Start A Business

Layanan Bimbingan Belajar Sebagai Alternatif Bisnis dengan Modal Kecil

 
  • 35
    Shares

Loading...

Berbisnis tidak selalu dimaknai menjual barang. Memberikan layanan juga bisa menjadi pilihan. Ilmu pengetahuan adalah potensi dan aset terbesar yang kita miliki. Memberikan layanan bimbingan belajar kepada siswa SD/SMP/SMA sangatlah menjanjikan, mengingat pendidikan adalah kebutuhan primer bagi manusia. Tuntutan kurikulum yang semakin sulit dan kesibukan para orangtua sangat mendukung berkembangnya usaha bimbingan belajar.

Apa yang harus Anda lakukan untuk menulai bisnis Bimbingan Belajar?

1. Luruskan niat dan ketulusan hati

Anda harus menyadari bahwa pendidikan sangat berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Niatkan bahwa usaha yang Anda lakukan bertujuan untuk membantu siswa untuk mencapai prestasi maksimal. Jangan pernah berorientasi pada keuntungan dan penghasilan yang besar.

2. Membangun brand

Matangkan konsep Anda. dan mulailah membuat logo dan merk (brand) yang sederhana (simple), mudah diingat dan mengandung filosofi. Mulailah menysun kurikulum sendiri yang mengacu pada kurikulum nasional. Buatlah teknik pengajaran, jembatan keledai, soal latihan yang khas, sederhana, dan memudahkan pemahaman siswa Anda.

3. Tentukan pasar Anda

Di awal, Anda harus tentukan dulu segmentasi pasar mana yang akan Anda masuki. Pasar ekonomi menengah ke atas atau pasar menengah kebawah. Ini nantinya akan berkaitan dengan sistem promosi, media promosi yang Anda pilih serta pembuatan modul dan peraga dalam kelas. Kalangan ekonomi ke atas jelas akan menuntut Anda dengan fasilitas no 1, media peraga terbaik seiring kemampuan mereka dalam membayar.

4. Aplikasikan teknik marketing yang tepat

Lakukan promosi efektif seperti promo di berbagai TK ketika pertemuan orang tua atau ketika pembagian raport. Anda juga bisa melakukan promosi di perumahan melalui pertemuan arisan.

Tidak ada salahnya memberikan layanan gratis (free trial) bagi calon peserta didik Anda. Jika metode pengajaran yang Anda ciptakan unik dan layanan Anda terbukti berhasil, secara otomatis promosi word to mouth atau dari mulut ke mulut diantara peserta didik bimbel Anda akan menjadi kekuatan terbesar bagi kemajuan bisnis. Lakukan Promosi online dengan membuat blog/website yang berisi testimoni keberhasilan bisnis Anda.

5. Lakukan analisa modal

Mendirikan bimbingan belajar tidak harus menyewa tempat dengan lokasi strategis. Anda dapat memulainya dirumah, sehingga menghemat biaya sewa. Anda perlu mempersiapkan papan tulis, meja, kursi, alat tulis, fotocopy soal, dan ornament yang disukai anak-anak. Untuk memulai bisnis tersebut di rumah, Anda perlu menyapkan dana sekitar 1 juta rupiah.

Baca juga:

Menemukan Ide Bisnis dengan Cara yang Sederhana

10 Ide Bisnis Rumahan yang Patut Anda Coba

9 Pertanyaan untuk Menguji Ide Bisnis Anda

Loading...

  • 35
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *