Interviews

Kualitas Terbaik adalah Komitmen yang Sukses Membawa AR Signature Menggapai Pasar Nasional dan Internasional

 

   

Berlatar belakang sarjana Management, Almaciga Tjondro(25) beserta sang kekasih Maharani Ruth(22) mencoba peruntungan berbisnis perhiasan dengan brand AR Signature. Meskipun di Indonesia, perhiasan masih tergolong barang mewah, dan tidak semua orang bisa memiliki perhiasan yang murah, berkualitas dan sesuai dengan keinginan mereka, namun Bapak Tjondro yakin jika produk yang dihasilkannya sendiri ini bisa bersaing baik harga maupun kualitas dengan produk lain yang sudah lebih lama terjun ke masyarakat. Nah, beberapa waktu yang lalu tim Mebiso berhasil mewawancarai beliau dan berikut ini adalah cerita menarik dan inspiratif dari Bapak Almacigo Tjondro selaku owner dari AR Signature:

arsignature

Halo Bapak Tjondro, bisa diceritakan nih bagaimana latar belakang Bapak membangun bisnis ini dan menjadi enterpreneur sukses di usia muda?

Awal ketika masuk ke dunia enterpreneur adalah ketika saya menyadari bahwa saya bukan tipe orang yang bisa bekerja untuk perusahaan milik orang lain. Bila saya memaksakan diri, maka saya akan menghambat potensi diri sendiri dan tidak akan terlalu menguntungkan perusahaan tempat saya bekerja. Karena itu saya memutuskan untuk membentuk usaha dengan idealisme saya.

Sebagai pengusaha yang baru muncul di permukaan, saya juga memiliki apa itu pergorbanan untuk bisnis ini. Pengorbanan terbesar untuk menjadi enterpreneur adalah saya harus menjual semua investasi saya di bidang logam mulia dan menarik modal saya di dunia saham yang saya tekuni beberapa tahun sebelum saya lulus kuliah, karena saya memutuskan untuk membuka usaha ini dengan modal sendiri, resiko, apabila usaha ini gagal, maka semua modal itu akan hilang.

Wah, berani bertindak ya Pak. Lalu seperti apa sih bisnis Bapak ini?

Usaha kami bergerak di bidang pembuatan berbagai perhiasan dengan design yang original dan teknik pembuatan yang kami kembangkan sendiri. Material utama yang kami gunakan adalah:

  • Kristal Swarovski, yang sudah menjadi pilihan designer dunia senak tahun 1895.

  • Sedangkan komponen lain yang kami gunakan, selalu menjalani tahap uji coba yang kompleks sebelum lolos untuk dijadikan material pada, produk kami Seperti Gold Plated Wire dari Jerman, juga Glass Beads dari produsen Jepang.

Ide bisnis ini dimulai ketika saya ingin memodifikasi interior mobil saya dengan kristal Swarovski, karena untuk membeli Swarovski dari luar membutuhkan minimal order yang cukup besar, pacar saya juga ikut memesan Swarovski untuk dirangkai menjadi perhiasan untuk pribadi.

Awalnya perhiasan yang dibuat sangat sederhana, namun daya tarik dari Swarovski tersebut membuat orang – orang bertanya, dimana membeli produk tersebut. Lalu muncul ide, bahwa apabila perhiasan yang sederhana saja bisa menarik perhatian orang, apalagi perhiasan yang di design dengan sungguh – sungguh. Lalu dengan optimis, saya mengajak pacar saya untuk membuat usaha yang kami namakan “AR Signature”. Dimana kami meletakkan idealisme kami untuk membuat perhiasan dengan design yang original, yang tidak sekedar ikut – ikutan pasar dan mencari untung. Namun perhiasan yang memiliki karakter, dengan kualitas yang terbaik.

Bagaimana Bapak memasarkan produk yang Bapak jual ini?

Produk kami, kami tawarkan melalui Online,dimana banyak orang – orang dari daerah luar Jakarta yang tertarik dengan produk kami, maupun Bazaar ke mall – mall besar di Jakarta, seperti Plaza Indonesia, Grand Indonesia, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa artis yang membeli produk kami.

Menurut Bapak, bagaimana cara untuk menyeimbangkan antara harga dengan kualitas produk yang dihasilkan?

Cara kami menyeimbangkan antara kualitas dan harga . Material yang kami gunakan, selalu kami cari yang terbaik, sehingga sering menuai pertanyaan dari orang2 dekat kami, Seperti :

  • Apakah sebuah brand baru seperti AR Signature, bisa menjual barang dengan harga yang cukup tinggi, meski memang kalian menggunakan material yang bagus, apakah orang percaya ?

  • Mengapa tidak menurunkan kualitas bahan baku, agar harga bisa bersaing ?

Ide – ide semacam itu selalu kami tolak, karena seiring berjalannya waktu, kualitas produk akan mebedakan antara brand yang satu dengan yang lain. Meskipun awalnya perjalanan usaha kami ini sangat pelan, karena harga produk kami relatif mahal bila dibandingkan dengan harga produk lain sejenis, namun ternyata seiring berjalannya waktu, AR Signature mulai dipercaya oleh konsumen – konsumen kami. Dan dengan kualitas barang yang kami tawarkan, rupanya harga produk kami dianggap cukup murah oleh konsumen – konsumen kami.

Tingkat kepopuleran produk kami cukup seimbang antara satu dengan yang lainnya, tergantung dari karakter konsumen kami. Namun ada satu gelang yang cukup populer, yang kami namakan “Spring Dandelion” Karena harganya sangat terjangkau, dan model yang cocok untuk dipakai untuk sehari – hari untuk segala umur dan pekerjaan. Selain itu, bahan Stainless yang kami gunakan membuat Gelang yang dikombinasikan dengan Swarovski kristal ini anti karat.

Lalu bagaimana Bapak memberikan sentuhan yang berbeda dari yang lainnya untuk produk Bapak ini?

Sentuhan yang berbeda dari bisnis kami adalah kami tidak akan pernah puas. Kami memiliki komitmen untuk menggunakan material terbaik yang bisa kami temukan saat ini, artinya produk kami akan terus berkembang, seiring dengan  berjalannya waktu, karena, setiap kami menemukan material  yang lebih baik, kami akan mengganti material kami dengan yang lebih baik tersebut, dan kami selalu mengusahakan untuk tidak menaikkan harga.

Menjaga komitmen memang sangat penting ya Pak dalam berbisnis. Lalu prestasi apa saja yang sudah pernah diraih oleh Bapak bersama dengan bisnis ini?

Prestasi yang pernah kami raih adalah kami pernah dipercayai untuk menjadi sponsor salah satu majalah besar di Indonesia untuk memberikan produk kami sebagai hadiah untuk 10 wanita paling berpengaruh di Indonesia. Juga mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan salah satu brand kecantikan yang sudah terkenal di Singapura.

Jika dari segi pengalaman, pengalaman apa yang paling berkesan bagi Anda?

Pengalaman kami yang berkesan selama usaha kami, terutama dalam menghadapi pelanggan, adalah bahwa rupanya pelanggan tidak sesulit itu dihadapi. Selama kita berkomitmen untuk memberikan kualitas dan layanan yang terbaik. Konsumen menjadi teman terbaik kami untuk membantu mengembangkan usaha kami, bahkan memarketingkan produk kami secara gratis.

Memberikan pelayanan yang terbaik ya Pak kuncinya. Lalu tantangan dan kendala apa yang pernah Bapak hadapi?

Tantangan dan kendala kami yang pernah kami hadapi adalah dimana produk yang kami tawarkan ini masih cukup asing di Indonesia. Kami harus membuat orang – orang menjadi percaya akan brand kami ini. Awalnya, penjualan kami sangat – sangat rendah, namun kami tetap dengan optimis dan keras kepala untuk tidak menurunkan kualitas dari produk kami, dan bertekat untuk bersaing dengan kualitas dan harga. Akhirnya mulai terbentuk brand image yang cukup baik mengenai AR Signature pada konsumen – konsumen kami. Sehingga saat ini, kami sudah memiliki konsumen – konsumen yang loyal pada produk kami.

Lalu apa rencana kedepannya untuk AR Signature ini?

Kami memiliki rencana – rencana untuk mengembangkan produk kami, bukan di line perhiasan saja, namun kami belum bisa membicarakan detailnya, karena masih belum cukup matang untuk dipublikasikan.

Setiap orang sukses selalu memiliki motivasi atau orang yang paling memotivasi dan berpengaruh dalam hidupnya. Nah, apakah Bapak memiliki motivator untuk bisnis bapak ini?

Banyak sekali tokoh yang menginspirasi perjalanan saya, bukan hanya sebagai enterpreneur, namun dalam menjalani hidup. Seperti Thomas Alfa Edison dengan semangat yang tidak pernah padam saat menemukan bohlam lampu, Warren Buffee, Isaac Newton, dsb. Namun ada satu quote yang paling saya ingat, oleh Novel tokoh fiksi karangan Sir Arthur Conan Doyle, Sherlock Holmes, yang saya baca sejak umur saya 9 Tahun “ To a Great Mind, Nothing is Impossible”. Yang selalu mengingatkan kami, apabila kami merasa suatu hal itu mustahil, artinya kami masih kurang menggunakan otak kami.

Nah, untuk yang terakhir nih Pak. Saran apa yang dapat Bapak sampaikan kepada para pembaca mengenai dunia enterpreneur ini?

Saran yang bisa saya berikan seputar dunia enterpreneur adalah : Berkerja adalah salah satu cara terbaik untuk mengekspresikan dan menghargai diri Anda. Karena itu, bekerjalah sebaik mungkin dan hasilkanlah yang terbaik yang bisa Anda hasilkan.

 Wah, terimakasih sekali Pak sudah mau berbagi bersama semua pembaca Mebiso. Semoga bisa menjadi inspirasi banyak orang, dan semoga AR Signature sukses selalu :-)

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *