Technology

Optimalkan LinkedIn untuk Bisnis dengan Trik Sederhana!

 

LinkedIn untuk Bisnis – Promosi bisnis tidak dapat dipisahkan dari adanya peran media sosial dan juga koneksi yang luas dengan banyak orang. Linkedin menjadi salah satu yang paling dicari saat ini. Selain menjadi tempat bertemunya para profesional kerja yang melakukan personal branding mereka sendiri, Linkedin untuk bisnis juga menjadi tempat perusahaan baik kecil maupun yang besar untuk memperkenalkan bisnis. Kegiatan promosi sendiri tidak berhenti sampai suatu bisnis mendapatkan keuntungan penjualan, tapi berlanjut pada bagaimana mereka menjalin kerjasama dan hubungan baik dengan pelanggan. Dan salah satunya yaitu melalui media Linkedin ini. Lalu bagaimana sebenarnya cara memaksimalkan Linkedin untuk proses promosi bisnis? Simak ulasannya berikut ini!

Buat akun LinkedIn untuk bisnis Anda secara terpisah

Selain menjadi media yang digunakan untuk menaruh semua data tentang kita dan pengalaman kerja kita, dalam bisnis, LinkedIn berfungsi sebagai tempat memperkenalkan bisnis kepada khalayak. Salah satu yang dibutuhkan saat menggunakan Linkedin untuk bisnis adalah dengan membuat akun pribadi baik diri Anda sendiri atau perusahaan Anda. Ini akan terlihat lebih profesional daripada Anda mencampur keduanya. Anda akan lebih konsen dalam mempromosikan diri Anda atau bisnis Anda.

Dalam membuat sebuah akun pribadi untuk diri sendiri dan juga bisnis Anda, jangan lupakan tentang nama akun dan juga foto dari profil yang dibuat. Ini akan menjadi alat branding kita ke rekan kita.

Rajin update LinkedIn untuk bisnis Anda

Saat ada update terbaru di akun LinkedIn kawan kita, kita tentu akan menerima notifikasi di email berupa pemberitahuan update tersebut bukan? Ya, seperti pekerjaan mereka saat ini. Inilah yang bisa Anda jadikan peluang dalam mempromosikan diri Anda dan juga bisnis Anda. Rekan atau teman Anda perlu tahu apa yang sedang dan akan Anda dan bisnis Anda lakukan. Mereka harus tahu update terbaru dari bisnis Anda. Maka dari itu, jangan segan untuk lebih sering melakukan update di Linkedin Anda. Ini akan memberikan kesan profesional di dalam diri calon pelanggan Anda. Tapi ingat lagi, jangan sampai update ini mengganggu dan menjadi masalah bagi Anda dan bisnis Anda. Lakukan dengan bijak dan tetap beretika.

Optimalkan fitur deskripsi pada profil

Jangan sia-siakan kolom dalam profil LinkedIn Anda yang berisi tempat bekerja, pengalaman bekerja, project apa yang sudah dan sedang dikerjakan dan lain sebagainya. Ajak rekan Anda untuk mengetahui bisnis apa sebenarnya yang sedang Anda bangun, project apa yang sedang bisnis Anda kerjakan dan lain sebagainya. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pelanggan Anda nantinya.

Jangan ragu minta rekomendasi

Salah satu fitur yang ada di LinkedIn adalah meminta rekomendasi dari teman. Seperti halnya branding di media pada umumnya, tentu kita akan meminta rekomendasi dari orang terdekat kita terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar kita mudah dikenal oleh orang yang sebenarnya tidak kita kenal sebelumnya. Teman atau rekan kita tentu memiliki relasi yang banyak dan berbeda. Mintalah rekomendasi dari mereka. Tapi Anda harus memastikan bahwa permintaan rekomendasi ini tidak akan menjadi bumerang bagi Anda dan membuat Anda kehilangan pelanggan Anda.

Demikian trik yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan LinkedIn untuk bisnis. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga membantu!
(dok. Unsplash)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *