Start A Business

Pertanyaan yang Wajib Diajukan Sebelum Membangun Bisnis

 

Membangun Bisnis – Dalam membangun bisnis atau perusahaan, Anda tentu saja memiliki tujuan, visi dan target yang berbeda-beda. Tidak bisa dipungkiri, bisnis tanpa visi tidak akan ada artinya. Oleh sebab itu, saat pertama memiliki niat dan rencana mendirikan bisnis, tentu visi dan target akan beriringan dibuat dan dituliskan. Ini bertujuan untuk membantu kita dalam menggapai kesuksesan dan mencapai keuntungan yang diinginkan. Lantas, apa saja pertanyaan yang harus diajukan pada diri sendiri sebelum mulai membangun bisnis? Ini dia!

Apa fokus utama saya dalam membangun bisnis?

Fokus utama kesuksesan sebuah perusahaan adalah bagaimana ia mampu memberikan layanan terbaik untuk seluruh pelanggan dan calon pelanggannya. Tidak jarang hal sekecil ini yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis para pesaing Anda. Setelah Anda memiliki visi yang jelas dari apa yang Anda fokuskan, Anda tidak akan terganggu oleh hal – hal yang tidak sesuai dengan fokus Anda tersebut.

Apa target saya 10 tahun kedepan setelah membangun bisnis?

Terasa sangat jauh memang ketika kita harus berfikir apa yang ingin dicapai dalam 10 tahun mendatang. Kita juga tidak bisa menjamin apakah tahun – tahun tersebut bisnis akan terus berjalan dan bisa mencapai mimpi itu. Tapi setiap pemilik bisnis harus memiliki rancangan atau target yang ingin ia capai dalam 10 tahun kedepan. Target yang dibuat bermacam – macam, bisa berupa keuntungan perusahaan, jangkauan pemasaran, jumlah karyawan dan lain sebagainya.

Nilai apa yang ingin saya tonjolkan?

Keyakinan dari sebuah perusahaan untuk sukses berasal dari nilai para pemiliknya. Seorang pengusaha harus mampu mendefinisikan karakteristik yang ia miliki, seperti kejujuran, kerjasama dan antusiasme yang semua itu mewakili perusahaan dan karyawan yang ada. Ketika kita mampu mendefinisikan nilai – nilai seperti ini, kita akan dengan mudah menciptakan budaya perusahaan dan menilai apakah kita akan terus mempekerjakan atau memberhentikan karyawan, sesuai dengan kecocokan mereka dengan budaya atau nilai dari perusahaan.

Masalah apa yang ingin Anda pecahkan?

Dalam sebuah bisnis dan usaha mereka mencapai target perusahaan tentu saja akan mengalami kendala dan tantangan. Cobalah untuk melihat, mengamati dan mencatat apa saja yang sudah pernah, yang sedang dialami dan kira – kira akan muncul di kemudian hari. Ini akan membuat kita belajar untuk bisa mengatasi apabila ada kesalahan yang sama terjadi pada satu bisnis. Carilah solusi yang kira – kira mudah dan efektif bertahan lama untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Sebelum memulai bisnis ada baiknya Anda lebih banyak melakukan kontemplasi kepada diri sendiri. Hal ini berguna sebagai bekal secara psikologis yang akan membawa Anda pada kesuksesan. Selamat berusaha dan semoga berhasil!
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *