Event

Liputan Seminar Tech In Asia di Surabaya

 

Tech In Asia selama sepekan menggelar roadshow di berbagai kota besar di Indonesia. 12 September kemarin giliran kota Surabaya. Sejumlah agenda seperti workshop, seminar tentang venture capital, dan pitching. Berikut liputannya :-)

Pada workshop, ada dua pemateri yang menyampaikan teknologi terbaru. Salah satunya dari pihak SAP yang membawakan produk baru mereka dalam kategori Database System. Namanya adalah SAP Hana. Dalam sesi tersebut dijelaskan mengenai kelebihan-kelebihan SAP Hana seperti performa yang tinggi, metode column-based database, mampu menghandle data besar dengan kecepatan real time, dan beberapa fungsi built-in lain yang dapat digunakan. Sayangnya, SAP Hana tidak sama dengan Oracle. Lisensi SAP Hana terbatas hanya untuk Enterprise Application atau aplikasi kelas atas. Bagi startup yang ingin develop aplikasi dengan Hana, maka anda harus sediakan koneksi stabil.

Selain SAP Hana, ada pula pihak Cyrus yang menyampaikan program kerjasama mereka dengan para developer. Pihak cyrus menyatakan bahwa mereka memiliki tiga metode untuk membantu developer mendistribusikan aplikasinya pada konsumen. Yang pertama adalah metode built-in apps. Jadi link aplikasi developer akan ditambahkan pada home screen secara otomatis. Prosedurnya adalah, developer harus mengajukan permintaan dengan ketentuan yang sudah ditentukan oleh pihak Cyrus. Setelah itu, jika aplikasi si programmer sudah sesuai ketentuan Cyrus, maka Cyrus akan mendiskusikan lebih lanjut mengenai royalty dari aplikasi tersebut. Dan masih banyak metode-metode lain yang ditawarkan oleh Cyrus. Anda bisa menghubungi Cyrus secara langsung melalui website resminya di cyruspad.com.

Berikutnya adalah seminar mengenai Venture Capital yang disampaikan sejumlah tokoh Venture Capital Indonesia, seperti  William E. Wijaya (IMJ Fenox), Willson Cuaca (East Ventures), Andi S. Boediman (Ideosource), and Christopher Reginald (Systec). Mereka menjelaskan posisi Venture Capital sebagai pihak yang akan mengajak startup mengikuti training dan sponsorship sekaligus memberikan arahan untuk mengantarkan aplikasi stratup menapaki level yang lebih tinggi dari sebelumnya.

“Kami disini mencari startup. Dan kami akan berusaha untuk membantu mereka meningkatkan level mereka lebih tinggi lagi dengan memaksimalkan resource yang sudah ada”.

Sesi terakhir adalah Pitching. Di sini, arek-arek Suroboyo unjuk kebolehan mereka. Para developer dan startup yang terpilih kemudian mempresentasikan brand mereka di depan para Venture Capitalist. Mereka di antaranya:

  1. Solusi Hardware
  2. Bee Accounting
  3. Trafizap
  4. Studentpreneur
  5. Berangkat! Street Food
  6. 1001malam
  7. Kampus.co.id

Anda dapat membaca ulasannya di situs Tech In Asia. Semuanya luar biasa. Sampai jumpa di liputan lainnya ;-)

all image courtesy of Tech in Asia


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *