gugur NBC. Kesepakatan ini menandai awal dari beberapa kemitraan kunci dengan beberapa penyedia konten di kemudian harinya.

Google melihat potensi YouTube dan mulai mengambil alihnya dengan angka mencapai $ 1,65 milyar pada bulan Oktober 2006.

Google mengakuisisi situs video-sharing ini dengan angka $ 1,650,000,000. Pada saat Google menyebut Youtube sebagai “revolusi dunia Internet,” pada saat itu pula, karyawan YouTube hanya berjumlah 65 orang.

Pada Mei 2007, YouTube meluncurkan Program Kemitraan yang memungkinkan user mendapatkan bayaran dari video viralnya.

7-what-the-buck

Inilah pertama kalinya YouTube mewujudkan mimpi dari orang-orang biasa yang ingin mengubah hobinya menjadi bisnis. Sekitar setahun kemudian, New York Times melaporkan bahwa user paling sukses mendapatkan pendapatan hingga enam digit angka dari YouTube. Michael Buckley misalnya. Dia berhenti dari pekerjaannya begitu menyadari bahwa pertunjukan YouTube-nya, The What The Buck Show, mampu memberikannya lebih banyak uang daripada gajinya sebagai asisten administrasi di sebuah perusahaan promosi musik.

Seorang bayi bernama Charlie mengambil alih perhatian dunia di bulan Mei 2007.

Video berdurasi 56-detik yang menampilkan balita yang menggigit jari kakaknya ini menjadi salah satu video yang pernah paling banyak ditonton selama sejarah YouTube. Pada bulan Februari 2012, keluarga di belakang video ini telah menerima hingga lebih dari $ 150.000.

8-charlie

Charlie Bit Me

Pada bulan Juli 2007, YouTube bekerja sama dengan CNN menyelenggarakan debat presiden untuk pemilu 2008 Amerika Serikat.

9-election-youtube

Tujuh dari 16 calon presiden mengumumkan kampanye mereka melalui YouTube. Pada bulan Juli, YouTube dan CNN menyelenggarakan debat presiden pertama mereka, menampilkan pertanyaan yang diajukan warga melalui video.

Google memutuskan sudah waktunya untuk mendatangkan income dari Youtube. Iklan pertama digulirkan pada bulan Agustus 2007.

10-ads-google

Iklan pertama adalah sebuah banner semi-transparan yang muncul sekitar 10-15 detik di 20% bagian bawah video. Hal ini merupakan tanggapan dari Google untuk pertanyaan tentang bagaimana raksasa pencarian akan menghasilkan uang dari situs video.

Di bulan April 2009, Usher mengenalkan Justin Bieber ke dunia melalui video di YouTube.

11-usher-bieber

Usher mengumumkan kalau Bieber telah teken kontrak rekaman dengan Island Def Jam record. Video klip “Baby” dari Justin Bieber menjadi salah satu video klip yang paling banyak dilihat di YouTube.

YouTube menjadi kian mainstream di tahun 2009.

12-kongres-as

Pada bulan Januari 2009, Kongres AS ke-111 meluncurkan secara resmi saluran YouTube untuk Kongres. Sebulan kemudian, Vatikan juga meluncurkan saluran YouTube mereka.

YouTube dan tim Vivendi meluncurkan Vevo sebagai model layanan video musik terbaru pada bulan April 2009.

13-vevo

Ini adalah langkah pertama YouTube dalam memperbaiki hubungannya dengan perusahaan musik yang seringkali mengeluh tentang pembajakan dan ketidakadilan persyaratan lisensi. Sebagai bagian dari perjanjian, Vevo bebas untuk mendistribusikan video musik di YouTube dan YouTube bisa terus menampilkan video musik dari label-label besar.

YouTube mulai menyewakan film sejak Januari 2010.

14-youtube-rent

Dengan masuk ke Netflix, Youtube seolah menegaskan tujuannya untuk menjadi lebih dari sekadar situs berbagi video amatir. Dimulai dengan beberapa film dari Sundance Film Festival, hingga kini berkembang dengan kerjasama studio-studio besar seperti Paramount, Disney, Universal, Sony, dan Warner Brothers.

YouTube mulai menyiarkan Live sejak April 2011.

15-youtube-live

Pada bulan April 2011, YouTube resmi memasuki bisnis penyiaran dengan peluncuran YouTube Live. YouTube Live memungkinkan situs ini untuk streaming segala sesuatu mulai konser, royal wedding, Olimpiade, hingga pilpres.

Pada bulan Juli 2012, untuk pertama kalinya seluruh dunia bisa menyaksikan Olimpiade melalui live-streaming.

16-youtube-olimpiade

YouTube memungkinkan NBC menyiarkan Olimpiade musim panas secara Live. Bisa diakses pula dari setiap perangkat, mulai komputer, ponsel, hingga tablet.

YouTube menjadi media penyiaran pilpres pada Agustus 2012.

17-pilpres-as

YouTube meluncurkan channel YouTube Elections Hub sebagai one-stop media untuk peliputan pemilu secara live pada bulan Agustus 2012..

Selama 5 bulan, Gangnam Style mencapai 1 miliar view pada bulan Desember 2012.

18-psy

Yang hingga kini jadi video nomor satu di YouTube dengan lebih dari 1.3 milyar view. 2012 secara umum juga jadi tahun terbesar YouTube. Dengan orang-orang menonton video senilai lebih dari 4 miliar jam setiap bulan.

YouTube terus menjadi media yang mendistribusikan trensetter. Februari 2013, giliran virus Harlem Shake menyebar.

19-harlem-shake

Diikuti oleh berbagai versi yang dibuat sendiri oleh perusahaan, kampus, hingga komunitas di berbagai belahan dunia.

Tren ini pun akan terus berlanjut.

Bagaimana menurut anda?

Nah, sekarang Youtube juga sudah akrab di telinga para pebisnis. Bukan hanya mereka yang masih muda, Youtube juga sudah mulai digunakan oleh para pebisnis yang sudah lama melanglangbuana di dunia bisnis. Sebab Youtube memiliki potensi yang ebsar untuk dijadikan media promosi produk. Mulai dari menggunakan video komersial ataupun memasang iklan di berbagai video di Youtube.

1

Bahkan, Anda yang semua tidak mengenal bagaimana melakukan marketing di Youtube pun bisa menjadi seorang ahli. Anda cukup datang ke acara seminar Diskusitokoonline #5 yang akan di adakan di kota Malang. Mengusung tema meraih bisnis di usia muda, seminar kali ini juga akan diisi oleh salah satu pakar internet marketing yaitu Youtube marketing.

Jangan sampai ketinggalan ya! Segera daftarkan diri Anda di halaman pendaftaran berikut. :)


  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *