Headline Running A Business Tips Bisnis

5 Cara Manajemen Waktu Pebisnis Agar Disiplin Waktu

 

Loading...

Manajemen Waktu Pebisnis – Menjalankan sebuah bisnis tidak terlepas dari kemampuan di bidang manajemen. Memiliki kemampuan manajemen akan membantu bisnis berjalan lebih terstruktur dan sesuai rencana. Contohnya saja manajemen keuangan dalam bisnis, manajemen tim agar tetap solid, dan juga manajemen waktu.

Bagi sebagian orang, mengatur waktu mungkin saja menjadi hal yang sulit untuk dikuasai. Jangankan mengatur waktu untuk berbisnis, kadang mengatur waktu untuk diri sendiri pun masih sering tidak berjalan mulus.

Namun, seorang pebisnis sejati tidak mengenal istilah pantang menyerah! Kali ini Mebiso akan membagikan tips dan trik manajemen waktu pebisnis untuk membantu Anda lebih disiplin lagi dengan waktu agar bisa mencapai target sesuai perencanaan.

1. Bikin daftar tanggung jawab yang dimiliki

Sebagai seorang pebisnis, sangat penting untuk membuat jadwal tanggung jawab secara keseluruhan. Ini agar Anda mengetahui apa saja yang perlu dikerjakan dan menjadi tanggungan.

Membuat daftar tanggung jawab seperti ini dapat membantu Anda tetap berada pada garis yang sudah Anda rencanakan. Selain itu, Anda menjadi lebih fokus dan tidak buang-buang waktu karena sudah mengetahui apa yang perlu diselesaikan.

Coba cek artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut daftar apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum melebarkan bisnis Anda.

2. Tentukan skala prioritas

Selain membuat daftar tanggung jawab, menentukan skala prioritas juga tak kalah penting. Skala prioritas dapat menuntun Anda untuk mengerjakan tanggung jawab yang lebih urgent daripada yang lain.

Belajar menentukan skala prioritas tidak hanya menguntungkan Anda dalam bidang menejemen waktu sebagai pebisnis, namun juga dalam kehidupan secara general.

Anda jadi tahu hal apa saja yang memerlukan energi lebih banyak dan didahulukan sebelum yang lain. Ingin tahu cara menentukan skala prioritas? Cek panduannya di sini!

3. Targetkan pekerjaan harian yang harus tuntas di hari itu juga

manajemen waktu pebisnis
Sumber: https://unsplash.com/

Umumnya, para pebisnis memiliki target harian atau mingguan yang harus dicapai. Menentukan target akan membantu Anda mendisiplinkan Anda dalam mengerjakan apa yang perlu diselesaikan pada hari itu juga.

Tentu saja hal ini akan memberi keuntungan untuk Anda sendiri. Sebab dengan mengerjakan kewajiban yang wajib diselesaikan hari ini tidak akan menambah pekerjaan Anda esok harinya.

4. Bagi tugas dengan tim

Ingatlah bahwa Anda tidak bekerja sendiri karena Anda memiliki tim. Menjalin komunikasi yang baik dengan rekan satu tim memudahkan Anda untuk membagi pekerjaan sama rata sehingga Anda tidak perlu merasa terlalu terbebani dengan pekerjaan Anda sendiri.

Selalu coba komunikasikan kebutuhan Anda dengan rekan satu tim! Mereka akan membantu kesulitan Anda Anda pun dapat mencapai target dengan lebih mudah jika melakukan team work.

5. Lakukan evaluasi secara berkala

Setelah melakukan tips manajemen waktu pebisnis seperti yang sudah dibahas di atas, jangan lupa untuk melakukan evaluasi secara berkala. Anda akan mengetahui apakah cara yang Anda lakukan itu efektif dan membuahkan hasil atau tidak dengan melakukan evaluasi.

Anda bisa lakukan evaluasi secara periodik, misalnya saja setiap seminggu sekali, dua minggu sekali, atau sebulan tiga kali.

Nah, itu dia tips dan cara manajemen waktu pebisnis ala Mebiso yang dapat Anda terapkan untuk mendisiplinkan diri dalam membangun bisnis. Jika Anda mengalami kesulitan dan ingin tahu lebih banyak mengenai dunia bisnis, kunjungi website Mebiso untuk membaca lebih banyak artikel. Semoga artikel ini membantu, salam bisnis!

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *