Running A Business

Mau Bikin Kedai Kopi ? Yuk Simak 8 Brand Coffee Shop Kece!

 

   

Kopi susu kemasan akhir-akhir ini semakin disukai banyak orang khususnya anak muda dan mereka yang kerja di pekantoran. Di Indonesia menurut data dari BPS dan Kementrian Pertanian, konsumsi kopi nasional mencapai 250 ribu ton. Pada tahun 2016-2021 juga diprediksi pertumbuhan konsumsi kopi mencapai rata-rata 8,22% per tahun.

Pada tahun 2021, Indonesia diperidiksi memiliki pasokan kopi yang melimpah dengan total produksi kopi mencapai 795 ribu ton dengan konsumsi 370 ribu tonm hal ini berarti akan terjadi surplus pasokan kopi sebesar 425 ribu ton.

Untuk kamu yang ingin memulai berbisnis kedai kopi, dari data di atas bisa diprediksi bisnis di bidang kopi bisa menjadi peluang yang sangat menjanjikan di beberapa tahun kedepan. Mebiso telah mengumpulkan 10 brand kopi dunia yang bisa menjadi inpirasimu untuk memulai bisnis di bindang perkopian. Simak.

Dunkin Donuts

Source: instagram.com

Perusahaan kopi dan donat ini di dirikan di kota kecil Quincy, Massachusett, Amerika pada tahun 1950 oleh William Rosenberg. Saat ini memiliki 11.300 gerai yang tersebar di 36 negara. Saat ini tercata ada sekitar 3 juta orang di dunia yang menjadi konsumen dari Dunkin Donut’s. Pada tahun 2017 pendapatan Dunkin Mencapai 870 juta dollar atau sekitar Rp. 1,3 Triliun.

Coffee Beanery

Source: instagram.com

Brand kopi ini mungkin tidak familiar di Indonesia, namun Coffee Beanery ini menjadi salah satu brand yang sudah go global. Pertama kali didirikan oleh JoAnne dan Julius Shaw di Michigan, Amerika pada tahun 1976. Saat ini Coffe Beanery memiliki 100 gerai di Amerika dan 20 Gerai di berbagai negara. Pada tahun 2010 Coffe Beanery berhasil membubuhkan pendapatan sebanyak 14 juta dollar atau sekitar Rp. 210 miliar setahun.

Tully’s

Source: instagram.com

Tully’s menjadi salah satu brand kopi global yang tergolong cukup muda, di dirika tahun 1992 di Seattle, Wahsington, Amerika. Brand kopi ini menjelma sebagai brand global yang memiliki kedai hingga 600 gerai di berbagai negara. Tully’s sendiri memperoleh pendapatan sebanyak 36 juta dollar atau sekitar Rp. 540 miliar di tahun 2012.

The Coffee Bean & Tea Leaf

Source: instagram.com

Nama yang cukup panjang, namun brand yang satu ini sudah familiar di banyak orang. Kedai kopi ini beroperasi pertama pada tahun 1963 di Los Angeles, Amerika Serikat. Pendirinya adalaha dua bersaudara Mona Hyman dan Herbert Hyman. Saat ini The Coffee Bean & Tea Leaf sudah memiliki 1.000 gerai di berbagai dunia.

Peet’s

Source: instagram.com

Salah satu kedai tertua di dunia, Peet’s coffee didirikan oleh Alfred Peet pada 1 April 1966 di Berkeley, California, Amerika. Pada tahun 2010 Peet’s memiliki 193 gerai di Amerika Serikat. Terbaru pada tahun 2017 Peet’s membuka gerai terbarunya di Shanghai China. Pada tahun 2016 Peet’s berhasil memperoleh pendapatan sebanyak 800 juta dollar atau sekitar Rp. 1,2 Triliun.

Starbucks

Source: instagram.com

Starbucks menjadi brand terpopuler di dunia, salah satu pemimpin pasar di bidang perkopian, Startbucks pertama kali didirikan tahun 1971 di Seattle, Washington, Amerika oleh Jerry Baldwin, Zev Siegl, dan Gordon Bowker.  Starbucks menjadi kedai kopi dengan gerai terbanyak yaitu 26.696 yang tersebar di seluruh dunia. Pada tahun 2017 lalu startbucks memperoleh pendapatan sebanyak 22 miliar dolar atau sekitar Rp. 33 Triliun.

La Colombe

Source: instagram.com

Tergolong brand kopi yang berusia cukup muda, La Colombe didirikan di Philadelphia pada tahun 1994 oleh JP Iberti dan Todd Carmichael. Saat ini La Colombe memiliki 30 gerai yang tersebar di berbagai kota di Amerika. Diprediksi pendapatan La Colombe tiap tahun mencapai 52 juta dollar per tahun atau sekitar Rp. 760 miliar per tahun.

Blue Bottle

Source: instagram.com

Digadang-gandang menjadi the next Starbucks, Blue Bottle Coffe menjadi salah satu kedai kopi populer di dunia. Dengan desain khas botol biru yang unik, Blue Bottle di dirikan pada tahun 2002 oleh Jame Freeman, di Okland, California, Amerika. Saat ini memiliki 40 kedai di berbagai negara, Blue Bottle memperoleh pendapatan sekitar 22 juta dollar per tahun atau sekitar Rp. 330 miliar.

 

Nah, buat kamu yang ingin berbisnis kopi, delapan brand kopi diatas bisa dijadikan benchmark untuk bisnis kopimu lebih berkembang. Selamat mencoba.

Baca artikel menarik lainnya

Kampus Terbaik Belajar Bisnis

Usaha Rumahan yang Menjanjikan 2018

10 situs cek ongkir untuk bisnis online

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *