Interviews

Melalui Digital Marketing, Kini Brodo Telah Sukses Menjadi Produk Fashion Lokal Asli Indonesia

 

   

Brodo merupakan sebuah toko online yang menyediakan fashion khusus pria, seperti sepatu, pakaian dan segala aksesoris pria lainnya. Muhammad Yukka Harlanda(26), yang merupakan owner dari Brodo memilih untuk mendesain sendiri produk sepatunya. Brodo juga memanfaatkan perkembangan teknologi seperti Google dan Youtube untuk belajar dan juga mempromosikan produk mereka. Dan Tim Mebiso telah berhasil mewawancarai Bapak Yukka selaku owner dari brodo. Dan berikut ini adalah ulasannya:

brodo

Apa latar belakang pendidikan Anda?

Saya merupakan lulusan S1 Teknik Sipil di Institut Teknologi Bandung.

Lalu bagaimana cerita awal ketika Anda masuk ke dunia enterpreneur?

Sebenarnya terjadi karena waktu itu saya dan teman kuliah saya, yaitu Putera Dwi Karunia sedang mengerjakan tugas akhir. Kami sama sering bermain basket dan diskusi tentang peluang bisnis, beberapa ide kami jajaki, namun setelah kejadian saya mencari sepatu dan tidak ada ukurannya serta harganya terjangkau, saya mulai mencari tahu tentang industri sepatu di Bandung.

Ternyata tidak jauh dari kampus kami, di ITB ada salah satu industri penghasil sepatu terbesar di Indonesia. Kami pikir tidak ada salahnya untuk kami coba menjajaki ide mendesain sepatu yang sesuai dengan keinginan kami dan coba menjualnya dengan harga yang cocok untuk kantong mahasiswa. Idenya sangat sederhana, tidak ada cita – cita untuk bisa menjadi bisnis ecommerce seperti sekarang.

Langkah awal yang kami lakukan adalah, kami mengumpulkan modal yaitu sekitar 7 juta dari tabungan kami berdua. Kami mencari pengrajin yang cocok untuk mendesain sepatu. Kedengarannya simpel tapi proses pencarian vendor ini sendiri memakan waktu 2 bulan.

Pengorbanan terbesar apa yang sudah dilakukan untuk menjadi enterpreneur seperti saat ini?

Untuk selama ini saya tidak pernah merasa berkorban dan tidak terasa berkorban, karena saya sangat enjoy dengan apa yang saya lakukan. Mungkin yang merasa berkorban adalah orang tua, karena mereka mengharapkan saya untuk bekerja dan mengambil langkah konservatif membangun karir di dunia korporat, tetapi bukan disitu jiwa dan “panggilan” hati saya.

Bisa diceritakan tentang bisnis Anda saat ini? Dan jenis produk apa yang Anda tawarkan?

Brodo adalah produk fashion yang menurut kami produk fashion itu harus simpel, cool, terjangkau, dengan kualitas dan detail yang keren. Kami memulai penelitan mengenai sepatu dan kami merasa belum ada merek yang benar – benar memiliki prinsip – prinsip yang kita percayai. Kami mendesain sepatu berdasarkan prinsip engineering yaitu pengalaman bentuk dan ruang yang fungsional, namun tetap simpel tanpa menambah instrumen yang tidak perlu.

Ceritakan bagaimana Anda memasarkan bisnis Anda ini?

Brodo tergolong gencar dalam melakukan kampanye digital marketing. Impact digital marketing yang telah diterapkan terhadap penjualan Brodo amat sangat terasa. Kalau tidak ada digital marketing tidak ada Brodo, kita pakai semuanya digital marketing, dari yang berbayar seperti email marketing, Facebook Ads, Google Adwords, Google Display Network, sampai yang gratis seperti Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.

Lalu sentuhan apa saja yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain dengan konsep serupa?

Sekarang di tim brodo kita terus fokus ke great desain dan great service. Kami terus memberikan yang terbaik dan melakukan perbaikan tiap hari, asal fokus ke customer bukan ke persaingan. Kami percaya jika kami bisa jadi yang terbaik

Prestasi terbaik apa yang pernah diraih bisnis Anda? Dan Pengalaman paling berkesan apa yang sudah dialami selama menjalankan bisnis ini?

Semua achievement saya anggap prestasi, berhasil menjual Brodo pertama kali ke customer yang tidak saya kenal adalah momen paling membanggakan dalam hidup saya. Pengalaman paling berkesan? semuanya sangat berkesan dan pada tiap tahapan memiliki kenangan tersendiri. Tetapi perjalanan masih jauh untuk menyimpulkan mana pengalaman paling berkesan, saya percaya kedepan bakal terjadi hal – hal yang luar biasa lagi.

Tantangan dan kendala apa yang pernah Anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?

Awalnya, orang tua amat sangat tidak setuju untuk saya melakukan bisnis full time. Tetapi saya berusaha mengakali dengan melaporkan kemajuan Brodo tiap minggu tiap bulan, sampai sekarang pun mereka masih belum rela, tapi kita nikmati aja, kalau tidak ada tantangan maka kita tidak akan maju, justru kita sangat seneng kalau menemui tantangan baru.

Lalu rencana ke depan seperti apa yang akan dilakukan untuk mengembangkan bisnis ini?

Ada banyak dan panjang kalau ditulis detail, yang pasti mengembangkan Brodo menjadi lebih besar lagi dan menjadikan Brodo tempat berkumpulnya orang – orang yang mempunyai passion yang sama.

Menurut Anda, siapa tokoh yang jadi motivasi Anda dan apa Quote yang paling berkesan bagi perjalanan Anda sebagai Enterpreneur?

Banyak banget, baik internasional maupun lokal, yang bisa saya lakukan adalah pelajari apa yang membuat mereka sukses dan bukan berusaha menjadi seperti mereka, tetapi menjadi Yukka yang terbaik yang pernah ada. Dan Quote yang paling berkesan menurut saya adalah “work hard untill your idols become your rivals“.

Untuk yang terakhir nih Bapak Yukka, saran terbaik apa yang dapat Anda berikan seputar dunia entrepreneur untuk para pembaca Mebiso?

Coba embrace kemajuan teknologi dan internet. Ini adalah daya saing yang kita miliki untuk mengalahkan generasi yang lebih tua. Generasi kita mempunyai kelebihan di kefasihan akan dunia digital. Coba memulai bisnis yang sesuai minat dan menggunakan internet sebagai medium distribusinya. Pelajari setiap tekniknya di Google dan Youtube, karena dua situs itu adalah ensiklopedia pengetahuan paling praktis.

Wah, terimakasih banyak Mas Yukka sudah mau berbagi cerita bersama Tim Mebiso. Semoga Brodo semakin dan akan selalu sukses ;-)

Mau bisnis Anda diliput juga oleh mediabisnisonline.com? Silahkan daftarkan bisnis Anda untuk liputan bisnis mediabisnisonline.com. Liputan ini GRATIS tanpa biaya apapun.

Dalam Artikel Ver 2

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga, siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan pelangga baru, reseller, dropship atau bentuk partnership lainnya! Liputan ini terbatas!

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *